Tips Optimasi SEO Onpage Blog Cepat Terindeks Google

Pentingnya Optimasi SEO Onpage Blog Cepat Terindek Google
Apa Itu Optimasi SEO Onpage?

Sobat. Mungkin sebagian pengguna blogger masih merasa tabu dengan istilah SEO Onpage. 

Apa kegunaan dan manfaatnya bagi blog jika kita menerapkan optimasi SEO Onpage? 

Sebelum melangkah ke menjawab pertanyaan itu, mari kita simak ulasan berikut ini!

Pengertian SEO Onpage (Search Engine Optimization)

Optimasi SEO atau Search Engine Optimization on page adalah suatu istilah dalam SEO, yang mengacu kepada segala sesuatu yang Sobat lakukan pada komponen-komponen sebuah halaman website. Tujuan utama dari optimasi ini adalah memperbaiki faktor-faktor SEO yang terdapat di dalam struktur blog kita agar mesin pencari mendapatkan fokus penekanan pada keyword (kata kunci) yang benar dari suatu halaman atau dari blog kita secara umum. Dalam melakukan optimase SEO Onpage ini sebanarnya tidak terlalu sulit, jika sobat sudah memahaminya dengan baik. Oleh karena itu, mari kita simak baik-baik !


Alasan Melakukan Optimasi SEO Onpage

Pada dasarnya, sebuah stuktur dasar sebuah blog (sebagian besar saat ini) sudah ter include optimasi SEO Onpage. Namun terkadang juga masih memerlukan pembenahan terhadap struktur data dasar bawaan blog itu sendiri. Tujuan dari pembenaran struktur tersebut, dalam istilah SEO Onpage tadi, tidak lain agar Searc engine (mesin pencari) bisa lebih mudah menemukan blog kita, bisa dari halaman posting artikel kita, atau dari halaman dasar blog kita.
Sebagai contoh. Misalakan kita akan mencari barang yang terdapat dalam sebuah almari. Padahal di dalam lemari tersebut terdiri dari banyak jenis barang, seperti baju, celana, kaos dan jaket. Untuk memudahkan kita dalam mencari dan menggunakaannya, tentu dari awal kita akan membedakan/mengklasifikasikan jenis barang-barang tersebut.
Contoh tersebut menggambaran pentingnya melakukan optimasi SEO Onpage dalam sebuah blog. Sehingga, kita perlu melakukan penilaian terhadap struktur data blog kita, apakah di dalamnya sudah dilakukan optimasi SEO Onpage apa belum, jika belum alangkah lebih baik jika Sobat melakukannya.

Cara melakukan Optimasi SEO Onpage

Menurut blog SL, pembenahan dan Optimasi SEO Onpage terhadap struktur data yang perlu diperhatikan terhadap poin berikut:
  1. Title tag <h1>
  2. Meta description dan keywords
  3. Judul halaman
  4. Judul artikel
  5. Sub judul di dalam artikel
  6. Jika terdapat gambar dalam Posting, beri atribut gambar tersebut
Dalam melakukan optimasi ini, kita pasti akan melakukan 'otak--atik" terhadap struktur data yang terdapat dalam "template" blog kita. Maka perlu kita fahami langkah-langkahnya. 

Untuk itu, silakan lakukan:

1. Masuk akun blogger
2. Template > Edit HTML > jangan di tutup dulu halaman ini (lakukan pengamatan template sobat pada mode html)
3. Perhatikan keterangan berikut dengan seksama!

1. Title Tag <h1>

Bahwasanya, nilai skore SEO ONPAGE TERTINGGI terdapat pada title tag. Judul halaman harus diupayakan mengandung keywords kata kunci yang Sobat targetkan (fokuskan), karena bagaimana pun <h1> haruslah berisi kata terpenting pada halaman tersebut. Hal inilah yang menjadi dasar berkembangnya teknik Dynamic Heading, di mana para pembuat blog berupaya agar halaman artikel menampilkan judul artikel sebagai judul halaman. Langsung saja berikut cara optimasi pada <h1>:
Sobat bisa melihatnya pada kode di bawah <head> [CTRL + F] > tulis kode <head> pada template > Enter
Biasanya berisi kode berikut: <title>Isi dari title tag</title>.
Kalau blog Sahill menggunakan judul berikut:
<title><data:blog.pageTitle/> | Panduan Blog untuk Pemula, Tips SEO Blog, Desain </title>
Tulisan : Panduan Blog untuk Pemula, Tips SEO Blog, Desain merupakan Title tag dari blog Sahill.
Cara terbaik mengisi title tag adalah dengan menggunakan keyword kata kunci dan panjangnya tidak lebih dari 70 karakter. Perlu Sobat ketahui bahwa semakin di depan dari kata pada Title Tag, maka skornya akan semakin tinggi.
Format penulisan title tag yang baik, seperti berikut ini:
1. JUDUL ARTIKEL saja, atau
2. JUDUL ARTIKEL - NAMA BLOG....
3. Sebaiknya hindari struktur NAMA BLOG: JUDUL ARTIKEL. Kecuali blog Sobat sudah punya reputasi sangat baik.
Sobat dapat membuktikan tips ini, dengan melakukan pergantian title tag yang berbeda-beda. Lakukan pengujian nilai skor SEO ini, bisa dibuktikan dengan Chkme.
2. Meta Descritption (Meta Deskripsi)

Meta description ini berisi deskripsi atau gambaran secara umum dari blog sobat.
Di dalam template, pada umumnya ditulisakan seperti ini (dibawah kode <head>)
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/><link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/><b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'><meta content='your meta descrtions' name='description'/>
Kalau meta descrption ala blog SL sebagai berikut (warna biru):
<meta content='Dapatkan Tips Trik Blogging, Desain Blog dan Trik SEO terbaru hanya di Sahilluqman' name='description'/>
Dalam penulisan meta descriotion, silakan mengukuti tips berikut:
1. Panjang maksimal 150 karakter.
2. Tidak mengulang kata lebih dari dua kali (misal Contoh Blog, Tips Blog = dua kata blog)
3. Sisipkan kata kunci terfokus di bagian-bagian awal kata.


3. Meta Keyword (Meta Kata Kunci)

Biasanya bertuliskan seperti ini:
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/><link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/><b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'><meta content='your meta keywords' name='keywords'/>
Silakan isi kata kunci blog Sobat pada kode warna biru di atas. Jika kurang jelas, silakan pelajari jara memasang meta deskripsi dan keywords yang benar.


4. Judul Artikel <h2>

Buatlah judul artikel yang menerapkan kata kunci yang lagi "booming" saat ini. Gunkan istilah-istilah penting. Misalkan diawali dengan kata "cara". Pernah ada yang bertanya apakah nilai onpage tidak berlebih jika judul artikel sama dengan judul halaman? Tentu tidak, karena judul halaman itu h1, dan judul artikel itu h2. Jadi walaupun isinya sama, tapi untuk setiap heading pemunculannya hanya sekali, lagipula selama ini dalam aplikasinya sama sekali tidak ada masalah.


5. Sub Judul Artikel <h3>

Ini  bisa dikatakan sebagai pelengkap, tapi dalam banyak kasus tambahan ini sangat baik dalam memperkuat onpage. Jadi tidak ada salahnya membuat sub-sub judul dalam pembahasan untuk menegaskan relevansi kesamaan dari pembahasan di dalam artikel Sobat.


6. Cetak Tebal/ Miring (Bold)

Cetak tebal atau miring juga sangat penting dalam optimasi onpage. Tapi tidak perlu semuanya, cukup pemunculan pada bagian penting-penting saja yang dicetak tebal atau miring. Kalau terlalu berlebihan juga bisa menggangu pembaca dari halaman tersebut. Menyesuaikan 


7. Atribusi Gambar (ALT Text)

Berhubung Google dkk belum bisa mengenali gambar, maka cara terbaik memberitahu Google apa isi dari gambar adalah menggunakan alt tag. Ini termasuk salah satu teknik onpage, karena tujuan utama dari sebuah halaman web adalah memberikan informasi yang paling relevan kepada pembacanya, dan terkadang informasi itu dapat berupa gambar. Caranya: ketka insert gambar dalam post > klik kanan > properties > isi Alt text


Atribusi gambar

8. Alamat URL Blog

Sebenarnya pada langkah ini tidak termasuk di dalam struktur data blog yang sudah jadi, namun pada planing Sobat dalam membuat blog berkualitas. Usahakan menggunakan alamat Url blog sesuai dengan judul blog berikut gambaran isinya. Misalkan ingin konsentrasi membuat blog tentang toko sepatu, usahakan membuat alamat Url-nya berhubungan dengan sepatu. Misalkan http://www.bursasepatuoriginal.blgospot.com.


9. Tambahan

Dalam membangun sebuah website atau blog yang berkualitas, tentu terdiri dari banyak faktor. Selain melakukan hal-hal di atas, sangat dianjurkan untuk melakukan hal berikut:
  1. Tulislah posting artikel yang baik dan disukai google, alexa dan mesin pencari lain
  2. Lakukan optimasi dasar dalam membuat blog SEO dan disukai google
  3. Gunakan template yang berkualitas SEO Friendly, fast loading, responsive
  4. Buat link internal dan eksternal
  5. Sering berdiskusi dengan para web master bogger (ingat jangan suka nyepam, bahaya)
  6. Berkomentarlah yang SEO dan hal itu akan disukai Google
  7. Jangan sering gonta-ganti template, bahaya.
Kesimpulan

Kalau Sobat sudah menerapkan semua poin di atas, maka itu sebagai SALAH SATU wujud optimasi SEO pada blog. Template-template yang sudah bagus, pasti sudah terinclude di dalamnya metode tersebut, dan biasanya orang mengatakan template yang SEO Friedly.

Berikut beberapa contoh template blog SEO friendly yang sudah menerapkan metode optimasi SEO Onpage, tentu FREE DOWNLOAD dan sudah ane cek skor SEO dan kecepatan loadingnya. Jika Sobat menginginkan template yang sudah jadi dan SEO killer, cek saja [di sini].

Dengan menggunakan tips dan template yang SEO Friendly, Ane yakin blog kita akan menjadi stabil dan berkualitas. 

Wah, sudah larut. Mungkin ini yang bisa saya share pada saat ini. Lain waktu kita sambung lagi diskusinya. Mudah-mudahan materi ini bisa membantu saudara dalam membangun website atau blog yang berkualitas. 

God luck!

2 Responses to "Tips Optimasi SEO Onpage Blog Cepat Terindeks Google"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This content is very nice and helpful for us who are beginners. There are some free SEO Tools Set that do the on-page analysis for any website as like Google does.

    ReplyDelete

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di forum ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger