Home » , » Kelebihan dan Kekurangan Blogspot dan Wordpress

Kelebihan dan Kekurangan Blogspot dan Wordpress


Blogspot vs WordPress, Siapa yang Menang?

Sobat. Dalam proses pembuatan sebuah situs dari blog, tentu sudah tidak asing lagi dengan sebuah tools blogspot dan wordpress. Namun, tahukah rekan-rekan semua?

Lebih disarankan menggunakan yang mana? Blogspot atau wordpress?

Jika rekan-rekan blogger sudah bisa memahami kelebihan dan kekurangan dari blogspot maupun wordpress, maka akan bisa memutuskan untuk menggunakan salah satu tools yang dapat digunakan dalam pembuatan situs berbasis blog.

Oleh karena itu, dalam bahasan kali ini akan kita coba bahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari blogspot dan wordpress.

Kelebihan dan Kekurangan Blogspot dan Wordpress

Berikut beberapa ulasan dan alasan kenapa harus memilih Blogspot atau Wordpress.

1. Milik Google

Sudah sangat jelas sekali penjelasannya di atas, bahwa blogspot adalah blog milik Google, mesin pencari terpopuler di dunia. Karenanya, blogspot "dianakemaskan" --di halaman pertama hasil pencarian Google (SERP) kebanyakan blogspot 'kan?

2. HTML Base

Dengan keunggulan ini, kita dapat melakukan "modifikasi" sebaik mungkin, baik dari segi desain tampilan, perubahan template dan lain-lain. Dengan begitu, kita akan semakin mahir dan lebih menambah wawasan dalam membuat desain sebuah blog.

3. Custom Domain

Dengan melakukan costom domain, sobat bisa menggunakan nama domain punya Agan sendiri, tentunya aman dan Anda mendapatkan hosting gratis.

4. Terintegrasi dengan Google Plus, Google Analytic, Google Drive, Youtube dll

Dengan media Google plus, kita dapat melakukan "marketing" setiap artikel baru yang kita buat dengan terintegrasi secara otomatis di google plus. Itu artinya, kita sudah mempunyai "kolega" yang sama-sama kepunyaan Google.

5. Terintegrasi dengan Gmail

Sama halnya dengan google plus, cara kerjanya juga akan sama. Sobat juga bisa memanfaatkan semua layanan Google-Google Analytic, Google Drive, album foto Picasaweb Google, Google Scholar, Google Book, Google Map, dan banyak lagi, termasuk otomatis punya akun Youtube.

6. Google Adsense.

Blogger terintegrasi dengan GA. WP tidak bisa pasang GA.

7. Desain Sendiri.

Di blogspot kita bisa bebas mengedit dan modif tampilan (template). Di WP kita hanya bisa memilih, tidak bisa modif atau edit sebebas di Blogger.
Namun, tidak serta merta Wordpress kalah di segala bidang. Berikut beberapa keunggulan wordpress dibandingkan blogspot.

Kelebihan Wordpress

Satu kelebihan WP yang tidak dimiliki Blogger adalah 80-90 persen teknik SEO sudah dilakukan oleh WP sendiri. Artinya, kita tinggal posting berkualitas saja, tanpa dipusingkan soal trik SEO karena sudah ditangani WP.
WP will get listed quicker as 80 to 90% of your SEO is already done
Yang dimakdud WP dalam hal ini adalah blog gratisan, www.wordpress.com, bukan CMS Wordpress, www.wordpress.org, yang biasa digunakan untuk blog berbayar, domain sendiri, dan bebas memilih tema (WP Themes).

Jadi, bagi newbie atau yang belum tahu, blog WP itu ada dua kategori: blog gratis dengan domain wordpress.com dan selfhosting (yang biasanya bayar, ada juga yang gratis) dengan domain sendiri, tanpa ada tambahan worpress.com di akhir nama domain.

Kembali ke soal Blogspot vs Wordpress, sudah banyak blogger lain yang membahasnya. Bagi CB, bahasan terbaik dan terlengkap ada di Make Use Of karena dilengkapi cara membuatnya di kedua platform blog gratis tersebut.
Solusi: Gunakan Blogspot & Wodpress!

Sebaiknya kita membuat blog di kedua platform tersebut. Posting di blogspot dulu, baru Copas ke Worpress. Di WP pasang RSS Feed blogspot. Demikian pula di Blogspot, pasang RSS Feed blog WP-nya. Saling dukung 'kan? Namun, jangan asal copas artikel milik orang lain lho. Sudah tahu kan bahasa copy paste artikel terhadap blog?

Demikian bahasan tentang kelebihan dan kekurangan blogspot dan wordpress. Dari situlah, terdapat hikmah 5 alasan blogger ngeblog harus menggunakan blogspot. Semoga bermanfaat.

Sumber
http://forumblogindo.blogspot.com/2015/05/blogspot-vs-wordpress-siapa-menang.html
http://contohblognih.blogspot.com/
Thank you for reading the article entitled Kelebihan dan Kekurangan Blogspot dan Wordpress

                                    Forum Blogger Indonesia                               
    Forum Blogger Indonesia Updated at: 9:53:00 PM

7 komentar Kelebihan dan Kekurangan Blogspot dan Wordpress

  1. Artinya keduanya harus di kombinasikan.

    bagi aga yang berminat belajar SEO bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/web-design.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang lebih Om..itu setahu saya..mohon pencerahannya

      Delete
  2. Makasih gan infonya. Kalo misal kita mau jualan online lebih baik pakai blogger atau wordpress? Soalnya saya masih bingung milih yang mana.

    ReplyDelete
  3. Makasih gan infonya. Kalo misal kita mau jualan online lebih baik pakai blogger atau wordpress? Soalnya saya masih bingung milih yang mana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan artikel di atas sudah saya jelaskan mbak della. Yang penting konsisten ngeblog mbak. Salam

      Delete
  4. Replies
    1. tetap ada kelebihan dan kekurangan mas, hehe

      Delete

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di forum ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger