3 Teknik SEO Jitu Meningkatkan Traffic Blog di Search Engine


Sahabat. Banyak sekali cara yang dapat dilakukan oleh para blogger untuk meningkatkan trafik serta peringkat Google.

Teknik yang mereka lakukan tentu dengan istilah yang sudah kita kenal selaku pengguna blog, yakni SEO.

Berbicara panduan SEO, alangkah baiknya sobat membaca artikel memaksimalkan SEO di blog terlebih dahulu, sebelum menunutaskan artikel ini.

Namun tidak ada salahnya juga apabila rekan-rekan membaca artikel ini sampai tuntas. Paling tidak, pemahaman dasar akan SEO bisa Anda peroleh dengan cukup.

Kembali pada topik bahasan kali ini. Peringkat sebuah situs atau blog di dalam search engine tidak bisa kita lepasakan dari teknik yang kita terapkan. Teknik SEO menjadi sebuah cara "paling ampuh" guna mendongkrak nama blog kita. Ibarat sebuah tools atau alat, SEO menjadi fondasi utama sampai kapanpun. Seperti halnya penjelasan cara membangun blog berkualitas yang telah saya ulasa pada artikel sebelumnya.

Banyak sekali ulasan dan tutorial yang telah diberikan para master bloggger dunia tentang SEO. Sehingga, banyak sekali cara SEO yang bisa diterapkan ke dalam blog kita untuk meningkatkan trafik di mesin pencari. Namun demikian, ada beberapa teknik SEO yang sudah saya terapkan yang bisa Anda coba terapkan untuk pembanding langkah mana yang sekiranya "cocok" diterapkan pada blog Anda. Beberapa tips ini sebagian juga saran dan panduan yang saya peroleh dari master blogger dunia.

Sobat. Memang tidak bisa dipungkiri, bahwa cara pandang SEO tahun ini dengan beberapa tahun kemarin sangat berbeda sekali. Teknik SEO pada masa "lampau", prosesnya seperti ini"
"Membuat website/blog > Optimasi SEO > peringkat situs tinggi > banyak pengunjung"
Coba bandingkan dengan cara pandang SEO saat ini, akan sangat berbeda sekali:
"Membuat website/blog > membuat konten berkualitas > sosialisasi artikel kita > banyak pengunjung > peringkat blog tinggi"
Berbeda kan?

Oleh karena itu, cara berfikir yang mesti kita lakukan juga harus mengikuti "alur" pola SEO saat ini. Jika tidak demikian, yang terjadi blog Anda tidak akan eksis seuai harapan. Kecuali, kalau memang tujuan ngeblok hanya sekedar "asal". Ingat, niat akan mempengaruhi keberjalanan segala amaliah kita, hehe.

Tidak berlama-lama, berikut teknik SEO yang sudah saya terapkan. Jangan berfikir teknik ini memerlukan waktu yang lama untuk penerapannya lho. Cuma sebentar kok. Sehari butuh 1 jam insyalloh cukup. Tinggal pintar-pintar kita mengatur waktu saja.

3 Teknik SEO Jitu Meningkatkan Traffic Blog di Search Engine

Teknik # 1 - Tingkatkan Backlink Berkualitas

Tidak bisa kita pungkiri, bahwa backlink untuk saat ini masih menjadi faktor yang mempengaruhi trafik blog kita. Namun ada juga dari master blogger yang mengatakan bahwa untuk saat ini tidak lagi zamannya backlink. Namun demikian, saya masih berfikir backlink masih sangat membantu dalam meningktakan peringkat sebuah situs atau blog di mesin pencari.

Bagaimana cara kita mendapatkan backlink yang berkualitas?

Terkadang saking saangat "semangatnya", banyak para blogger yang hanya "asal" mencari backlink tanpa memperdulikasn kualitas backlink yang akan mereka peroleh. Padahal, hal itu malah akan membuat kualitas blog kita menurun. Maka saran saya, jangan terlalu gegabah dalam mencari backlink. Jangan gampang meminta backlink dari orang yang mempunyai situs website dengan reputasi yang masih dipertanyakan.
  • Beberapa ciri-ciri backlink berkualitas antara lain: 
  • Backlink berasal dari situs/ website yang berperingkat tinggi (reputasinya bagus) 
  • Backlink masih aktif 
  • Mendapatkan ijin dari sang pemilik situs 
Tiga ciri backlink tersebut bisa Anda gunakan sebagai bahan masukan saja. Jika mempunyai pendapat berbeda, its ok guys. paling tidak, itulah yang sudah Ane terapkan. Ada tips lain dalam mencari sebuah backlink yang berkualitas yang bisa Anda dapatkan secara gratis. Silakan kunjungi imtalk.org, dan isi form sesuai blog Anda, lalu submit.

Selain cara tersebut, Anda juga bisa menerapkan tips SEO dengan cara merubah teks di website orang lain menjadi baclink. Cara cukup mudah kok, bisa dengan menghubungi secara langsung kepada pemilik website. Namun jangan lupa, website yang Anda minta sudah cukup bagus reputasinya.

Cara praktisnya sebagai berikut:
Buka Google dan lakukan pencarian dengan kata kunci “namawebsite” site:namawebsite.com (akan muncul daftar website yang menyebutkan nama website anda dengan tidak memunculkan alamat website anda sendiri) 

Telusuri hingga halaman-halaman berikutnya. Terkadang di halaman 10 ke atas pun masih bisa anda temukan website seperti contoh di atas.
Supaya lebih praktis, masukkan kata kunci tadi ke Google Alerts supaya hasilnya langsung dikirimkan via email setiap kali muncul yang baru.

Mudah dan tidak membutuhkan waktu lama kan Sob?

Cara lain dalah bahasan tips pertama ini, yakni dapatkan link dengan memanfaatkan media sosial bookmarking, seperti facebook, twitter dll. Ada juga media sosial bookmarking yang bisa mendongkrak pengnjung blog kita, misalkan lintas.me.

Namun jangan suka "nyepam". Walaupun dengan menggunakan media sosial tersebut, spam tetap menjadi "mesin penghancur" blog kita sendiri. Gunakan etika komunikasi yang baik sesama rekan-rekan pembaca setia.

Hal lain yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan link adalah dengan saling bertukar informasi akan sebuah kelimuan tertentu. Misalkan tentang blog. Semakin kita inten dalam berkomunikasi dengan rekan-rekan blogger lain, atau bahkan dengan master blogger, kita akan memperoleh banyak sekali tambahan pengetahuan, pengalaman dan tentunya backlink yang berkualitas.

Selain daripada itu, jika dari ulasan di atas kita hanya berkonsentrasi dengan memperoleh link dengan cara "meminta dengan santu", namun bagaimana jadinya jika kita menjadi penerima backlink secara cuma-cuma tanpa harus meminta?

Hal inilah yang dikatakan praktisi SEO Internasional sebagai linkable assets. Bagaimana caranya?

Langhkah termudah adalah menambahakan berbagai media penjelas di dalam setiap artikel kita. Misalkan:
  • PDF (ebook, checklist, workbook) 
  • Foto original yang menarik 
  • Grafik, tabel, dan visualisasi data lainnya 
  • Infografis 
  • Video, audio 
  • Badge 
  • Template 
Dengan begitu, akan semakin banyak yang akan tertarik memberikan backlink kepada kita.

Teknik #2 - Pepanjang Artikel Posting Minimal 2500 Kata

Teknik SEO yang kedua ini yang jarang sekali dilakukan oleh para blogger. Padahal, salah satu faktor terbesar yang dapatkan meingkatkan "pengunjung" adalah adanya artikel yang benar-benar berkualitas. Kualitas yang saya maksud seperti isi artikel yang memang berbobot, memberikan penjelasan dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti, edukatif, informatif dan membangun.


Tidak mungkin artikel yang kita buat bisa berkualitas jika hanya berisi beberapa kalimat saja. Secara matematis, maka jika hitungan kalimatnya sedikit, maka jumlah katanya juga akan sedikit. Namun jika artikel yang kita sajikan sangat panjang, bagus, maka sudah "pasti" jumlah katanya akan semakin banyak.

Namun ada satu hal yang perlu Anda perhatikan. Apakah semua artikel yang panjang dengan jumlah minimal 1500 kata sudah tergolong SEO?

Jawabannya "belum tentu". Kenapa demikian?

Karena tidak mungkin artikel yang panjang namun hanya berisi ulasan yang tidak berbobot, bahkan keluar topik bahasan akan disukai pembaca. Malah yang akan terjadi pembaca akan mencari referensi lain dengan kualitas bacaan yang lebih baik. Intinya cuma satu kok, yakni membuat sebuah artikel yang berkualitas. Jika masih bingung, silakan baca panduan membuat artikel SEO.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan SerpIQ tentang faktor utama yang menyebabkan sebuah artikel bisa berada di halaman pertama Google, tersaji sesuai grafik di bawah ini:

hasil penelitian SERPIQ

Berdasarkan hasil data di atas, bisa kita tarik kesimpulan. Bahwa rata-rata artikel yang muncul di peringkat 1 - 3 Google adalah 2500 kata.

Sudah sangat jelas sekali. Tidak ada artikel yang muncul di halaman pertama google jika hanya berisi di bawah 2500 kata.

Namun jangan salah menerapkan tips kedua ini. Terkadang yang terjadi adalah "cara kuno", yakni hanya menyisipi sebuah artikel dengan kata-kata yang tidak nyambung dengan bahasan. Maka jangan salah jika dikatakan OOT (out of topic). Sehingga, biasakan menggunakan cara "natural" yang ada difikiran kita, lalu kita tulis dengan gaya bahasa yang lugas mudah dimengerti. Itu saja.
"Konten berkualitas adalah raja. Maka buat konten artikel yang berkualitas"
Tips ini memang selaras dengan teknik SEO tahun ini seperti yang telah saya jelaskan di atas.

Teknik # 3 - Buat Judul Konten Menarik Pembaca

Berdasarkan penelitan terkait SEO yang dilakukan Rand Fishkin dari Moz (praktisi SEO) pada bulan Juli 2014 lalu, memperoleh kesimpulan bahwa:
"Sebuah website yang mendapat banyak klik dari hasil pencarian, peringkatnya naik dari nomor 10 ke nomor 1".
Dari hasil penelitian tersebut, cukup menjadi perhatian kita.

Kenapa demikian?

Dengan begitu, kita akan berfikir, sebenarnya apa yang bisa membuat orang untuk membuka (klik) artikel yang kita sajikan di dalam meisn pencari google?

Jawabannya singkat saja, yakni Judul artikel.

Saya ibaratkan begini. Jika kita melakukan penilaian terhadap seseorang, maka tidak ada hal lain yang perlu kita perhatikan pertama kali, yakni penampilannya. Penampilan seseorang tak lepas dari yang disebut pakaian atau baju.

Sama halnya dengan sebuah artikel posting blog kita. Judul artikel bisa kita asumsikan sebagai sebuah baju, dimana baju tersebut menjadi perhatian utama sebelum mengetahui isi detail yang ada di dalamnya. Maka, dengan judul artikel yang bagus, akan sangat menentukan seseoran untuk membuka tulisan kita.

Berikut tips untuk optimasi judul artikel yang baik:
  • Buat sedetail mungkin, jangan njlimet 
  • Gunakan gaya bahasa yang lugas mudah difahami 
  • Berikan penjelasan sedetail mungkin manfaat yang ada di dalamnya 
  • Bisa menggunakan angka sebagai data 
  • Bisa menggunakan kalimat tanya 
  • Jangan menggunakan istilah "asing" (terkadang orang lain belum tahu) 
Mudah bukan? Tidak ada yang sulit kok, asal kita mau berusaha. Untuk manambah "gaya gedor" judul blog kita, silakan lakukan riset keyword judul artikel dengan tepat.

Demikian tips SEO kali ini, yakni 3 Teknik SEO Jitu Meningkatkan Traffic Blog di Search Engine. Semoga bermanfaat.
Salam.

8 Responses to "3 Teknik SEO Jitu Meningkatkan Traffic Blog di Search Engine"

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di forum ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger