Home » , , » 8 Teknik SEO Onpage Terpopuler Tahun 2017 [Update]

8 Teknik SEO Onpage Terpopuler Tahun 2017 [Update]

8 Teknik SEO Onpage Terpopuler Tahun 2015
Menapaki persaingan di mesin pencari Google (SERP) pada sebuah blog, memang memerlukan sebuah teknik tersendiri.

Walaupun segala upaya dilakukan, tidak serta merta kita langsung bisa "nongol" pada halaman pertama Google.

Fakta terebut tidak bisa dipungkiri, karena di dunia ini persaingan antar blogger sangat begitu pesat. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada, para pengguna teknologi informasi tentunya, akan berusaha menerapkan cara ampuh, jitu dan dahsyat untuk menjadikan situs pribadi mereka pada posisi pertama.

Pengertian SEO Onpage

Berbagai cara, teknik yang dilakukan para blogger untuk menjadikan blog atau situs mereka menjadi terindek google dengan baik, lebih dikenal dengan istilah SEO (Search Engine Optimisation) .

Istilah SEO memang tidak asing lagi bagi para master blogger, bahkan para pemula sekalipun. Salah satu teknik SEO yang paling "jitu", "ampuh" dan populer dikalangan para web master adalah SEO Onpage, yaitu optimasi (pengoptimalan) mesin pencari (search engine) dari dalam internal blog itu sendiri. Hal itu bisa dilakukan dengan melakukan seting dashbord dan posting (content).

Teknik tersebut untuk saat ini memang menjadi senjata ngeblog paling jitu. Sehingga, kita sebagai blogger sejati seharusnya melakukan cara tersebut.

Selain alasan itu, faktor lain penyebab penggunaan SEO Onpage karena memang perkembangan logaritma google terbaru, yakni Mobille Geddon yang bisa mengacaukan peta pertumbuhan sebuah situs di dalam mesin pencari. Jika tidak memenuhi kriteria yang telah ditetapkan sebagai standar baku sebua situs, maka bisa dipastikan dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama akan berdampak pada indeks Google.

Oleh karena itu, guna mengikuti perkembangan peraturan serta melaksanakan kriteria yang ditetapkan Google, perlu saya sampaikan 8 teknik SEO terpopuler di tahun 2015 ini. Saya juga mengutip artikel yang diterbitkan oleh web master Smart Bug Media.

8 Teknik SEO Onpage Terpopuler Tahun 2017

Dibawah ini teknik SEO Onpage untuk menjadikan blog kita berada para peringkat terbaik Google serta meningkatkan jumlah pengunjung (page view).

1. Buatlah Blog dengan Satu Kata Kunci atau Topik

Sudah sering kali kita sampaikan, bahwa salah satu faktor penting untuk meningkatkan daya tarik sebua website atau blog adalah isi konten yang hanya membahasa satu kata kunci atau topik. Dalam bahasa asing kita sebut sebut sebagai keyword.

Optimasi kata kunci ini akan sangat berpengaruh terhadap hasrat pembaca. Misalkan saja ketika kita akan pergi berbelanja Sepatu dengan Merek A. Secara tidak sadar, stimulan otak kita akan berfikir sebuah Toko Sepatu dengan merek A. Tidak mungkin yang terlintas pertama kali di fikiran kita adalah sebuah toko dengan berbagai macam produk sepatu.

Hal itulah yang harus kita fokuskan pertama kali sebelum membuat blog atau situs. Rekan-rekan bisa membuktikan sendiri terhadap isi konten 10 blog terbaik di Indonesia. Semuanya tidak ada yang membahas lebih dari satu topik.

Selain kata kunci dan topik pada judul situs, kita juga harus mengoptimasi judul posting artikel yang kita buat. Cara termuda namun sangat bermanfaat adalah melakukan riset keyword (kata kunci) sebelum menulis artikel. Kedua optimasi kata kunci dan topik pada judul situs dan posting artikel dirasa sangat populer di kalangan para master blogger saat ini.

2. Perjelas Struktur Alamat URL - Pendek dan Mudah Diingat

Teknik kedua ini memang gampang-gampang susah. Karena untuk mencari sebuah "nama" atau alamat Url situs blog yang kita buat paling tidak harus menyesuaikan topik dan kata kunci angan-angan kita.

Misalkan saja Sobat berencana membuat sebuah situs blog dengan topik "Sastra Jawa". Maka nama atau alamat Url yang dibuat harus mendekati dengan segala hal yang berhubungan dengan "Sastra Jawa". Tidak mungkin Sobat membuat dengan topik "Teknologi Smart Phone". Hal itulah titik fokunya.

Selain itu, diusahakan alamat Url yang dibuat tidak terlalu panjang, harus mudah diingat orang, dan kalau bisa menjadi sebuah trend pembicaraan massa kini. Simple, lugas, mengndung makna mendalam, namun mudah diingat dan dimengerti orang lain. Jika orang sudah teringat dengan nama yang "unik", maka bisa jadi akan menjadi sumber pengunjung setia.

3. Perjelas Judul Halaman Posting Artikel, maksimal 55 Huruf

Point ketiga ini masih ada hubungannya dengan bahasan pertama. Buatlah judul artikel sesuai dengan topik blog. Carilh bahasa yang tidak terlalu susah untuk difahami. Lebih mudah jika Sobat melakukan riet keyword terlebih dahulu sebelum menulis judul poting artikel yang akan dibuat.

Diusahakan menulis judul posting artikel di bawah 55 karakte (huruf). Karena Google hannya menampilkan maksimal 60 karakter.

Hal itu sangat membantu peta persaingan di dalam mesin pencari dan halaman pertaa Google. Jika salah menerapkan optimasi ini, yang terjadi secara dhohir pembaca akan malas dan beralih pada judul yang lebih familiar, umum, booming dan trend masa kini.

4. Gunakan Heading Tag Judul dengan Tepat

Heading tags yaitu penggunakan tag judul H1, H2, H3, H4 dan seterusnya. Biasanya hanya dibedakan dengan parameter ukuran, tebal, dan warna. Tag heding posting harus menggambarkan isi tulisan kepada pembaca dan mesin pencari tentang topik bahasan. Seprti halnya bahasan pada awal tips artikel ini.

5. Optimasi Alt Text pada Gambar didalam Posting Artikel

Gunakan nama file (file name), judul gambar (image title), dan alternative text (alt text) dalam gambar ilustrasi posting. Caranya cukup mudah.
Klik kanan gambar posting > properties > masukkan nama file, judul dan alternative text.
6. Optimasi Ekternal Link Alami (Grow Natural Links)

Walaupun menurut informasi di luar sana backlink tidak diperhitungkan lagi, namun pada kenyatannya tidak demikian. Benarkah google tidak memerlukan backlink untuk trafik sebuah situs?

Berusaha memperoleh (inbound) baklink berkualitas masih sangat diperhitungkan. Menjadi blogger yang baik tentu akan menggunakan cara terbaik untuk memperoleh backlink berkualitas. Kalau sekedar "nyepam" atau menjadi spammer, jangan harap membatu peningkatan kualitas trafik.
Don't spam. Spam bisa membuat reputasi blog kita menjadi ancur dan memalukan dihadapan Google dan menurunkan page view. Lakukan optimasi blog dari ancaman spam di blog Anda.
Maka, jadilah komentator yang santun, tanpa menyetakan link hidup abal-abal, atau sekedar mempromosikan jualan obat. (Mohon maaf sebelumnya njeh buat para spammer).

7. Optimasi Kecepatan Loading Blog (page load time)

Siapa di antara kita yang tidak malas menunggu? Apalagi dengan aktifitas kerja yang padat, mengharuskan setiap orang untuk semakin cepat dalam bekerja. Sama halnya dengan sebuah blog. Jik untuk membuka satu artikel saja memerlukan waktu yang lama, rasanya sangat mengesalkan sekali.

Oleh karena itu, gunakanlah desain tampilan template yang page load timenya berkategori minimal baik. Misalkan saja SL Style Magz -  template SEO killer fast loading yang hanya memerlukan waktu sekitar 0.5 detik saja.

8. Optimasi Desain Responsive Blog

Responsive tidaknya sebuah situs blog akan sangat berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung. Karena untuk saat ini fakta menunjukkan bahwa kebanyakan orang membuka koneksi internet untuk browsing menggunakan smart phone dari pada PC (personal computer). Untuk itulah, saat ini desain blog responsive dan user frindly WAJIB diterapkan.

Cara mudah test responsive adalah menbuka situs blog Sobat dengan menggunakan smart phone jangan menggunakan PC atau Netbook dengan ukuran layar yang lebih besar. Jika tampilannya terlihat rapi dan bisa menyesuaikan layar smart phone yang kita gunakan, berarti desain blog kita sudah memenuhi kriteria peraturan Google saat ini. Jika belum, segera beralih dan gunakanlah template responsive, SEO, dan fast loading.

Dengan menggunakan 8 teknik SEO Onpage terpopuler tahun 2015 di atas, saya yakin blog sobat akan bisa bersaing dengan para blogger lain di seluruh dunuia ini. Jika masih merasa kebingungan dengan teknik di atas, silakan baca cara mudah optimasi SEO Onpage pada artikel sebelumnya.

Berikut ini video tutorial SEO Onpage. Silakan diperhatikan, difahami dan diterapkan.


Demikian ulasan kali ini. Semoga bermanfaat. Good luck (http://forumblogindo.com)
Thank you for reading the article entitled 8 Teknik SEO Onpage Terpopuler Tahun 2017 [Update]

                                    Forum Blogger Indonesia                               
    Forum Blogger Indonesia Updated at: 3:22:00 PM

12 komentar 8 Teknik SEO Onpage Terpopuler Tahun 2017 [Update]

  1. Harus benar-benar memahami seo ya ternyata kalo mau blog trafic tinggi

    ReplyDelete
  2. Harus benar-benar memahami seo ya ternyata kalo mau blog trafic tinggi

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg terpenting mencoba untuk menerapkan prinsip SEO mbak Alvi. Jika hanya memahami banyak pengetahuan SEO namun tidak menerapkannya, sama aja kan mbak, hehe

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. Untuk bold, italic dan underline, saya kurang setuju nih mas. Ketiga gaya penulisan tersebut hanya memudahkan para pengunjung ketika membaca artikel blog kita. Inilah yang dinamakan seo friendly, bukan seo onpage.

    Keyword density sebaiknya dibawah 5%. Banyak blog-blog sukses di SERP berhasil nangkring di pageone berkat density nya sebesar 4,50%.

    Saya meragukan apa yang dibilang oleh seotechniques,in ini mas. Buktinya tidak pernah memenangkan keyword tertentu, masih menang banyak helplogger, MOZ dan lain-lain.

    Pendapat saya mas hehehehe.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga menggunakan metode dari beberapa pendapat blogger dari lainnya mas, termasuk blog MBT. Dan untuk underline, bold dan italic sedikit banyak masih berpengaruh mas terhadap mesin pencari.

      untuk makna user friendly bagi saya, mempunyai cakupan arti yang lebih luas mas, tidak sekedar memudahkan pengunjung, namun juga berlaku bagi mesin pencari baik dari proses indexing maupun crawling..

      Delete
  5. These techniques are such a useful and informative strategy for onpage seo . Thank you so much .seo company in jaipur

    ReplyDelete
  6. I am really enjoying reading your well written articles. These information is such a very innovative for seo. Thank you for sharing it..
    seo company in jaipur

    ReplyDelete
  7. Terimakasih atas tulisan yang bermanfaat ini, saya mengerti sekarang tentang SEO on page.

    ReplyDelete

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di forum ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger