Home » , , » Besar Mana Pendapatan para Blogger dengan Anggota DPR ?

Besar Mana Pendapatan para Blogger dengan Anggota DPR ?

Sobat. Beberapa hari yang lalu sampai saat ini, dengan adanya kenaikan niai tukar dolar terhadap rupiah membuat rakyat negeri ini menjadi sedih. Sedih ya karena memang nilai rupiah merosot tajam walapun jika dibandingkan dengan beberapa jam lalu, bahkan pada hari ini pukul 16:00 WIB Rp.14.374/US. Hal tersebut karena apa, saya juga gak ngerti karena memang bukan seorang ekonom (sebutan bagi seorang ahli perbankan dan ekonomi.red).

Dari kejadian itu, ada info unik dan mungkin bisa dibilang ironi. 

Kenapa demikian?

Dengan adanya penurunan nilai tukar rupiah terhadap dolar, maka pasti akan berdampak pada himpitan ekonomi masyarakat kecil (khususnya). Selain itu, pada momen yang sama, seperti dilansir CNN Indonesia bahwa para anggota DPR menginginkan kenaikan pendapatan (tunjangan), padahal jika dilihat dari jumlah gaji keseluruhan dengan negara maju dunia, mereka telah mendapatkan lebih banyak.

Besaran Nominal Gaji Pemimpin Dunia dan DPR RI

Lebih jelasnya silakan simak gambar di bawah ini:
Tabel perbandingan gaji anggota parlemen dunia dengan pendapatan per kapita
Sumber: http://beritagar.id/artikel/berita/ketika-gaji-anggota-dpr-ri-lampaui-negara-maju-dunia
Berikut ulasan yang langsung saya kutip dari www.beritagar.id tentang penjelasan tabel di atas:
"Dari sisi nominal, gaji pokok anggota DPR RI tak kalah dibandingkan negara lain. Kalau dibandingkan dengan pendapatan per kapita, rasio gaji DPR malah terbesar keempat di dunia. Pada 2013, The Economist pernah menulis daftar gaji anggota parlemen dunia. Rasio gaji pokok dengan pendapatan per kapita anggota DPR RI hanya kalah dari Nigeria, Kenya dan Ghana. Data the Economist itu berasal dari Independent Parliamentary Standards Authority (IPSA), dan Dana Moneter Internasional (IMF)."
Wah, silakan nilai sendiri njeh.

Dibalik itu semua, tahukan rekan-rekan tantang gaji bapak Presiden RI Bp. Ir. Joko Widodo? Berikut daftar gaji pemimpin dunia berdasarkan data dari CNNMoney (dalam satuan dolar AS):

gaji pemimpin dunia berdasarkan data dari CNNMoney (dalam satuan dolar AS)
Daftar gaji pemimpin dunia berdasarkan data dari CNNMoney (dalam satuan dolar AS)
Sumber:http://beritagar.id/artikel/berita/daftar-gaji-pemimpin-dunia-indonesia-di-atas-india-dan-cina
Lebih lengkap lagi berikut gambaran gaji para Anggota DPR RI:
Rincian gaji anggota DPR tahun 2014-2015
Tabel Rincian Pendapatan DPR periode 2014-2019
Sumber: http://beritagar.id/artikel/berita/ini-rincian-gaji-yang-diterima-anggota-dpr
Sudah jelas kan Sob berapa pendapatan Anggota DPR, bahkan Bapak Presiden kita?

Dalam ulasan beberapa informasi di atas, apakah ada sangkut pautnya dengan pendapatan para blogger?

Tentu sobat masih ingat jumlah rata-rata pendapatan para blogger Indonesia tahun 2015 ini. Bisa juga kita bandingkan dengan data 10 Blogger berpenghasilan tertinggi di dunia. Dengan begitu, analisanya sederhananya begini.
Jika yang menjadi pertanyaan adalah besar mana pendapatan para blogger dengan anggota DPR? Jawabannya ya silakan dijawab sendiri. Karena data rata-rata pendapatan para blogger juga cuma sekedar informasi yang "mungkin" masih jauh dari kata ilmiah, karena datanya diperoleh dari responden blogger.
Namun demikian, data tersebut sekiranya bisa menjadi tambahan informasi dan pengalaman saja.

Kenapa kita bilang pengalaman?

Coba telaah dan bandingkan kalimat sederhana di bawah ini:
Tugas tanggung jawab para anggota DPR dan Bapak Presiden jauh lebih besar jika dibandingkan dengan rutinitas para blogger (tentu dengan melihat acuan pendapatan).
Para Anggota DPR tentu mempunyai tugas besar bertanggungjawab kepada rakyat Indonesia, sedangkan kita para blogger menjalankan rutinitas ngeblog karena memang "ingin berpartisipasi membangun peradaban bangsa ini (setidaknya itu salah satu tujuan Ane ngeblog)". Maka ada istilah ngeblog itu menyenangkan, selain dapat duit juga dapat teman.

So, terlepas dari informasi di atas, kami sebagai para blogger dan sebagai rakyat Indonesia, tetap bersemangat untuk membangun peradaban bangsa ini dengan cara yang kami bisa. Dan kepada Bapak Anggota DPR dan seluruh pemimpin kami, jalankanlah amanah yang telah panjenengan emban untuk membawa Indonesia menjadi Negara Adil Makmur Sejahtera, dan itulan harapan kami. Aamiin.

Demikian ulasan sederhana (jauh dari sarat makna) tentang kajian Besar Mana Pendapatan para Blogger dengan Anggota DPR, semoga bermanfaat.

Note:
Informasi kali ini bukan untuk menjadi perdebatan, namun sebatas pengetahuan yang bisa menambah wawasan kita. Jika ada data, kalimat dan pernyataan yang perlu kaji lebih jauh, silakan berikan ulasan pendapat melalui komentar rekan-rekan njeh. Salam.

Sumber:
http://beritagar.id/artikel/berita/ketika-gaji-anggota-dpr-ri-lampaui-negara-maju-dunia
http://beritagar.id/artikel/berita/daftar-gaji-pemimpin-dunia-indonesia-di-atas-india-dan-cina
http://beritagar.id/artikel/berita/ini-rincian-gaji-yang-diterima-anggota-dpr
http://www.forumblogindo.com/2015/08/penghasilan-rata-rata-blogger-indonesia-tahun-2015.html
Thank you for reading the article entitled Besar Mana Pendapatan para Blogger dengan Anggota DPR ?

                                    Forum Blogger Indonesia                               
    Forum Blogger Indonesia Updated at: 7:19:00 PM

3 komentar Besar Mana Pendapatan para Blogger dengan Anggota DPR ?

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di forum ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger