Banner Header
Banner Header
Home » , , , » Cara Memperkecil Bounce Rate Blog Anda untuk Meningkatkan Trafik

Cara Memperkecil Bounce Rate Blog Anda untuk Meningkatkan Trafik

Tujuan Memperkecil Bounce Rate Blog

Cara Memperkecil Bounce Rate Blog Anda
Rumus Mencari Bounce Rate Blog
Sudahkah rekan-rekan mencoba memeriksa seberapa besar bounce rate situs atau blog yang dimiliki? Berapa hasilnya?

Bounce rate adalah sebuah istilah yang digunakan oleh para blogger dalam memberikan penilaian terhadap kualitas sebuah website atau blog. 

Bounce rate memiliki peran penting dalam peningkatan kualitas kepercayaan Google atau mesin pencari pada blog kita. Semakin bernilai baik blog kita di mata Google, sudah bisa dipastikan situs kita akan semakin meningkat jumlah pengunjungnya, karena trafik dari setiap artikel kita akan dinomor satukan Google.

Istilah bounce rate sebenarnya agak terlalu asing mungkin di dunia blogger, terlebih para pemula seperti saya. Dengan mendengarkan arahan dari para master blogger, keberadaan data bounce rate sangat penting untuk diperhatikan.

Dat bounce rate blog anda akan sangat berarti jika Sobat melakukan analisa penyebabnya. Baik karena bernilai tinggi atau rendah. Perlu diingat:
Semakin tinggi nilai bounce rate blog sobat, maka semakin kecil kepercayaan Google. Sebaliknya, semakin rendah nilai bounce rate blog sobat, maka semakin besar tingkat kepercayaan Google terhadapp blog kita.
Sebenarnya apa sih bounce rate itu?

Definisi Bounce Rate Blog

Bounce rate sebenarnya istilah yang agak membingungkan. Ketika saya mencoba mencari makna yang lebih baik, di wikipedia ternyata tidak ada hasil yang bisa saya dapatkan. Namun dari keterangan para mastah blogger, bounce rate adalah istilah tingkat "pentalan" pembaca terhadap blog kita, khususnya pada artikel yang kita posting.

Sederhanyanya begini. Bounce rate dinilai dari seberapa lama dan betah para pengunjung ketika sedang melihat/ membuka situs kita. Atau seberapa lama pengunjung membaca artikel kita. Ketika semakin lama para pengunjung berada di blog kita, maka bisa dipastikan bounce rate situs kita semakin kecil.

Saya kira contoh di tersebut mudah sekali untuk difahami.

Lalu apa penyebab utama bounce rate blog kita besar?

Faktor Nilai Bounce Rate Blog Anda

Nilai bounce rate blog sobat dikarenakan beberapa hal, yaitu:
  1. Blog Sobat jelek sekali
  2. Artikelnya copas alias copy paste. Ingat bahaya copas artikel orang lain
  3. Blog sobat tidak relevan di mata Google
  4. Blog sobat berat banget alias lemot saat di buka.
  5. Blog sobat tidak responsive atau mobile friendly
  6. dan masih banyak lagi
Keenam faktor di atas hanya sebagian kecil saja. Namun sudah mewakili hal-hal lain. Intinya, hal-hal apa saja yang membuat pembaca menjadi betah di blog Sobat, itulah hal yang bisa memperkecil bounce rate. Ringkasannya ada di bawah ini.

Cara Memperkecil Bounce Rate Blog

Ketika sobat sudah mengetahi secara detail penyebab tingginya bounce rate blog yang dimiliki, hendaknya segera melakukan langkah maksimal dan jitu. Jika tidak, lama kelamaan blog sobat akan tenggelam seperti halnya terkena dampak Google Sandbox.

Cara memperkecil bounce rate adalah sebagai berikut:
  1. Pelajari lebih jauh ciri artikel yang berkualitas SEO freidnly disukai Google
  2. Buat artikel yang disukai pembaca
  3. Pilih desain template responsive atau mobile friendly
  4. Lakukan cara mempercepat loading blog
  5. Buatlah blog sobat relevan antara isi artikel dengan topik yang dibahas
Langkah kelima di atas dapat kita simpulkan dalam sebuay artikel yang banyak menjadi bahan disukusi di situs ini, yakni cara membuat blog berkualitas SEO friendly.

Kesimpulan

Membuat blog yang berkualitas dimulai dari adanya kualitas desain, dan isi konten yang baik. Ketika artikel yang kita buat berisi hal bermakna dan memberikan edukasi, petunjuk serta menyelesaikan masalah, maka bisa dipastikan banyak sekali orang yang mencari. Penilaian bounce rate tidak ditentukan oleh mesin, namun hakekatnya ditentukan oleh orang, yaitu pengunjung dan pembaca artikel kita.

Sehingga, tidak ada salahnya sobat untuk selalu "bermuhasabah" terhadap semua isi di blog yang telah dibuat. Jika dirasa masih jauh nilai kemanfatannya, maka segera perbaiki.

Demikian sedikit ulasan mengenai Cara Memperkecil Bounce Rate Blog Anda. Semoga bermanfaat. Salam blogger.
(http://www.forumblogindo.com).*
Cara Memperkecil Bounce Rate Blog Anda untuk Meningkatkan Trafik
Terimakasih telah membca artikel berjudul Cara Memperkecil Bounce Rate Blog Anda untuk Meningkatkan Trafik

4 komentar Cara Memperkecil Bounce Rate Blog Anda untuk Meningkatkan Trafik

  1. thanks infonya, sangat membantu bagi pemula seperti saya . hehe

    ReplyDelete
  2. memperkecil bouncerate seperti yang dijelaskan memang benar, tapi rasa-rasanya jaminan kalau mengikuti cara itu belum ada. karena faktor yang tinggi sebetulnya sangat menentukan. kalau hemat saya mungkin ada baiknya posisi blog kita di search engine yang diperbaiki dulu biar trafficnya bisa naik

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi bisa saya pastikan mas. jika kualitas dari blog kita berdasarkan kriterian di atas masih sangat jauh, nilai bouncerate juga tinggi. dan itu berkesesuaian dengan trafik. kalau trafiknya bagus maka relevan dengan blog yang berkualitas dari segi apapun, dan itu pula yang akan memperkecil bouncerate..

      Delete

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di forum ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger