Cara Tepat Memilih Platform Blog - Blogger.com, Wordpres.com atau Wordpress.Org

Pilih Wordpress.com, Wordpress.org atau Blogger.com?
Ketika seorang blogger pemula akan menentukan platform apa yang akan digunakan untuk aktifitas ngeblog, pasti banyak orang yang akan merekomendasikan tiga platform, yakni wordpress.com, wordpress.org dan blogger.com. Ketiga platform tersebut untuk saat ini memang menjadi idola para blogger.

Namun demikian, terkadang untuk memilih ketiganya juga menjadi hal yang tidak mudah. para blogger harus memilih di antara tiga untuk memaksimalkan aktifitas ngeblognya. Untuk itu, alangkah lebih baik jika sobat mengetahui secara detail dari ketiga platform tersebut. Berikut ulasannya.

Blogger.com

Blogger.com
Blogger.com atau yang lebih dikenal sebagai blogspot merupakan sebuah platform ngeblog yang dikelola oleh raksasan Google. istilahnya, platfrom blogger.com merupakan anaknya mbah Google.

Jika demikian, maka bisa dipastikan layanan platform ini akan bersinergi dengan si emaknya, yakni Google.
Blogger.com sendiri sangat mudah digunakan, apalgi juga tidak perlu membayar alias gratis.
Dengan demikian, berbagai layanan blogging gratis ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1999 oleh perusahaan bernama Pyra Labs dan diakusisi oleh Google pada tahun 2003.
Beberapa keunggulan dari platform blogge.com adalah sebagai berikut:

  1. Gratis
  2. Fitur lumayan lengkap
  3. Tanpa iklan
  4. Sangat mudah digunakan
  5. Posting artikel sebanyak-banyaknya, tidak terbatas.
  6. 1 akun bisa membuat 100 blog
  7. Super Aman karena dikelola oleh Google
  8. Dijamin jarang down karena menggunakan server milik Google
  9. Bisa ganti template dan edit template sesuai keingingan
  10. Bisa digunakan untuk menghasilkan uang
  11. Terintegrasi dengan Google AdSense dan Google+
  12. Bisa custom domain (domain harus beli sendiri) - top level domain (TLD)
  13. Bisa gonta ganti tempate gratis atau premium
  14. dll.
Lebih jelasnya silakan baca keunggulan blogger.com dibandingkan platform lain.

Lalu bagaimana dengan kekurangan dari blogger.com?
Akses penuh berada di tangan Google, sehingga kita harus patuh terhadap semua ketentuan atau peraturan yang ditetapkan Google. Jika kita tidak melaksanakan segala ketentuan yang telah diberlakukan Google, akun kita bisa dibanned alias dihapus tanpa perlu memberikan pemberitahuan.
Dengan melihat kelebihan dan keurangan dari paltform blogger.com maka disarankan lebih cocok digunakan bagi pemula yang baru belajar ngeblog ataupun para profesional. Dikarenakan cara pengoperasian blogger.com sangat mudah, dan bisa ditunjang dengan pemahaman lebih seperti belajar CSS, kode HTML, dan juga bisa digunakan untuk mencai uang dengan cara mengikuti program afiliasi Google Adsense.

Wordpress.com

Wordpress.com
Platform ini juga tidak jauh berbeda dengan blogger.com, karena sama-sama tidak perlu membayar ketika menggunakannya alias gratis. Namun demikian, wordpress.com juga sangat mudah digunakan.

Salah satu perbedaan antara blogger.com dengan wordpress.com adalah perusahaan yang mengelolalnya.

Jika blogger.com dikelola oleh Google, sedangkn wwordpress.com didirikan oleh perusahaan Automattic.


Berikut beberapa kelebihan wordrpess.com:

  1. Gratis
  2. Tidak perlu mikirin SEO, karena sudah terintegrasi di dalamnya
  3. Sangat mudah digunakan
  4. Banyak sekali theme gratis di dalamnya (tinggal pilih)
  5. Jarang down
  6. Bisa dicustom domain
  7. Aman digunakan
Bagaimana dengan kekurangan wordpress.com?
Karena sama-sama dikelola oleh perusahaan Automattic, kita juga harus taat dan patuh terhadap segala ketentuan yang diberikan si pemiliknya. Jika tidak, ya rawan dihapus. Selain itu, fitur yang disediakan juga tidak terlalu banyak dan media penyimpanannya cuma berkisar 3 GB aja. Faktor lain adalah keberadaan iklan di dalamnya.
Worpres.com juga tidak bisa dipasangi iklan Google Adsesne kecuali menggunakan wordAds. Dengan demikian, layanan wordpress.com sangat cocok digunakan untuk peronal blog yang tidak terlalu memerlukan layanan data yang besar. itu artinya, dengan keterbatasa kuota penyimapanan data yang relatif kecil, platform ini cocok banget untuk sekedar hobi nulis.

Sangat tidak disarankan untuk digunakan untuk blog film atau download yang memerlukan penyimapan data yang begitu besar, kecualai sebatas memerbikan link donwload saja.

Wordpress.org

Wordpress.org
Ketika melihat nama wordpress.org, mungkin terlintas di benak sobat bahwa platform ini sama dengan wordpress.com atau paling tidak satu kelola dengan perusahaan yang sama.

Namun pada kenyataannya, pemikiran sobat tadi kurang tepat. Cuma, dengan menggunakan platform wordpress.org kita bisa melakukan instalasi aplikasi wordpress.com di dalamnya.

Wordpress.org merupakan platfom berbeda dari segi perusahaan pengelola maupun cara mengelolana. Seperti yang kita tahu, bahw platform wordpress.com bisa diakses tanpa mengeluarkan biaya, namun untuk ordpress.org kita harus memberli domain dan hosting secara personal. itu artinya, kita harus mengeluarkan biaya sendiri untuk menikmati layanan yang diberikan.

Berikut kelebihan wordpres.org

  1. Tidak ada aturan apapun terkait di dalamnya
  2. Gratis (dalam hal wordpressnya) dan bersifat opem source
  3. Fitur sangat lengkap dibangingkan kedua paltform di atas
  4. Banyak sekali plugin yang bisa digunakan
  5. Karena tidak ada aturan apapun, sobat bisa mengekspresikan segalana di sini
  6. Banyaknya sekali theme gratis yang bisa digunakan, namun juga perlu download
  7. dll

Lalu bagaimana dengan kekurangan wordpres.org?
Dengan memperhatikan ulasan di atas, jelas sekali bahwa kita harus membeli domain dan hosting sendiri untuk menikmati layanan dari wordpress.org. Sehingga, mau tidak mau kita harus mengeluarkan biaya awal pembeilan hosting dan domain, serta memperbaruinya setiap tahun.
Selain itu, sistem pengelolaannya juga sedikit lebih ribet, karena semuanya dibebankan pada admin/ pengelolalnya, karena hal itulah semua maka tidak ada peraturan yang harus kita penuhi, kecuali peraturan UU IT saja.

Melihat begitu banyak keunggulan dari wordpre.org, maka platform ini sangat cocok bagi para profesional, misalkan saja para internet marketer, bussines dan perusahaan besar yang bergerak dalam dunia bisnis online ataupun tidak.

Kesimpulan

Alangkah baiknya bagi seorang blogger (orang yang berkecimpung dalam dunia blogging) untuk memilih platform yang tepat untuk mengembangkan hobi, bisnis atau sekedar luapan menulis semata. Sehingga, alnagakh tidak tepat jika kita menilai ketiga platform di atas hanya sekedar untuk mencari kelemahan dan siapa yang terbaik.
Pemilihan platfomr ngeblog yang pas sesuai kebutuhan, itulah prinsip dasar utama yang kita pegang ketika ingin beraktifitas dalam dunia blogging. Setelah itu, kembangkan kualitas konten sereya belajar SEO dan menerapkan metode publikasi yang pas (internet marketing) dalam hal apapun.
Demikian ulasan mengenai Cara Tepat Memilih Blogging Platform - Blogger.com, Wordpres.com atau Wordpress.Org. Semoga bisa menambah wawasan dan membantu sobat dalam menentukan platform apa yang hendak digunakan.

Good luck and happy blogging, salam.
(http://www.forumblogindo.com/).*

0 Response to "Cara Tepat Memilih Platform Blog - Blogger.com, Wordpres.com atau Wordpress.Org"

Post a Comment

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di forum ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger