Pilih Bounce Rate Besar Namun Pengunjung Banyak atau Pengunjung Sedikit dengan Bounce Rate Kecil?

Pilih Bounce Rate Besar Namun Pengunjung Banyak atau Pengunjung Sedikit dengan Bounce Rate Kecil?
Rumus mencari nilai bounce rate
Pilih Bounce Rate Kecil Namun Pengunjung Banyak atau Pengunjung Sedikit Bounce Rate Besar?

Jarang sekali para master internet marketer menerangkan tentang penelitian bounce rate sebuah situs.

Efek dan dampak apa yang terjadi dengan adanya nilai bounce rate pada sebuah situs.

Namun, pernahkah terfikir buat sobat semua, jika diminta memilih antaa dua pilihan sederhana di bawah ini:

  1. Bounce rate kecil namun pengunjung banyak
  2. Bounce rate besar namun pengunjung sedikit
Dua pilihan tersebut tentu memiliki makna berbeda. Simak selengkapnya pengaruh bounce rate terhadap blog.

Sebenarnya kedua probem di atas banyak sekali dialami para blogger atau pengelola situs besar sekalipun. Keberadaan bounce rate yang dikeluarkan oleh situs-situs pencetak rekor bounce rate juga sangat banyak sekali. Tengok saja misalkan melalui alexa rank.

Dengan menggunakan tools yang satu tersebut, kita akan mengetahui secara "nyata" tentang situasi blog atau situs kita. Namun pernahka sobat befikir, pentingkah rank alexa pada blog kita? Saking terobsesinya dengan alexa, banyak blogger yang mondar-mandir tiap waktu untuk mengecek rank alexa situs yang dimiliki.

Tak bisa ditampik juga, keberadaan beberapa tools bantu pemeringkat situs terpercaya akan memberi tambahan pengetahuan untuk evaluasi terhadap beberapa kekurangan pada situs kita. Sehingga, mutlak dan wajib menjadi perhatian sang empunya blog.

Keberadaan bounce rate sebenarnya bisa dirumuskan secara sederhana, yakni total number of visit viewing one page only dibagi dengan total entries to page. Dengan melihat data itu saja, akan diketahui perkiraan besarnya bounce rata bog kita.
Namun, dalam pembahasan ini, sebenarnya lebih pada dua hal, yakni pengaruh bounce rate dan jumlah pengunjung.
Seperti yang kita ketahui, keberadaan bounce rate besar menandakan banyaknya pembaca yang terlalu cepat meningggakan situs yang dibaca. Artinya, pembaca atau pengunjung situs kita sangat cepat sekali meninggalkan blog kita. Bisa karena tulisan yang dicari dn ditampilkan oleh google tidak relevan dengan apa yang diharapkan oleh pembaca. Atau bisa juga blog kita sangat lemot, baru terbuka beberap bagian sudah loading terus gak kebuka-buka. Jadinya hanya beberapa detik saja pengunjung langsng mengalihkan pada situs lain.

Faktor lainnya tentu adalah blog sobat sangat jelek sekali. Baca selengkapnya penyebab blog sobat super jelek banget

Selain pembahasan tersebut, ada juga kasus bounce rate kecil dengan pengunjung. Jika dilogika, kayake imposible banget. Namun jika diteliti lebih dalam, hal ini tentu bisa saja terjadi. Alasannya sederhana saja.

Misalkan saja blog kita sudah berkualitas dari segi artikel, namun sudah mempunyai pengunjung setia. Pembaca setia artikel kita yang mungkin jumlahnya sedikit, namun secara konsisten selalu mengunjungi blog kita dengan durasi waktu lama, hal itulah yang kemungkinan besar menyumbang nilai bounce rate kecil.

Kesimpulan

Dengan dua perbandingnan sederhana tersebut, semua pilihan berada pada sobat masing-masing. Pilih pengunjung blog lumayan banyak namun hanya sekedar mampir beberapa detik trus keluar mencari referensi lain, atau pilih pembaca setia yang jumlahnya belum terlalu banyak namun konsisten mengunjungi blog kita dengan durasi lama.

Demikian ulasan mengenai bounce rate. Mau Pilih Bounce Rate Besar Namun Pengunjung Banyak atau Pengunjung Sedikit dengan Bounce Rate Kecil?

Salam blogger.

1 Response to "Pilih Bounce Rate Besar Namun Pengunjung Banyak atau Pengunjung Sedikit dengan Bounce Rate Kecil?"

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di forum ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger