Home » , , , » Panduan Blog bagi Pemula Sampai Sukses Mendapatkan Uang

Panduan Blog bagi Pemula Sampai Sukses Mendapatkan Uang

Tutorial Blog Lengkap bagi Pemula Sampai Berhasil Menghasilkan Uang - Artikel kali ini mungkin sebuah tulisan yang kurang begitu bermanfaat bagi rekan-rekan. ya karena bisa saja dirasa "udah basi" dan lekang oleh zaman.

Kenapa begitu? Ya karena memang sudah banyak sekali tips ngeblog bagi pemula sampai berhasil menghasilkan uang. Namun demikian, perlu kiranya di sini kita bagikan sebuah pengalaman sederhana saja yang pernah saya alami sendiri.

Dari sebuah pengalaman itu, kiranya bisa memberikan manfaat buat rekan-rekan blogger semua. Harapannya, Sobat semua jangan sampai ketika sudah terjun di dunia blogging, endingnya malah merasa kecewa yang mendalam. Karena ditolak ini itu, gak dapet apa-apa, malah keluar duit buat beli paket data atau alasan lainnya.

Lebih sengsara lagi, tiba-tiba blognya kena banned permanen alias dihapus oleh Google (bagi blog dengan platform blogspot mapun wordpress non self hosting).

Panduan Blog bagi Pemula Sampai Sukses Mendapatkan Uang

Panduan Blog bagi Pemula Sampai Sukses Mendapatkan Uang
Sebelum melangkah lebih jauh mengenai bahasan ini, tentu ada beberapa hal penting yang perlu kita fahami dan dalami terleih dahulu dalam dunia blogging, yakni kira-kira apa saja:
  • Niat ngeblog Anda
  • Kapan harus mulai ngeblog 
  • Bagaimana caranya bisa menghasilkan uang dari blog
Ketiga pokok dasar itulah kiranya yang mungkin bisa membantu sobat dalam melangkah sebagai seorang blogger untuk memperoleh sebuah kesuksesan. Sederhananya, ketiga materi di atas akan menjadi mind mapping kedepan guna meraih satu tujuan, yakni sukses di dunia blogging.

Niat Ngeblog

Dalam ajaran agama, niat memang menjadi sebuah pondasi dasar yang teramat sangat penting. Berawal dari niat "baik" saja, dalam Islam sudah dinilai ibadah. Namun dengan niat "jelek" belum dinilai sebuah dosa manakala belum dilaksanakan. Itulah hebatnya niat dalam kacamata "fiqih" hukum Islam.

Seperti halnya niat dalam menjalani aktifitas ngeblog. Akan banyak sekali ragam dan wujudnya. Seperti halnya sobat, ada yang niat ngeblog untuk menyalurkan hoby menulis. Ada juga yang niat ngeblog untuk mencari penghasilan (uang). Ada juga yang niat ngeblog "idep-idep" mengisi waktu luang saja tanpa terikat capaian apapun. Dan masih banyak lagi.
Dari berbagai niat ngeblog para blogger di atas, tentu menjadi sebuah ironi apabila niat ngeblog hanya sekedar untuk berbuat kejahatan, atau berbuat jelek. Yang ada malah bedosa tau.
Maka menjadi sebuah kewajiban bagi para blogger untuk meluruskan niat. Entah niat apapun, yang penting untuk kebaikan.
Berawal dari niat yang baik itulah, kita akan bisa menjalani aktifitas ngeblog dengan tenang. Tidak tertekan dengan siapapu, tidak takut berdosa dan lain-lain. Dan pastinya, dengan niat baik saja, sudah cukup bagi kita untuk memperoleh pahala dari-Nya, amin.

Niat baik yang saya maksud bisa diterjemahkan kedalam makna yang luas. Misalkan saja untuk mendapatkan uang yang berguna bagi kesejahteraan keluarga. Atau untuk menyampaikan sebuah ilmu, yang akan memberikan edukasi dan kemanfaatan bagi yang membacanya. Dan masih banyak lagi.

Untuk membuka pemahaman kita agar tambah luas, mungkin perlu kita sampaikan beberapa hal manfaat dari aktifitas ngeblog.

Manfaat Ngeblog bagi Sesama

Seberapa besar kemanfaatan sebuah aktifitas ngeblog tidak akan mungkin bisa dirasakan manakala kita masih terbelenggu oleh niat yang salah. Oleh karena itu, pemahaman manfaat ngeblog bagi sesama juga harus kita sadari, diantaranya:
  • Membantu orang lain
  • Meningkatkan kemampuan menulis
  • Menjaga silaturrohim antar sesama rekan, keluarga atau komunitas blogger Indonesia dll
  • Memperoleh uang sebagai wujud keseriusan
Sudah selayaknya dengan aktifitas ngeblog yang kita lakukan dengan dasar niat tulus ikhlas, akan menjadi sebuah cara bisa membantu orang lain. Misalkan saja sobat membuat sebuah blog dengan niche kesehatan. Siapa di dunia ini yang tidak menginginkan informasi kesehatan, semuanya butuh. 

Ada juga blog dengan niche panduan SEO. Siapa di antara rekan-rekan yang tidak pernah menerapkan panduan SEO ke dalam blog atau situsnya? Atau contoh lainnya.

Dari kesekian pola yang sobat bangun seperti itu, sudah pasti aktifitas ngeblog tersebut akan memberikan kemanfaatan kepada sesama manusia. Baik kepada keluarga, rekan atau siapapun sebagai seorang pembaca.

Selain daripada membantu orang lain, ternyata ngeblog juga dapat meningkatkan kemampuan menulis kita. Jujur saja, sejak masuk dalam dunia blogging, saya sangat menyukai aktifitas menulis. Padahal waktu study, menulis merupakan sebuah aktifitas yang sulit sekali saya lakukan. Ya karena memang belum terbiasa mungkin.

Hal inilah yang membuat saya "berani" mengeluarkan pernyataan, kalau gak mau nulis, mending jangan jadi seorang blogger.  Artikel tersebut bukan dalam rangka untuk mendeskreditkan rekan-rekan yang memang menjalani aktifitas ngeblog dengan "membeli" artikel dari orang lain, namun hanya sebatas sebagai wujud motivasi pribadi saya sendiri agar lebih tekun menulis dan menulis.

Kemahiran menulis tidak akan bisa dicapai manakala kita malas membaca. Lha mau dapat informasi dari mana kalau kita malas membaca? Ya tidak mungkin. Maka salah satu tips dasar agar kita bisa menulis adalah gemar membaca dan belajar. Berawal dari situ, maka tulisan yang kita sajikan kepada pembaca akan semakin bagus. Baca juga kesalahan fatal dalam menulis artikel di blog baru.

Dengan pola belajar demikian, setidaknya kita akan bisa secara kontinyu dan istiqomah dalam menulis, dan tentu artikel yang bermanfaat.


Manfaat ngeblog lainnya adalah menjaga silaturrahmi (silaturrohim) dengan sesama. Contohnya saja situs yang saya bangun ini. 
Tidak lain tujuan situs Forum Blogger Indonesia adalah sebagai wadah, yang bisa sobat blogger gunakan untuk menjalin komunikasi sesama blogger dengan platform manapun (blogspot, wordpress dll) dalam berbagi ilmu apapaun yang bermanfaat untuk kemajuan dan peradaban Indonesia tercinta.
Kenapa blog bisa menjadi sarana silaturrohim?

Dari aktifitas ngeblog lah, kita akan saling kenal, saling sapa, salaing bertukar ilmu, diskusi dan masih banyak lagi. Dengan menjadikan blog kita sebagai "rumah silaturrohim", akan semakin membuat berkah ilmu dan mendapat limpahan rizkinya dalam wujud apapun. Selain itu juga akan memperpanjang umur kita, insyalloh amin.

Hal lain dari manfaat ngeblog tentu adalah mendapatkan uang seperti yang menjadi harapan banyak blogger. Dengan begitu, akan sangat indah sekali. Selain dapat temen, ggeblog mendapatkan fahala dan uang yang barokah. Sungguh amat sangat menggembirakan, aamiin. So, bagaimana niat sobat dalam menjalani aktifitas ngeblog???

Kapan Harus Mulai Ngeblog?

Pertanyaan ini menjadi sebuah pembuka hati manakala sudah memahami beberapa hal di atas, sebuah saja niat ngeblog yang baik. Berawal dari situ, sembari dengan beberapa panduan dasar blog tentunya, sobat bisa langsung mengawali membuat sebuah blog. Namun sebelum beranjak pada hal tersebut, ada beberapa hal yang harus kita lakukan, yakni:
  1. Tentukan topik blog 
  2. Pilih nama domain yang pas 
  3. Pilih platfom blogging 
  4. Mulai menulis artikel yang berkualitas 
  5. Mulai fokus dengan niat dan tujuan ngeblog 
  6. Kembangkan blog yang ada
Tiga dasar blog di atas sangat penting sekali. 

Topik blog sangat ditentukan oleh niat awal sebelum membuat blog. Dengan niat tersebut tentunya harus disesuaikan dengan tujuan ngeblog. Apakah berbeda antara niat dengan tujuan ngebog mas?

Secara harfiah tentunya sangat berbeda sekali. Niat adalah kerentek, motivasi awal, sedangkan tujuan adalah lebih pada aspek nilai kemanfaatan setelahnya. Misalkan saja sobat niat ngeblog karena ingin menyalurkan sebuah ilmu. Sedangkan tujuannya tentu sebagai wujud niat tersebut, contohnya ingin membuat blog dengan tujuan mengembangkan kebudayaan kesehatan masyarakat.

Hal penting dalam menentukan tujuan ngeblog di sini harus tetap didukung oleh kepercayaan diri. Lebih simple nya adalah kemampuan diri. Bisa juga disesuaikan dengan hoby. Jangan sampai sobat ngeblog hanya sebatas "ikut-ikutan" trend. Padahal sobat tidak menguasai sekali dengan apa yang menjadi trend tersebut.

Setelah menentukan tujuan ngeblog, hal yang perlu sobat lakukan adalah mulai memilih nama domain. Nama domain itu apa mas? Nama domain tentu sebagai sebuah alamat yang menuju blog sobat nantinya.

Misalkan saja situs ini, www. forumblogindo.com Kenapa nama domainnya itu? Ya karena tujuan saya adalah ingin membuat wadah komunikasi dengan para blogger Indonesia. Lebih jelasnya, silakan simak artikel cara memilih nama domain yang benar.

Setelah memilih dan memutuskan nama domain, sobat harus segera memutuskan pula platform mana yang akan digunakan. Platform blogging yang saya maksud adalah sebuah wadah blog yang akan digunakan.

Dalam dunia blogging, secara umum ada tiga platform terpopuler yang digunakan untuk membuat blog, yaitu:
  1. Blogspot 
  2. Wordpress.com 
  3. Wordpres.org
Ketiga platform blogging di atas dirasa paling populer di kalangan para blogger. Walaupun dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya, namun sangat direkomendasikan kepada sobat yang akan membuat sebuah blog agar menggunakan platform di atas. Simak selengkapnya cara benar memilih platform blog.

Dalam membuat sebuah blog, terkadang masih banyak hal yang sering dilakukan para blogger pemula seperti saya. Sebuah pengalaman pahit kala baru pertama kali membuat blog. Sudah difikirkan secara matang, eh di tengah jalan malah tergoda dengan model tampilan blog.

Maksud saya adalah, secara umum "mungkin", entah benar atau tidak, kemungkinan besar para blogger pemula akan sibuk mencari sebuah desain tempilan blog yang mereka inginkan. Sibuk gonta-ganti template, sibuk donwload template terbaik dan terpopuler, atau sibuk ngurusin warna navigasi dan header dll.

Rutinitas tersebut kala itu, saya sendiri sampai beberapa minggu sampai benar-benar fik dan yakin dengan tampilan situs yang telah dibuat. Ketika sudah fik, biasanya baru bisa konsen dengan yang namanya menulisa artikel.

Apakah salah mas gonta-ganti template blog?

Pertanyaan tersebut memang menjadi salah satu keluhan para blogger. Namun, hal penting yang sebenarnya kita perlukan tidaklah demikian.
Alangkah lebih efisien waktu dan tenaga manakala sejak awal kita sudah mendapatkan sebuah template yang memang benar-benar SEO ready, fast loading, responsive dan sangat ramah terhadap mesin pencari.
Jangan sampai seharusnya kita sudah mulai konsen menulis dan mengembangkan pola penasaran yang cocok, kita masih disibukkan dengan jenis tampilan blog kita. Maka, silakan langsung gunakan sebuah template dengan klafisikasi mumpuni, ramah terhadap mesin pencari. Secara lengkap berikut ciri-ciri template blog terbaik dan terpopuler bagi para blogger:
  1. SEO killer ready
  2. SEO Optimized 
  3. Responsive or mobile friendly 
  4. Fast loading 
  5. Support langsung dari SL Blogger
  6. High CTR Adsense or Ads
  7. Bredcrumb
  8. Scheme org
  9. Free credit link footer
  10. Dapet template keren dengan desain tak kalah tetangga
  11. dan masih banyak lagi
Keempat ciri di atas masih menjadi trending topik para blogger saat ini. Untuk ciri ke-5, memang jarang sekali para blogger menuliskannya. Namun buat saya, support penuh dari sang desainer template yang kita gunakan menjadi dukungan penting bagi kita.

Secara gitu. Ketika kita mendapatkan sebuah template dengan support dan bantuan penuh dari sang desainernya, sudah tentu kita akan mendapatkan keuntungan ganda, yakni template SEO killer yang keren dan juga tambahan ilmu serta update template yang kita gunakan.
Jika merasa bingung mencari rekomendasi template yang bagus buat blog Sobat nantinya, silakan baca ulasan dari kami tentang Top template SEO killer dan SEO friendly terbaik dari SL Blogger dengan fitur dan spesifikasi mumpuni seperti yang sudah saya jelaskan di atas.
Selain mendapatkan sebuah template keren dengan kualitas yang tidak diragukan, beberapa template SEO di atas secara perlahan perlahan dan konsisten akan membantu blog dan situs sobat bersaing dengan blog lainnya. Selain itu, support penuh akan sobat dapatkan dari Ane :). 

Mengingat peta persaingan blogger semakin ketat, maka sudah tidak ada saatnya lagi hanya untuk sekedar memikirkan tampilan blog saja. Dengan template SEO rekomendasi itulah, sobat tidak perlu repot-repot memikirkan SEO template, karena sudah ada di dalamnya. Sobat tinggal fokus dengan menulis artikel yang berkualitas dan mulai mengembangkan metode pemasarannya.


Ketika sobat sudah memutuskan nama domain dan mulai membuat blog dengan platform yang tepat, maka sobat tinggal mulai menulis artikel yang berkualitas.

Dalam menulis artikel, tentu seperti yang saya katakan di atas. Tidak semua orang suka menulis, Tidak semua orang bisa menulis. Tidak semua orang mau menulias. Maka sudah selayaknya menjadi "wajib" hukumnya untuk menulis bagi seorang blogger pemula.
Saya katakan pemula disini adalah orang yang memang baru pertama kali mengenal blog dan ingin membuat blog.
Proses kemauan mau membaca dan terus belajar menjadi langkah cepat dalam meningkatkan minat menulis. Apakah sesederhana itu, cuma nulis dan nulis saja mas agar blog kita bisa eksis?

Dalam ulasan sebelumnya yang saya tulis dalam sebuah artikel cara kerja seacrh engine Google, sobat akan mendapatkan satu hal penting, yakni hubungan kualitas artikel dengan tingkat trafik sebuah blog. Dari situ kita faham, bahwa eksis tidaknya sebuah blog atau situs besar manapun, sangat dipengaruhi oleh kualitas konten yang disajikan.
Tanpa artikel yang berkualitas, tidak mungkin eksis dan maju sebuah blog atau situs dengan modal besar walaupun disokong dengan modal yang besar.
Dari attentions tersebut, maka bagi pemula diharapkan untuk selalu belajar bagaimana cara menulis artikel yang berkualitas.

Mulai Fokus pada Niat dan Tujuan Awal Ngeblog

Langkah selanjutnya adalah mengembangkan blog atau situs yang sudah sobat buat. Dalam menjalankan aktifitas ngeblog, mungkin ada beberapa hal penting kaitannya dengan penulisan artikel. 
  • Untuk awal-awal ngeblog, dalam rentang waktu 2-4 minggu, kiranya selalu konsisten dalam menulias 2-3 artikel sehari. Minim adalah setiap hari harus posting artikel. Hal ini bertujuan untuk membangun trafik dan pembaca
  • Dalam rentang 1 bulan sampai dua bulan, selalu tingkatkan metode pemasaran artikel yang sobat buat. Bisa menggunakan media sosial dan lainnya.
  • Upayakan selalu menerapan riset kara kunci terhadap setiap penulisan artikel. Hal ini bisa dilakukan sempai proses kurang lebih 2 bulan.
  • Selalu aktif dengan forum-forum diskusi para blogger. Hal ini bisa dilakukan melalui blogwalking (berkomentar pada blog berkualitas bagus), namun tidak sekedar berkomentasr Spam.
Ketika ketiga proses di atas sudah dilakukan, maka mulailah untuk mencoba berfikir mencari uang dari blog yang sudah sobat bangun tersebut.

Cara Mencari Uang dari Blog

Ketika sebuah branding blog kita mulai terbangun dengan nilai keunikan tersendiri, maka saatnya sobat mencoba memanfaatkan peluang ini. Tidak semua blogger mampu menangkap peluang ini, yang ada adalah blogger yang menginginkan hasil instan dengan hasil yang banyak.

Dalam menjalani sebuah blog, sudah banyak sekali para blogge Indonesia yang sukses. Tidak sekedar bermanfaat ilmunya, para blogger Indonesia tersebut mendapatkan penghasilan yang luar biasa besar. Tengok saja Mas Eka Lesmana yang menjadi Jutawan Indoensia dari blog yang beliau kelola.


Dengan cara apa saja mas mendapatkan uang dari blog?

Dalam dunia blogging, kita mengenal beberapa metode untuk mendaptkan uang dari blog, diantaranya:
  1. Menjadi pengiklan 
  2. Melalui Program Afiliasi 
  3. Mendaftar Google Adsense 
  4. Menjual jasa keahlian 
  5. Menjual produk priadi 
  6. dan masih banyak banget
Menjadi pengiklan istilahnya adalah menyediakan ruang di dalam blog kita, agar situs besar lainnya yang menjual produk bisa nitip promosi ke situs kita. Tentu hal ini tidak akan bisa kita dapatkan manakala situs kita masih rendah trafiknya. Untuk itu, tidak ada cara lain untuk cara ini adalah dengan meningkatkan trafik pengunjung blog kita.


Selain cara menjadi pengiklan, kita juga bisa mencoba mendaftarkan blog kita melalui program afiliasi. Misalkan saja seperti Amazon, Lazada dan masih banyak lagi. Nih beberapa 11 program afiliasi terbaik dan terpopuler di kalangan para blogger.

Selain program afiliasi, mendapatkan uang dari blog juga bisa kita lakukan dengan mendaftarkan blog ke Google Adsense. Daftar Google adsense memang menjadi selah satu kata kunci yang sering kali dilakukan para blogger. Alasannya sederhana, ya karena program afiliasi dari Google ini sangat digandrungi oleh banyak blogger. Ingin mencoba? Silakan saja daftar Google Adsense.

Namun untuk mendaftar sebagai publisher Google Adsense, tentu banyak prasyarat yang harus dipenuhi. Misalkan saja faktor umur blog/ situs, kapatuhan akan artikel yang kita buat dan masih banyak lagi. Lebih lengkapnya silakan simak pertanyaan terpopuler seputar Google Adsense.

Hal lain dari blog untuk mendapatkan uang adalah dengan cara menjual jasa keahlian. Dari jasa yang sobat berikan inilah uang sebagai wujud imbalan. Misalkan saja menjadi seorang desainer template. Sobat bisa menawarkan untuk membuatkan sebuah blog, sesuai dengan tingkatannya. Sebut saja jasa memasangkan sebuah template sampai mengaturkan menu navigasi, tata letak dan sebaginya. Sehingga sang pemesan tinggal fokus menulis artikel saja.
Bagi sobat yang menginginkan jasa pembuatan blog SEO berkualitas, silakan hubungi kami njeh. Atau silakan hubungi forumbloggerindo@gmail.com. Kami siap memberikan pelayanan dalam proses pembuatan blog dengan template yang kami siapkan, atau sobat sendiri yang memberikannya pada kami.
Itulah salah satu jasa yang bisa sobat lakukan. Dan hal itu sudah masuk pada jual produk sendiri.

Kesimpulan

Dari awal hingga akhir, ternyata menjalani sebuah aktifitas ngeblog memang mempunyai banyak sekali manfaat. Tidak sekedar melepaskan penat dan sekedar nulis, namun ngeblog itu menyenangkan, selain dapat duit juga nambah temen.

Demikian sedikit pengalaman yang kami tuangkan ke dalam sebuah cerita di atas. Semoga dengan Panduan Blog bagi Pemula Sampai Sukses Mendapatkan Uang, bisa membantu sobat dalam mengarungi aktifitas blogging.


Jika merasa artikel ini bermanfaat dan membantu Sobat, mohon untuk disebarkan kepada rekan blogger lain njeh. Ya berharap semoga Alloh akan memudahkan langkah Sobat dalam merengkuh kesuksesan dalam dunia blogging. Semoga bermanfaat. Salam blogger. (http://www.forumblogindo.com).*
Thank you for reading the article entitled Panduan Blog bagi Pemula Sampai Sukses Mendapatkan Uang

                                    Forum Blogger Indonesia                               
    Forum Blogger Indonesia Updated at: 3:04:00 PM

6 komentar Panduan Blog bagi Pemula Sampai Sukses Mendapatkan Uang

  1. saya sudah transfer Mr. Mohon dicek emailnya. Karena bukti pembayaran sudah ane kirim ke email

    ReplyDelete
  2. manapgan..... mudah dimengerti artikelna.. terimakasih gan infonya..nampolllll banget untuk belajar ngeblog...
    klo bisa kasih langkah2 nya yang banyak gan daari mulai bkin blognya etc
    ditunggu

    salam blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih Mas. Insyalloh akan saya usahakan menulis secara lengkap lagi. Ditnggu lo mas..hehe

      Delete
  3. menjadi seorang pengiklan itu pokoknya paling enak dan bisa menghasilkan deh, tapi cukup sulit juga untuk bisa mendapatkan kepercayaan dari orang lain

    ReplyDelete
  4. Thank for your info min
    Sangat membantu buat pemula seperti ane

    ReplyDelete
  5. Ka, punya LINE? Kalau punya gabung yuk di Line Square Forum Blogger ID. Nih linknya https://line.me/ti/g2/EJQYR1P3VF
    Kali aja bisa saling sharing ilmu...

    ReplyDelete

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di forum ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger