3 Elemen SEO Utama dalam sebuah Blog

3 Elemen SEO Utama dalam sebuah Blog - Panduan SEO Blog
3 Elemen SEO Utama  dalam sebuah Blog - Panduan SEO Blog
3 Elemen SEO Utama dalam Blog - Pada dasarnya untuk bisa masuk pada rangking pertama Google atau mesin pencari bukanlah suatu hal yang teramat sulit. Tentu ada sebuah prasyarat yang meti kita lakukan, yakni kefahaman dalam melakukan optimasi SEO terhadap blog atau website yang dikelola.

Berbagai trik dan tips SEO killer pasti sudah Sobat lakukan. Dengan barbagai materi yang Sobat dapatkan baik secara "premium" alias beli maupun gratisan seperti di situs ini, saya yakin sedikit banyak akan bisa membuahkan hasil manakala bisa dilakukan secara seksama, telaten dan tekun.

Untuk itulah, dalam diskusi kita kali ini akan sedikit saya rangkumkan secara sistematis tentang 3 elemen utama dalam SEO sebuah blog. Tiga elemen utama SEO dalam sebuah blog ini akan membawa peranan penting bagi kemajuan serta peroleh trafik sesuah situs di halaman pertama Google.

3 Elemen SEO Utama dalam sebuah Blog

Untuk lebih mempermudah ringkasan kali ini, langsung saja kita pelajari ketiga elemen kunci dalam SEO blog tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Keyword (Kata Kunci)
  2. Blog yang SEO Friendly
  3. Membangun Backlink
Ketiga elemen di atas sangat berpengaruh sekali terhadap kemajuan trafik blog kita di mesin pencari. Tidak hanya sekedar sebuah kata isapan jempol belaka, namun jika sobat perhatikan pasti dari berbagai keterangan para master blogger "minimal" tiga hal di atas akan menjadi kunci utama.

Keyword (Kata Kunci)

Banyak sekali yang belum menyadari secara seksama tentang hal ini. Ya walaupun jujur untuk saya sendiri juga kurang begitu maksimal dalam menerapkan cara riset kata kunci dalam menulis sebuah artikel. Namun begitu, ya tidak semuanya saya tinggalkan metode ini. Memang dalam setiap artikel terkadang hanya sebagai pelepas waktu luang dengan berusaha menerapkan teknik optimasi SEO untuk artikel.

Ada kalanya juga memang sengaja menyempatkan melakukan riset keyword guna mentarget artikel tersebut. Sebut saja misalkan artikel saya yang berjudul rahasia sukses Eka Lesmana mengelola Google Adsense. Sedangkan contoh artikel tanpa riset kata kunci misalkan template SEO killer terbaru 2016. Artikel ini memang tidak terlalu saya optimasi SEO nya, namun pada kenyataannya masih bisa nembus pada halaman pertama Google sejak saya publish. Hal ini terkait 

Untuk lebih memahami metode penentuan kata kunci yang bagus menurut Google, silakan baca cara kerja Google dalam melakukan peringkat situs.

Blog yang SEO Friendly

Penjelasan sederhana dari maksud SEO friendly adalah sebuah blog yang sudah dilakukan optimasi tertentu yang mengakibatkan blog tersebut mudah diindex, dibaca, ditemukan dan ditampilan pada mesin pencari. Selain faktor optimasi dasar SEO blog yang harus dilakukan, faktor SEO friendly juga terkait kemudahan, kenyamanan pengguna blog Sobat. Aspek penting itu jika disederhanakan menjadi beberapa komponen, seperti:
  • SEO Onpage
  • SEO off page
Kedua komponen SEO di atas sangat berpengaruh terhadap SEO friendly-nya sebuah blog ataupun website. Dengan berbagai aspek di dalamnya, sobat akan bisa memiliki modal yang cukup besar untuk bisa tampil di halaman pertama Google.

Komponen utama dari kedua SEO di atas dapat dikelola dengan menerapkan langkah berikut ini:
  • Blog responsive design
  • Blog fast loading
  • Penempatan kata kunci (keyword) yg tepat
  • Artikel yang berkualitas
  • Memperbanyak promosi yang berimbas pada meningkatnya pengunjung
  • Memberikan eksternal link pada situs lain yang relavan dengan artikel yang kita bahas (outbound link)
Untuk lebih jelasnya silakan baca panduan 8 teknik SEO friendly blog secara lengkap dengan videonya.

Membangun Backlink

Benarkah Google tidak memerlukan backlink dalam memeringkat sebuah situs? Artikel tersebut akan memberikan gambaran secara gamblang pada sobat.

Namun yang ingin saya tandaskan di sini, backlink lebih bersifat tersetruktur, alami dan memang diperoleh dengan cara yang benar. Tidak seperi rekan-rekan blogger lain yang "mohon maaf" hanya menggunakan cara instan dengan bantuan software atau apalah itu, yang tujuannya ingin memperoleh backlink dengan sangat banyak namun tanpa melihat kualitasnya.

Jika hal itu yang terjadi, maka segeralah menggunakan cara sederhana namun sangat efektif. Misalkan saja melalui blogwalking dengan situs yang memiliki popularitas dan track record yang bagus. Istilah sederhananya trafik situs yang sobat kunjungi memang sudah bagus.

Cara elegan lainnya dengan meminta pengelola situs dengan popularitas bagus tersebut untuk menyematkan alamat url kita di situsnya. Cara ini walaupun kelihatannya sulit, namun bisa saja dilakukan. 
Misalkan saja kita menawarkan diri untuk pasang iklan di situs yang memang sudah populer. Dengan hanya mengeluarkan uang yang tak seberapa, namun kita akan mendapatkan manfaat yang luar biasa bagus untuk kemajuan trafik pengunjung. Selain dapat dikenal oleh pembaca yang banyak, kita juga otomatis memperoleh backlink berkualitas yang natural.
Ada pula cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk memperoleh backlink yang bagus. Hal ini berdasarkan kebiasaan saya untuk mendapatkan backlink seperti dari contoh di atas melalui beberapa situs website besar, di antaranya:
  • Media social (Facebook, Twitter, Google + dll)
  • Social bookmarking (Diigo.com, Stumbleupon.com, Folkd.com dll)
  • Forum (Kompasiana, Bersosial.com, Forum.detik.com, Pengusaha.co dll)
  • Blog zombie
Dari beberapa backlink tersebut sedikit banyak masih bisa berpengaruh terhadap kemajuan perkembangan blog sobat di mesin pencari.
Yang tak kalah penting dari makna mencari backlink adalah dengan melakukan promosi, baik secara offline ataupun online.
Makna promosi tersebut sebenarnya sudah masuk pada interaksi aktif sobat melalui blogwalking, diskusi di dalam forum dll. Pada intinya selalu memberikan pengenalan terhadap brand di dalam blog kita untuk lebih bermanfaat dan membantu.

Jika sudah demikian, sudah bisa dijamin blog sobat akan bisa berada pada halaman pertama Google. Dan itu bermakna, bahwa blog sobat sudah benar-benar dibutuhkan orang banyak atas segala informasi di dalamnya. Itulah sebenarnya makna hakekat cara kerja Google dalam memeringkat sebuah situs.

Demikian sekelumit informasi mengenai 3 Elemen SEO Utama dalam sebuah Blog - Panduan SEO Blog. Semoga bermanfaat.

Baca juga kenapa harus SEO, tidak yang lain?

Good luck and happy blogging.

6 Responses to "3 Elemen SEO Utama dalam sebuah Blog"

  1. Sangat bermanfaat sekali kunjungan saya kali ini ke blog Anda, makasih banyak ya gan? :)

    ReplyDelete
  2. Manfaat bget gan kbetulan baru buat blog ne butuh di cas biar bersinar hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kalau memang bermanfaat..Salam sukses selalu mas

      Delete
  3. Kekurangan saya di masalah backlink nya, saya tidak terlalu sering backlink di blog orang lain hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. blogwalking yang tepat bisa menambah ilmu kita.namun menanamkan link aktif atau menyertakan link off tidak disukai para pengelola blog..so, bijak dalam blog walking, ehhe

      Delete

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di forum ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger