Home » , , , , , , » Cara Membuat Blog Berkualitas SEO Ala SL Blogger

Cara Membuat Blog Berkualitas SEO Ala SL Blogger

Cara Mudah Membuat Blog Berkualitas SEO Ala SL Blogger - Tips SEO Killer


Cara Membuat Blog Bekualitas SEO Ala SL Blogger
Sudah seharusnya bagi para blogger untuk memaksimalkan blog yang dibuat untuk lebih berkualitas. 

Berbicara blog berkualitas, tentu tidak sepenuhnya bisa menyamakan persepsi di antara para blogger yang satu dengan blogger lain. 

Tentu mereka mempunyai standar berbeda-beda. Karena memang setiap blogger menggunakan jenis "acuan" atau "patokan" yang berbeda dalam memberikan penilaian blog berkualitas.


Ada orang yang mengatakan "oh blog Mas itu keren banget"; ada juga "wah sangat berkualitas banget blog Mas" dan masih banyak lagi. Dari standar berbeda itulah, saya tidak bisa memberikan justifikasi seutuhnya mengenai penilaian blog berkualitas.

Berawal dari paradigma itulah, muncul banyak sekali "tools" blogger yang bisa digunakan untuk menentukan tingkat penilaian sebuah blog berkualitas. Sebut saja misalkan GTmetrix. Tools ini digunakan para blogger untuk mencari tahu seberapa cepat loading sebuah blog ketika dibuka. Semakin cepat, semakin bagus begitu pula sebaliknya.

Gambaran salah contoh di atas memberikan ruang bagi kita untuk "menilik" sebuah blog dengan penilaian bagus dan tidak.

Cara Membuat Blog Berkualitas SEO Ala SL Blogger

Secara sederhana, patokan SL Blogger dalam menilai sebuah blog berkualitas atau tidak adalah dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini:
  1. Kualitas desain
  2. Kualitas konten
Kedua faktor tersebut bagi Saya menjadi penentu bagus tidaknya sebuah blog. (Mohon maaf, saya mengatakan blog karena lebih familiar kepada pembaca situs ini. Namun pada dasarnya artikel ini teruntuk pula bagi website).

Faktor kualitas desain blog (bisa juga website.red) menjadi hal penting bagi Saya. Walaupun jika dirunut secara konteks "bahasa" juga terasa ambigu dan rancu, sulit menentukan pathokan utama dan memang belum ada standar penilaian blog berkualitas bagus jika melihat desain template yang digunakan.

Hal ini saya kira wajar. Sobat akan banyak yang mengatakan "wah blog itu menggunakan template yang terlalu lebay, wah sangat mencolok sekali, wah tulisannya kurang besar, wah model fontnya banyak gaya dll. Semua pendapat tersebut saya kira wajar saja. Ya karena saat ini sudah buanyak sekali beredar template blog yang gratis dengan berbagai macam fitur. 

Tengok saja misalkan ada istilah template SEO killer terbaru. Template terbaik dan terpopuler tahun 2017 ini. Dan saya kira masih banyak banget kategori template gratis maupun premium yang menawarkan berbagai keunggulan dan fitur.

Namun begitu, jika kita mau belajar lebih tentang sebuah template, akan kita temui istilah "SEO" dalam sebuah template. SEO template tersebut menjadi titik terang bagi kita untuk mulai fokus pada standar para blogger saat ini. 
Dengan ketentuan itulah, bagi saya desain template yang berkualitas adalah SEO.
Lalu bagaimana cara kita menentukan sebuah template itu SEO atau tidak?

Menurut hemat saya, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan mengenai ciri-ciri template SEO, diantaranya:
  1. Ramah terhadap search engine (mesin pencari)
  2. Responsive design atau mobile friendly (desain responsive dan mendukung perangkat mobile)
  3. Fast loading page load time (cepat saat dibuka dan tidak lemot alias lelet)
  4. Menggunakan font yang jelas dan nyaman dibaca
  5. Tidak terlalu mencolok dan nyaman di mata
  6. Struktur datanya valid html (ada juga yang berpendapat berbeda soal ini)
  7. dll

Ramah seacrh engine (mesin pencari)

Berbicara tentang blog yang bisa ramah seacrh engine (mesin pencari) memang sedikit agak sulit bagi saya untuk menjelaskan secara "apik" di forum ini. Ya karena memang memerlukan banyak waktu dan perbendaharaan istilah dunia blogger.

Untuk itu, saya coba membahas hal ini dengan sedikit lebih serius, hehe.

Secara sederhana, yang dinamakan blog ramah terhadap mesin pencari adalah sebuah blog yang ketika dicari beberapa kata kunci, judul artikel atau apapun yang berkenaan dengan blog tersebut akan dengan mudah ditemukan di seacrh engine.

Lha memang apakah ada blog yang sulit ditemukan di mbah Google, misalkan?
Jawabnya "ada".

Beberapa hari yang lalu, salah satu pelanggan mengeluh pada saya terkait artikel yang ia buat kok gak nongol-nongol di mesin pencari khususnya Google?
Dalam hati saya berfikir, blog yang mas buat kan baru sehari dan hanya berisi 6 artikel.
Adakah yang salah dengan orang tersebut?

Tidak sama sekali. Ketika saya telusuri, ternyata Beliau belum menerapkan teknik SEO untuk meningkatkan trafik di search engine. Dan ketika sudah saya arahkan, hasilnya cukup memuaskan. Dengan hanya bermodal 6 artikel dan hanya 2 hari namun sudah mendapatkan value alexa yang bagus.

Responsive Design and Mobile Friendly

Untuk masalah ini, sudah berulang kali kita diskusikan. Bahwa sebuah blog yang bagus akan selalu mengikuti perkembangan Algoritma Google. Dengan mengikuti segala bentuk ketentuan Algortima Google, bisa dipastikan blog sobat akan terus eksis dan berkmbang dengan baik.

Fast Loading Page Load Time

Sudah menjadi "kemareman" tersendiri buat para pembaca jika bisa menemukan sebuah blog yang cepat saat dibuka, ringan dan fast loading tidak lelet alias lemot. 
Bisa dibayangkan jika Sobat sendiri lagi sibuk dan ingin mencari informasi dari sebuah situs, namun pada kenyataannya malah berhadapan dengan blog yang lemot? Gak bisa dibayangkan perasaan Sobat
Bete, kesel dan pasti akan berpindah ke penyedian informasi dari blog lain.
Jika hal itu terjadi pada blog kita, maka sangat merugikan kita. Lebih "mengenaskan" lagi, sudah capek menulis artikel puanjang dan runtut serta berbobot, namun gak dibaca orang gara-gara loading blog kita lelet. Nagis dah, hehe.

Dengan begitu, maka tidak ada saran lain kecuali sobat melakukan beberapa hal di bawah ini jika saat ini masih mempunyai blog yang lelet, di antaranya:
Saran kedua tersebut akan lebih efektif jika sobat mencari dua fitur sekaligis, yakni sebuah template yang responsive dan fast loading. Jadi tidak perlu memikirkan "problem" tersebut. Salah satu tools yang bisa Sobat gunakan untuk menguji kecepatan loading blog adalah GTMetix. Dengan alat ngeblog tersebut, Sobat akan lebih faham seberapa jauh kecepatan loading blognya.

Tidak menyolok dan Nyaman di Mata

Untuk tips desain kali ini mungkin acuan saya dengan rekan-rekan juga berbeda. Namun secara sederhana, maksud saya adalah ketika sebuah desain blog dengan memperhatikan pola pandangan mata pengguna. 
Sangat tidak nyaman buat saya ketika membaca tulisan artikel ini semua berwarna merah.
Inilah sebenarnya yang sering kali disampaikan para blogger dengan istilsh "unik" dan khas, yakni blog yang "user friendly". Makna user friendly buatkau adalah sangat ramah pengguna (pembaca). Kira0kira seperti itu pemahaman saya.

Valid Html

Sobat bisa menggunakan tools valid html. Dengan tools tersebut, sobat bisa mengecek secara langsung adakah masalah (error) dengan blog yang sobat gunakan. Faktor ini lebih pada template. Artinya, jika memang masih terdapat error, maka bisa dipastikan template blog Sobat yang perlu dibenahi.

Saya kira itulah beberapa ciri sebuah blog SEO atau tidak.

Lalu bagaimana dengan skor SEO 100 % versi chkme yang sering dikemukakan oleh para blogger? Buat saya, skor SEO tersebut tidak bisa dijadikan patokan utama. Kenapa demikian? Karena saya mencoba menerapkan dengan sepenuhnya saran tersebut dan pada kenyataannya juga bagus hasilnya. Khsusunya ketika melihat visitor tertarget pengunjung. Misalkan saja situs ini (sebelum saya rubah total SEO di dalamnya banyak sekali pengunjung dari Brazil). 

Dengan melihat faktor lain misalnya. Ketika saya membuat skor SEO 100% salah satu template SEO killer SL Fastest SEO.
Dari situlah saya sadar, diperkuat juga oleh salah satu senior blogger sekaligus Master Desain template Indonesia yakni Mas Sugeng yang mengatakan bahwa Skor SEO versi Chkme tidak bisa dijadikan patokan utama.
Silakan baca keterangan lengkapnya artikel saya tentang jangan terpengaruh skor SEO Chkme.

Dengan begitu, tidak selayaknya sobat risau dengan hasil skor yang kurang sempurna 100% versi chkme. Ya ini sekedar pendapat saja. Namun begitu, jika memang kita bisa membuat skor SEO 100% juga gak jadi masalah kok, tetep menjadi bahan penyemangat untuk terus berkarya.


Beberapa tips desain di atas dapat disumpulkan dengan hanya menggunakan sebuah template yang memang memenuhi kriteria tersebut. Lebih jelsanya silakan pelajari lebih lanjut cara memilih template blog yang baik dan benar.

Lalu bagaimana dengan kualitas konten?

Setelah sobat berupaya semaksimal mungin untuk membuat desain blog dengan beberapa kriteria di atas, selanjutnya adalah fokus dengan tulisan. Camkan kata-kata saya berikut ini:
Tidak akan mungkin bisa eksis dan berkembang dengan baik jika sobat mempunyai artikel yang tidak bisa berkualitas (bermanfaat dan enak cibaca).
Tanpa kedua hal tersebut, akan sulit sekali bagi blog sobat bisa mendapatkan kepercayaan publik terhadap segala informasi di dalamnya. Jika sudah begitu, mau sebagus apapun desain blog yang sobat miliki tidak akan berguna apa-apa.

Lalu apakah saran ini juga berlaku untuk blog bertema wallpaper dan fotografi?

Saya kira sama-sama. Pemahaman konteks tips di atas adalah bersifat umum, yakni pada kualitas konten. Jika blog  dengan konten berupa gambar (images) maka sudah selayaknya berisi gambar yang berkualitas pula.

Saya kira sekian dulu tips SEO killer kali ini. Semoga dengan memperhatikan dan mencoaba menerapkan Cara Membuat Blog Bekualitas SEO Ala SL Blogger ini bisa membuat blog Sobat semakin memberikan kemanfaatan.

Dan jangan lupa untuk menyebarkan (shared) informasi ini jika dirasa bisa membatu sesama blogger lain di Indonesia khususnya.
Good luck and happy blogging. Salam blogger.
(http://www.forumblogindo.com).*
Thank you for reading the article entitled Cara Membuat Blog Berkualitas SEO Ala SL Blogger

loading...
                                    Forum Blogger Indonesia                               
    Forum Blogger Indonesia Updated at: 2:44:00 PM

0 komentar Cara Membuat Blog Berkualitas SEO Ala SL Blogger

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di forum ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger