Kamus Blogger dari A sampai Z - Daftar Istilah Dunia Blogger

Kamus Blogger dari A sampai Z - Daftar Istilah Dunia Blogger
Kamus Blogger dari A sampai Z - Daftar Istilah Dunia Blogger
Glosarium Dunia Blogger A sampai Z - Artikel ini sebenarnya hanya sebuah ide yang keluar saat rebahan menunggu waktu Magrib kemarin. Namun setelah Ane pikir-pikir, mungkin kamus blogger dari A sampai Z memang perlu kita sampaikan pada rekan-rekan blogger semua.

Walau agak ragu untuk menyampaikannya, namun saya beranikan diri untuk menulis artikel ini. Keraguan ini muncul kala menilai bahwa pembaca blog ini kebanyakan adalah para blogger yang memang sudah senior. Jadi takutnya ada salah makna dan arti nantinya.

Namun begitu, saya menganggap Forum Blogger Indonesia ini akan lebih menarik dan memunculkan minat baca dan belajara pada rekan-rekan semua yang baru saja akan memulai membuat blog. Tentu saja dengan pencapaian yang tinggi, yakni ingin sukses dari ngeblog.

Daftar kamus blogger A sampai Z ini memang tidak hanya terkhusus bagi para penggemar blog berplatfrom blogspot saja, namun bisa juga digunakan blogger yang menggunakan wordpress. Dengan begitu, keleluasaan memaknai dan memberikan tafsiran di sini nantinya agak bersifat khusus maupun umum.

Kamus Blogger dari A sampai Z - Daftar Istilah Dunia Blogger

Daftar glosarium dunia blogger A sampai Z ini saya susun berdasarkan informasi yang saya peroleh selama belajar ngeblog. Dengan begitu, mungkin saja nanti ada beberapa makna yang sekiranya "kurang tepat" mohon kepada pembaca rekan-rekan semua untuk bisa memberikan masukan guna perbaikan.

Lebih jelasnya, berikut daftar kamu blogger lengkap dari A sampai Z:

Adsense [Google Adsense]
Merupakan seubah program kerjasama antara seseorang dengan pihak Google untuk bisa menayangkan iklan tertentu dari pihak pertama dan akan mendapatkan komisi bayaran dengan metode CPC. Keterangan lebih lanjut.

Admin [blog]
Seseorang yang mengelola sebuah blog, baik berplatform blogspot, wordpress atau lainnya. Lebih umum disebut sabagai seorang blogger. Keterangan lebih lanjut.

Afiliasi/ Affiliated
Pertalian sebagai anggota atau cabang; perhubungan: beberapa universitas di negeri ini mempunyai -- dengan universitas atau perguruan tinggi di luar negeri; 2 bentuk kerja sama antara dua lembaga pendidikan, biasanya yang satu lebih besar daripada yang lain, tetapi masing-masing berdiri sendiri; bantuan yang diberikan oleh lembaga yang lebih besar dalam bentuk personel, peralatan, atau fasilitas pendidikan;

berafiliasi/ber·a·fi·li·a·si/ v mempunyai pertalian dan berhubungan sebagai anggota atau cabang: organisasi pemuda itu sama sekali tidak ~ dengan partai politik itu.

Dalam dunia blogger lebih dikenal sebagai bentuk kerjasama yang saling menguntungkan dengan perjanjian tertentu.

Algortima
Bahasa pemrograman. Biasa digunakan dalam bahasa penalaran untuk membuat sebuah program tertentu. Hubungannya dengan Blogger adalah sebuah metode, cara pikir dalam sebuah proses terbentuknya sebuah blog, website atau situs.

Alexa [rank]
Sebuah tools/ alat yang banyak digunakan para blogger untuk mencari informasi tentang tingkat popularitas sebuah situs, website atau blog. Hal ini dilihat dari besarnya skor yang diperoleh, bisa memuat trafic rank, bounce rate, daily pageviews per visitor, daily time on site, seacrh trafic, top keyword from Search Engine. Keterangan lebih lanjut yang berhubungan.

Approve [full approve]
Istilah yang sering digunakan para blogger untuk mengatakan bahwa pengajuan kerja sama dengan Google Adsense telah disetujui dan diterima sesuai dengan peraturan yang telah disepakati kedua belah pihak. Istilah ini sering kali menjadi sebuah harapan besar bagi para blogger. Keterangan lebih lanjut.

Artikel
1. karya tulis lengkap, misalnya laporan berita atau esai dalam majalah, surat kabar, dan sebagainya; 2 Huk bagian undang-undang atau peraturan yang berupa ketentuan; pasal; 3 Ling unsur yang dipakai untuk membatasi atau memodifikasi nomina, misalnya the dalam bahasa Inggris;

Dalam dunia blogger biasa dikatakan sebagai sebuah tulisan yang akan diposting ke dalam sebuah website, situs atau blog. Keterangan lebih lanjut.

Author
Biasa dinmakan sebagai seseorang yang mengelola sebuah website, situs atau blog.

Banned
Sebuah istilah yang berhubungan dengan program afiliasi Google Adsense. Makna dari banned sebagai sebuah pemutusan kerjasama Adsense antara pihak pertama dengan Google dikarenakan adanya pelanggaran ketentuan yang dilakukan. Hal itu sebagai akibat sanksi adanya pelanggaran tersebut. See also cara menggunakan blog pernah banned untuk Adsense.

Blogger
Seseorang yang mengelola blog, website atau situs. Keterangan lebih lanjut.

Blogspot
Sebuah platform blog. Platform blog ini diciptakan oleh Google. Keterangan lebih lanjut.

Comment
Sebuah aktivitas imbal balik yang dilakukan para Admin [author] dengan cara memberikan "komentar" terhadap artikel sebuah situs, website atau blog. Istilah lebih kerennya adalah aktivitas blogwalking.

Custom Domain
Proses peralihan alamat [pengalihan] website, situs atau blog ke alamat yang baru dengan menggunakan layanan jasa pihak kedua. Keterangan lebih lanjut.

Dashboard
Sebuah halaman muka ketika Admin [author] melakukan login pada akun blogger yang telah dibuat.

Default
Sebuah setingan awal sesuai dengan pengaturan sebelum dilakukan proses perubahan apapun.

Domain
Sebuah wilayah; daerah; ranah. Dalam dunia blogger, nama domain (bahasa Inggris: domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server (wikipedia). Keterangan lebih lanjut.

Domain Authority
Sebuah metric yang digunakan oleh salah satu perusahan SEO bernama Moz.com untuk memprediksi seberapa kuat sebuah domain dan juga halaman web bisa muncul pada hasil pencarian teratas mesin pencari.

Email
Sebuah surat elektronik atau pos elektronik yang berguna untuk sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer. Email dari Google sebagai salah satu syarat mutlak bagi seorang Admin [author] untuk bisa membuat blog melalui platform blogspot maupun wordpress.

Google
Google Inc. adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada jasa dan produk Internet. Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan. Sebagian besar labanya berasal dari AdWords.

Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin saat masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford. Mereka berdua memegang 16 persen saham perusahaan. Mereka menjadikan Google sebagai perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998. Pernyataan misinya adalah "mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang", dan slogan tidak resminya adalah "Don't be evil". Pada tahun 2006, kantor pusat Google pindah ke Mountain View, California. (Wikipedia)

Google Drive
Sebuah layanan penyimpanan data yang dimiliki oleh Google yang bisa berfungsi juga untuk melakukan sinkronisasi data dengan PC (Personal Computer).

Google Panda [dan Penguin]
Salah satu Algortima Google yang berfungsi untuk menampilkan sebuah url ke mesin pencari. Keterangan lebih lanjut.

Google Sandbox
Sebuah Algortima Google yang lebih rinci terhadap pengoptimalisasi SEO seubah website, situs atau blog. Jika salah melakukan optimasi SEO, bisa berakibat fatal terhadap website, situs atau blog yang Anda kelola. Keterangan lebih lanjut.

Google +
Sebuah alat Google yang berfungsi sebagai website jejaring sosial serta memuat informasi profil, circles, foto, acara, hangout, laman, community, lokal, status dan berbagi (sharing) dan mudah terlihat di Google search.

Histast
Sebuah alat yang digunakan para blogger untuk mengetahui secara rinci perkembangan website, situs atau blog dengan memperhatikan trafik dari hasil analisa statistik. Biasanya para blogger menggunakan tools histast.com.

Home Pages
Halaman muka pada bagian depan website, situs atau blog.

Hosting
Jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS. Bagi sobat yang ingin mengelola blog dengan custom domain dan denga menggunakan hosting tentu harus bekerjasama dengan pihak penyedia layanan jasa tersebut [wikipedia].

Html
Hyper Text Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa [kode] yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi [wikipedia].

Hyperlink [link]
Sebuah metode yang digunakan untuk menghubungkan [menautkan] antara bagian halaman satu dengan lainnya. Biasa pula disebut dengan [link].

Ikhtisar
Sebuah halaman muka dalam dashboard blog, website atau situs yang berisi secara menyeluruh [kesimpulan] dari halaman yang telah dikelola tersebut.

Iklan
Sebuah media bisa berbentuk gambar, video maupun teks yang dipasang pada sebuah halaman website, situs atau blog dengan tujuan untuk meningkatkan trafik, hasil penjualan maupun tingkat popularitas. Selain hal itu, pasang iklan pada sebuah website, situs atau blog dengan kualitas bagus dapat meningkatkan kualitas website, situs atau blog pemasang tersebut. Hal ini dikarenakan selain adanya pengunjung yang bagus pada penyedia layanan iklan, si pemasang juga akan mendapatkan backlink berkualitas secara otomastis.

Index
Sebuah metode yang dilakukan Google (mesin pencari) untuk menentukan sebuah website, situs atau blog tersebut ditayangkan di mesin pencari (search engine). Indexing merupakan salah satu metode yang diterapkan Google (search engine) selain dari Crawling. Keterangan lebih lanjut.

Internet Marketing
Sebuah istilah yang sering dijadikan sebuah brand bagi seseorang yang menggeluti dunia online. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media elektronik atau Internet.

Komentar [comment]
Sebuah aktivitas imbal balik yang dilakukan para Admin [author] dengan cara memberikan "komentar" terhadap artikel sebuah situs, website atau blog. Istilah lebih kerennya adalah aktivitas blogwalking.

Layout [tata letak]
Merupakan salah satu halaman muka dalam dashboard blog, website atau situs yang berisi secara menyeluruh dari setaip bagian tersetruktur yang bisa dijadikan acuan deasin antar muka dari halaman yang telah dikelola tersebut.

Mobile Friendly
Istilah sebuah website, situs atau blog yang lebih fokus pada sebuah desain tampilan yang bisa dinikmati secara nyaman dengan kesesuaian ukuran yang fleksibel mengikuti ukuran layar perangkat mobile. Istilah ini berkesesuaian dengan responsive template. Keterangan lebih lanjut.

MobileGeddon
Sebuah algortima Google yang berfungsi untuk menilai sebuah website, situs atau blog tingkat responsive ataupun mobile friendly yang akan dijadikan salah satu rujukkan Google untuk menampilkan halaman website, situs atau blog tersebut ke mesin pencari (search engine). Keterangan lebih lanjut.

Pages
Sebuah halaman pada dashboard..Biasa dinamakan Laman yang digunakan untuk menampilkan halaman statis, seperti About, Contact, Disclaimer, Privacy Policy dll. Sobat bisa melihat contohnya di blog ini pada halaman statis paling atas. Keterangan lebih lanjut.

PageOne
Sebuah istilah yang menunjukkan halaman website, situs atau blog Anda bisa tamplil di halaman pertama search engine. Keterangan lebih lanjut.

Page Views
Jumlah atau banyaknya halaman website, situs atau blog yang telah dibuka oleh pembaca atau pengunjung.

Posting
Beasosiasi dengan artikel yang telah kita buat dan sudah dilakukan publish ke khalayak.

Properties
Sebuah resume [ringkasan] sebuah file yang menunjukkan ciri, ukuran atau ekstensi, baik berupa file dokumen, gambar atau video.

Reply
Sebuah aktivitas para blogger untuk melakukan balasan terhadap sebuah komentar pengunjung lainnya. Bisa dilakukan oleh sang Admin atau pengunjung itu sendiri. Hal ini ada kaitannya juga dengan aktifitas blogwalking.

Responsive Design
Sebutan bagi sebuah template website, situs atau blog dengan platform apapun yang jika dilihat dari perangkat apapun bisa menyesuaikan ukuran layar. Istilah responsive memiliki asosiasi makna dengan MobileFriendly, namun terdapat perbedaan cara pengelolaannya. Contoh template blogger yang Responsive design.

Redirect
Proses pengalihan alamat domain sebuah website, situs atau blog ke alamat domain yang baru. Hal ini bisa dilakukan dengan cara antar platform, atau karena memang melakukan proses migrasi. Misalkan saja dari blogspot ke wordpress, atau blogpot ke custom domain baru dimigrasi ke wordpress selt hosting. Hal ini biasa dilakukan karena memiliki manfaat yang banyak. Keterangan lebih lanjut.

SEO
Seacr Engine Optimizations adalah suatu teknik yang dilakukan admin untuk membuat website, situs atau blog berada pada halaman/ posisi pertama di mesin pencari (search engine). Ketrangan lebih lanjut.

Spam
Sebuah aktivitas yang dilakukan oleh para blogger dengan memasukkan sebuah link/ hyperlink pada sebuah website, situs atau blog dengan tujuan hanya untuk memperolah baklink dengan harapan halaman yang mereka kelola bisa bertrafik lebih bagus [ada peningkatan]. Aktifitas spam bisa juga dilakukan dengan menggunakan sebuah bantuan alat/ softaware secara otomatis. Keterangan lebih lanjut cara mengatasi aktifitas spam.

Spammer
Seseorang yang menjalankan aktivitas spam.

Statistik 
Sebuah data statistik pencapaian website, situs atau blog kita berupa angka-angka, seperti jumalh pengnjung, page view dll.

Template [theme]
Sebuah file yang tersusun dari bahasa pemrograman yang digunakan untuk menyusun, membuat sebuah website, situs atau blog. Istilah template lebih mudah difahami sebagai sebuah dasar rancangan yang lekat dengan istilah design halaman antar muka website, situs atau blog. Keterangan lebih lanjut [contoh].

Trafik
Sebuah pencapaian berupa angka yang bisa kita lihat dari hasil pengamatan statistik data website, situs atau blog yang kita miliki. Keterangan lebih lanjut,

TXT
Merupakan salah satu ekstensi sebuah file. Dalam aktivitas blog, file dengan ekstensi .txt ini biasanya pada file template yang bisa langsung dibuka melalui notepad.

Update
Aktivitas pembaruan admin terhadap pengelolan sebuah website, situs atau blog. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan positng artikel baru, pembetulan artikel lama, pergantian template dll.

VPS (Virtual Private Server)
Seperangkat komputer server (virtual) yang terhubung secara real time dengan jaringan internet.
Wordpress
Salah satu platform blog yang terdiri dari wordpress.com dan wordpress.org. Paltform blog ini juga populer di kalangan para blogger dengan keunggulan beserta kelemahannya. Keterangan lebih lanjut mengenai hal itu.

XML
Sama halnya dengan Txt, XML merupakan sebuah ekstensi file.

Yandex
Salah satu search engine (mesin pencari) yang populer di Rusia. Silakan lakukan cara submit website, situs atau blog ke Yandex.


NB:
  • Mohon maaf untuk sementara baru bisa memberikan ulasan dan keterangan sampai saat ini. Hal ini karena keterbatasan kondisi waktu dan beberapa kesibukan lain yang menyebabkan tulisan ini belum rampung sepenuhnya.
  • Penjelasan dari istilah di atas saya peroleh dari kamus bahasa Indonesia, wikipedia dan pemahaman dari Ane sendiri.
  • Jika memang terdapat kesalah arti, makna dan penafsiran mohon kepada rekan-rekan untuk bisa memberikan pembenarannya njeh, agar Kamus Blogger dari A sampai Z - Daftar Istilah Dunia Blogger bisa lebih baik lagi
  • Jika merasa artikel ini bisa bermanfaat, silakan shared kepada sahabat blogger di manapun berada.
Untuk daftar kata dan penjelasan rincinya akan selalu diperbaharui sesuai dengan perkembangan waktu.

Demikian sekelumit catatan, dokumentasi dan beberapa istilah, glosarium, index yang termuat dalam sebuah artikel dengan judul Kamus Blogger dari A sampai Z - Daftar Istilah Dunia Blogger. Semoga bermanfaat.

Salam blogger.
(http://www.forumblogindo.com/).*

10 Responses to "Kamus Blogger dari A sampai Z - Daftar Istilah Dunia Blogger"

  1. Informasi yang sangat keren kang ...

    ReplyDelete
  2. Blogger harus tahu ini nih, nggak cuma bahasa tapi juga harus istilah, terlebih untuk blogger pemula, biasanya para blogger juga sering mengucapkan singkatan, seperti backlink jadi BL, Google AdSense jadi GA, dan lain sebagainya.
    Thank info nya gan, salam kenal :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya begitulah maksud saya mas..semoga bermanfaat..salam kenal juga

      Delete
  3. sangat bermanfaat, thanks atas infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas...semoga bermanfaat, aamiin

      Delete
  4. Terima kasih infonya mas sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  5. Bermanfaat banget mas. Dan cocok banget infonya bagi newbie seperti sayang 😁

    ReplyDelete

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di forum ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger