4 Cara Ampuh Menaikkan Pendapatan Google Adsense Ala Mas Sugeng

4 Cara Ampuh Menaikkan Pendapatan Google Adsense Ala Mas Sugeng
4 Cara Ampuh Menaikkan Pendapatan Google Adsense Ala Mas Sugeng
Menggeluti usaha menjadi publisher Google Adsense memang tidak bisa dikatakan mudah. Kenapa saya bilang seperti itu, karena untuk menjadi publisher Google Adsense harus melewati tahapan, yang sekarang lebih dikenal sebagai review pertama dan kedua.

Kedua tahapan review sebelum secara full Approve Google Adsense memang menjadi hal "wajib" untuk saat ini, berbeda beberapa tahun yang lalu. Dengan adanya kebijakan itu, maka tidak bisa dikatakan mudah dan gampang menjadi seorang publisher Adsense.

Artikel terkait: Ciri-Ciri Blog Full Approve Google Adsense Terbaru 2016

Namun begitu, jika sobat aktif dan ikut "nimbrung" di Group Google Adsense Indonesia, atau ads.id, akan ada beberapa rekan blogger yang menyampaikan berbagai pengalaman mudah untuk diterima menjadi publisher Adsense.

Semuanya memang mempunyai cerita dan pengalaman berbeda. Namun begitu, jika saya amati dan rangkum, kesimpulannya adalah sebagai berikut:
Menjadi publisher Google Adsense susah gampang. Hanya ikhtiar dan do'a yang kuat yang akan menjadi jalan dan keberkahan rizki Sobat.
Sebenarnya di dalam artikel ini sudah saya tuliskan pula beberapa trik khusus untuk bisa memaksimalkan pendapatan, dan tentu tidak lupa juga bagi yang belum diterima Google Adsense. Secara sistematis berikut langkahnya:
Tiga artikel tersebut bisa menjadi bahan belajar sebelum terjun langsung di dunia Google Adsense. Hal ini untuk lebih memahami dan mengerti lebih lanjut tentang Adsense.

4 Cara Ampuh Menaikkan Pendapatan Google Adsense Ala Mas Sugeng

Jika sobat sudah mengerti dan memahi beberapa petunjuk di atas, tentu tinggal melakukan pendaftaran dan harapannya bisa diterima full approve. Ketika sudah dalam tahap diterima secara resmi oleh pihak Google Adsense melalui surat yang dikirim melalui e-mail, sobat tinggal memasang iklan Adsense.

Apakah setelah memasang iklan di blog lantas bisa langsung mendapatkan "dolar" yang banyak mengalir dan masuk ke rekening sobat?

Anggapan tersebut salah besar. Ingat, Google Adsense merupakan media penyaluran iklan oleh pihak pertama dan kita selaku publisher menjadi pihak ketiga. Dan komisis yang kita terima sesuai aturan yang diberlakukan oleh pihak Google Adsense. Metode pembayarannya sederhana, yakni banyaknya click klik terhadap iklan tersebut.

Lalu muncul pertanyaan lagi, "apakah dengan jumlah klik banyak bisa mendapatkan komisi yang besar pula?"

Tentu pertanyaan tersebut relatif pula. Namun secara hitungan, hal itu akan menambah jumlah pendapatan, jika memang visitor blog sobat unique dan natural. Akan sangat berbahaya jika sobat sendiri secara langsung melakukan klik iklan adsesen yang dimiliki. Bisa dibanned karena hal itu menyalahi aturan.
Jika dipersingkat alur cerita di atas, bisa disimpulkan bahwa, walaupun sudah mendapatkan akun GA, namun kenyataannya tidak akan maksimal apabila hanya mengandalkan pasang iklan tanpa melakukan riset dan belajar cara menaikkan pendapatan Google Adsense.
Untuk itu, artikel ini saya tulis agar sobat bisa memaksimalkan akun Adsense yang telah dimiliki, guna mendapatkan pendapatan yang lebeih baik (peningkatan) dari waktu ke waktu. Berikut selengkapnya:

1. Targetkan Pengunjung Luar Negeri (Manca Negara)

Kenapa hal ini penting? Jika sobat mengerti, faktanya untuk nilai value komisi dari klik lokal (CPC - Cost Per Click) rata-rata masih rendah. Jika dibandingkan dengan target pengunjung luar negeri, selisihnya berkali-kali lipat, bahkan mungkin bisa 100X nya.

Perlu difahami pula. Bahwa target pengunjung luar negeri tidak hanya dilakukan dengan blog berbahasa asing saja, namun memang secara khusus melakukan setting deafult seperti itu. Walaupun begitu, blog berbasa Indonesia bisa juga banyak dikunjungi dari luar negeri. Contohnya saja blog ini. Sekitar 15% - 16% pengunjungnya dari Brazil.

Apakah sudah cukupe seperti itu? Mari kita simak cara selanjutnya.

2. Pilih Topik (niche) blog dengan Nilai CPC Tinggi

Langkah ini untuk memaksimalkan langkah pertama. Karena tidak semua negara asing mempunyai nilai CPC tinggi. Dengan target klik dari negara dengan yang nilai CPCnya tinggi, sobat akan berkesempatan mendapatkan pendapatan lebih besar.

Berikut ini list, daftar dan info terkait 97 Negara dengan CPC Tertinggi Google Adsense

Sobat bisa memaksimalkannya menggunakan daftar tersebut.

Lalu topik blog apa saja yang mempunyai nilai CPC tinggi?

Berikut beberapa daftar blog dengan niche topik CPC tinggi:
  • Health - blog tentang Kesehatan, fitness, kanker, kesehatan gigi, dll.
  • Insurance - blog tentang Asuransi mobil, kesehatan, dll.
  • Computers & Internet - blog tentang Seputar komputer dan internet.
  • Banking and Finance - blog tentang Soal bank dan keuangan.
  • Legal representation - blog tentang Representasi Legal.
  • Digital Photography - blog tentang Fotografi digital, sekolah fotografi, dll.
  • Psychotherapy - blog tentang Psikoterapi, kesehatan mental.
  • dll
3. Lakukan Promosi untuk Mendapatkan Pengunjung yang Banyak

Biasanya cara ini yang terkadang sulit dan jarang dilakukan. Dengan memperbanyak pengunjung blog, misalkan saja sehari target 500 - 1000 per hari, dengan asumsi mendapatkan komisi $1 per hari dengan nilai CTR 1% juga, sobat perkiraan akan mendapatkan $10 per hari. Jika dihitung selama sebulan, paling tidak dengan jumlah minimal pengunjung per hari 1000 saja, komisinya sekitar $300. Tinggal dikalikan saja nilai jual rupiah hari ini, misalkan kisaran Rp,13.000,- saja. Sudah sekitar Rp.3.900.000,-. Besar juga kan?

Dari asumsi di atas, tentu dalam meningkatkan jumlah pengunjung blog tidak semudah melipat telapak tangan. Mungkin berikut sedikit tips untuk meningkatkan pengunjung blog sobat:
  • Tulis artikel yang unik
  • Tulis artikel yang bermanfaat
  • Lakukan promosi melalui media sosial bookmarking, atau bisa juga melalui facebook, google+, twitter dll.
  • Pasang iklan ke blog, situs orang lain dengan reputasi yang bagus (trafik dan layanan dll)
  • Pasang iklan ke Google Adword
  • dll
4. Maksimalkan Faktor Kali

Untuk mempermudah analogi dari tips ke empat, saya contohkan saja seorang penjual Es Cendol atau Siomay. Jika di daerah saya ada seorang yang jualan Siomay dengan pendapatan perhari minimal Rp.100.000,-, bisa dibayangkan selama sebulan dapat berapa juta.
Namun jika sang penjual Siomay tersebut mengembangkan usahanya dengan meminta orang lain menjual produknya dan membuat 20 tempat, maka tinggal dikalikan saja keuntungannya.
Itulah yang saya maksud dengan faktor kali.

Dalam konteks ini, maka jika sobat sudah mempunyai akun Google Adsense, maka lakukan hal yang sama, yakni memasang iklan pada blog yang CPC tinggi dengan target pengunjungl luar negeri, serta measangnya pada lebih dari satu blog alias mengelola banyak blog.
Jika asumsi pada tips ke tiga dengan jumlah pendapatan minimal $300 perbulan dengan hanya satu blog, maka bisa dikalkulasi jumlah pendapatannya jika blog yang dikelola sebanyak 10 blog. Atau bahkan lebih.
Banyak banget pula kan? Itu baru sekedar iklan dari Google Adsense, belum lagi jika blog sobat bagus, dan ditawari oleh pihak lain untuk numpang jasa pemasangan iklan, tambah lagi pendapatannya.

Kesimpulan

Memaksimalkan akun Google Adsense yang telah dimiliki menjadi hal wajib yang harus dilakukan. Hal itu mengingat susah gampangnya untuk bisa diterima menjadi publisher Google Adsense. Jika tidak bisa maksimal dalam mengelola blog Google Adsense, yang ada ya begitu-begitu saja. 

Namun yang paling penting dari cerita di atas, ada hal wajib yang harus ditanamakan dalam hati dan keyakinan kita.
Alloh Maha kaya, Maha Pengasih dan Penyayang. Semua rizki datangnya dari Alloh, dan Alloh tidak akan merubah nasib suatu kaum jika kaum tersebut tidak mau merubah nasibnya sendiri. Terus ikhtiar menjemput rizki yang sudah ditetapkan, didorong dengan do'a yang kuat, insyalloh sukses, aamiin.
Demikian sedikit informasi seputar Google Adsense, khususnya 4 Cara Ampuh Menaikkan Pendapatan Google Adsense Ala Mas Sugeng. Semoga bermanfaat, salam.

3 Responses to "4 Cara Ampuh Menaikkan Pendapatan Google Adsense Ala Mas Sugeng"

  1. very informative blog. Helps to gain knowledge about new concepts and techniques. Thanks for posting information in this blog
    SEO Training in Chennai

    ReplyDelete
  2. Excellent post!!! The strategy you have posted on this technology helped me to get into the next level and had lot of information in it.
    etl training in chennai

    ReplyDelete

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di forum ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger