Banner Header
Home » , , , » 5 Cara Mengatasi Smart Pricing untuk Meningkatkan Pendapatan Google Adsense

5 Cara Mengatasi Smart Pricing untuk Meningkatkan Pendapatan Google Adsense

Blogger Templates
5 Cara Mengatasi Smart Pricing untuk Meningkatkan Pendapatan Google Adsense
Cara Mengatasi Smart Pricing Google Adsense

Beberapa saat lalu telah saya share cara meningkatkan pendapatan Google Adsense.

Dari artikel tersebut, kita tahu bahwa salah satu penurunan pendapatan Adsense adalah menurunnya nilai CPC iklan yang diakibatkan penerapan smart pricing oleh pihak Google Adsense.

Lalu sebenarnya apa sih maksud dan bagaimana cara mengatasi smart pricing itu?

Smart pricing merupakan sebuah metode perlindungan secara otomastis yang diberikan pihak Google Adsense terhadap penyedia pembayar iklan (advertiser) untuk menghindari kerugian. Langkah yang biasa dilakukan pihah Google Adsense dengan menurunkan nilai CPC dari setiap iklan yang ditampilkan. Akibatnya, penurunan pendapatan dari Adsense menjadi sangat signifikan.

Lalu sebenarnya apa penyebab terjadinya smart pricing? 
Secara umum dan menurut kesimpulan saya, smart pricing terjadi akibatkan blog atau website yang ditempati iklan tidak berkualitas (konten yang kurang bermanfaat.
Dampak pasti dari sebuah blog/ website/ situs yang kurang berkualitas ternyata sangat besar. Secara sederhana, keberadaan situs yang tidak berkualitas tersebut akan mengakibatkan tidak relevan-nya iklan yang muncul dengan konten yang ada. Selain itu, akibat value konten yang tidak memadai membuat pengunjung cepat beralih pada situs lain. Peralihan pengunjung secara cepat ini pula yang dapat memicu nilai bounce rate blog semakin besar, dan ini kurang begitu bagus bagi pengamatan Google Adsense.

Hal lain yang mungkin saja terjadi penyebap smart pricing adalah tidak tertariknya orang yang klik iklan adsense terhadap informasi yang diberikan pihak advertiser, yang ditandai dengan tidak membeli produk yang ditawarkan, mendownload dll. Namun untuk faktor ini kemungkinan besar tidak secara signifikan bisa menyebapkan smart pricing. Sejauh pengamatan saya, faktor utama masih terhadap kualitas blog secara umum, khususnya quality content.

Baca juga: Cara membuat blog berkualitas untuk mendaftar Google Adsense

Lalu bagaimana cara mengatasi keberadaan smart pricing ? Berikut selengkapnya.

Cara Mengatasi Smart Pricing untuk Meningkatkan Pendapatan Google Adsense

Ketika Sobat sudah memahami apa itu smart pricing, tentu sedikit banyak sudah mempunyai gambaran bagaimana solusi dari permasalahan tersebut guna meningkatkan pendapatan Google Adsense.

Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa Sobat lakukan untuk meminimalisir terjadinya smart pricing terhadap blog dan situs kita:
1# Membuat Konten yang Berkualitas
2# Jangan Memasang Iklan Adsense pada Blog yang bereputasi buruk (tidak berkualitas)
3# Tempatkan Iklan Adsense pada Posisi yang Jelas
4# Tingkatkan Jumlah Pengunjung Organik (organic visitor)
5# Copot unit iklan yang telah dipasang sebelumnya
Kelima tip di atas sudah saya ringkas dalam sebuah artikel yang bisa sobat jadikan gambaran, dan tentu menurut pandangan saya dari hasil belajar dari para internet marketer serta pengalaman selaman ini. Untuk point ke lima, mungkin belum saya bahas.

Perlu diketahui, bahwa keberadaan "sanksi" smart pricing terhadap sebuah blog atau situs tidak hanya berdampak pada situs yang bersangkutan, namun secara khusus pada akun Adsense yang sobat miliki. Sehingga, untuk memperbaiki "citra" akun adsense yang selama ini sobat miliki, sudah barang tentu memulai dari tahapan di atas.
Ketika unit iklan Adsense yang kita copot hanya pada beberapa situs saja, itu tidak memberikan pengaruh apapun. Asumsinya, akibat akun adsense yang dinilai Google Adsense kurang bagus, maka berdampak pada semua situs yang kita pasangi iklan. Sehingga, alangkah baiknya untuk segera mencopot semua unit iklan Adsense pada semua blog, sembari memperbaiki semua situs yang ditargetkan untuk dipasangi ikla Adsense kembali.
Jika dirasa sudah kembali merenovasi, memperbaiki segala kekurangan sebelumnya pada blog yang dirasa kurang berkualitas, Sobat bisa segera memasang kembali unit iklan Adsense. Jangan lupa pula untuk memperhatikan laporan pendapatan iklan Adsense dan memberikan kesimpulan apakah memang sudah menunjukkan aktivitas normal kembali pada akun tersebut.

Artikel lanjutan: Ciri-ciri blog full approve Google Adsense

Demikian sekelumit cerita tentang 5 Cara Mengatasi Smart Pricing untuk Meningkatkan Pendapatan Google Adsense. Semoga bermanfaat. Salam sukses.

NB: Jika sobat mempunyai pengalaman berbeda tentang penurunan pendapatan Google Adsense, silakan tuangkan dalam kolom kmentar njeh. Agar saya prbadi dan mungkin rekan-rekan ingin belajar lebih jauh tentang Google Adsense. Terimakasih.
5 Cara Mengatasi Smart Pricing untuk Meningkatkan Pendapatan Google Adsense
Terimakasih telah membca artikel berjudul 5 Cara Mengatasi Smart Pricing untuk Meningkatkan Pendapatan Google Adsense

Blogger Templates

0 komentar 5 Cara Mengatasi Smart Pricing untuk Meningkatkan Pendapatan Google Adsense

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di forum ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger