Banner Header
Banner Header
Home » , , , » 6 Penyebab Utama Kegagalan Seorang Blogger Menjadi Sukses

6 Penyebab Utama Kegagalan Seorang Blogger Menjadi Sukses

6 Penyebab Utama Kegagalan Seorang Blogger Menjadi Sukses
Penyebab Utama Kegagalan Seorang Blogger Menjadi Sukses

Beberapa artikel yang sudah kita diskusikan, salah satunya berisi 6 rahasia sukses blog Maxmanroe. Dari artikel tersebut, kita sebagai seorang blogger akan termotovasi menjadi blogger sukses, bagaiamanapun caranya.

Jika kita amati dan teiti lebih jauh, memang di Indonesia sendiri banyak sekali blogger sukses dan meraup banyak sekali pundi-pundi uang dari aktifitas yang mereka lakukan. Tidak sekedar membuat blog dan menulis artikel, namun faktanya dari blog bisa mendatangkan uang.

Jika kita sudah tahu fakta unik seorang blogger tersebut, pastinya rasa dan kemauan kuat untuk bisa meniru kesuksesan orang lain akan muncul. Namun, apakah semua blogger bisa sukses mengikuti jejak para rekan-rekan lain tersebut?

Jawabnya sudah pasti " belum tentu".

Kenapa hal itu bisa terjadi? Adakah faktor penyebab kegagalan seorang blogger menjadi sukses? Berikut beberapa uraian singkat menurut Forum Blogger Indonesia.

Penyebab Utama Kegagalan Seorang Blogger Menjadi Sukses

1. Terlalu fokus pada uang dan memiliki niat yang salah

Bolehkan seorang blogger memimpikan mendapatakan uang yang banyak dari sebuah blog? "Boleh saja" Om, Mas Mbak. Namun, kesalahan fatal yang paling mendasar sebagai seorang blogger adalah niat yang salah dalam membuat blog. 

Niat yang salah bagaimana Om?

Niat mencari uang sejak awal, niat ingin memperoleh uang dengan gampang sejak awal, niat ingin kaya raya dari blog dll.

Secara mendasar, mungkin sekilas hal itu benar dan sah-sah saja. Namun "faktanya", jika perasaany uang-dan uang menjadi pondasi utama, malah yang terjadi sebaliknya. Budaya mengagungkan "uang" dari awal membuat perasaan hanya tersetimulan untuk menghasilkan uang, namun gagal berfikir bagaimana cara mendapatkan uang dari blog yang benar.

Kebanyak blogger tiper seperti ini akan bertahan dalam beberapa bulan saja. Jika dirasa sudah "jumawah" dengan blog yang Anda buat, maka sifat kesombongan itulah yang akan menjadi awal kehandurcan dan kegagalan dalam membuat blog yang berkualitas.

Dan itu artinya, niat yang salah akan membaca dampak yang luar biasa. Lalu bagaiamana pandangan niat ngeblog yang benar menurut SL Blogger?
Niat menyampaikan sedikit ilmu, pengetahuan, pengalaman, ide, gagasan, berbagai hal bermanfaat kepada sesama, akan menjadi awal nilai ibadah silaturrohim yang akan mendatangkan rejeki (uang, kesehatan, teman, persaudaraan dll) yang berkah.
Jika sudah demikian, nilai silaturrahim yangkita jalani, akan mendapatkan balasan yang setimpal. Semakin banyak nilai kebaikan yang kita berikan kepada sesama, maka semakin banyak pula Tuhan akan memberikan rejeki berlimpah kepada kita. Seperti yang diajarkan dalam ajaran Agama Saya, yakni Islam:
Sampaikanlah walaupun satu ayat. Dan berbuat baiklah kepada sesama, berkasih sayanglah kepada sesama makhluk, maka Alloh SWT akan menyayangi kalian.
So, membangun pondasi niat yang benar dalam menjalani aktifitas blogging, akan menjadi nilai ibadah yang tiada tara pahalanya di sisi Tuhan YME.

Artikel lanjutan: Polling - Lanjut Ngeblog Tanpa Diterima Google Adsense atau Berhenti menjadi Blogger? 

2. Membuat artikel yang susah difahami dan bertele-tele

Pada kasus kedua ini, tentu saja ada hubungannya dengan salahnya niat ngeblog. Jika sejak awal yang ada di "otak" hanya uang dan uang, maka pola berfikir kita dalam membuat sebuah artikel yang bermanfaat juga susah. Jangankan bermanfaat, membuat artikel yang bagus dan berkualitas saja pasti sulit dilakukan. Para blogger tiper tersebut akan menggunakan segala macam cara agar bisa mengejar target update artikel.

Jika sudah begitu, maka yang terjadi menjamurnya para blogger copas, dan lebih parahnya melakukan cara kurang baik, yakni membuat auto blogger agar bisa mendapatkan artikel orang lain tanpda menulis sama sekali. Jika gak bisa nulis, mending jangan jadi seorang blogger om.

So, dengan kita mempunyai niat yang benar, sudah pasti jiwa ingin belajar akan selalu muncul pada benak kita. Dan ini biasanya akan terjadi pada blogger yang baru saja terjun dalam dunia blogging. Jika mengalami masalah, mereka pasti akan bertanya dan bertanya pada blogger lain.
Setidaknya, itulah salah satu manfaat yagn terkandung dari aktifitas blog walking. Selain mendapatkan backlink dan mendapatkan pencerahan, namun juga menjalin link dengan blogger lain.
So, sudah sewajibnya seorang blogger untuk menulisa artikel yang berkualiats. Ingat pepatah para blogger senior:
Konten adalah raja. Maka, barang siapa bisa membuat konten artikel yang bagus, enak dibawa, bawaannya manfaat dan bersifat edukasi serta memberikan solusi, akan menuai banyak pembaca.
Artikel lanjutan: 5 Cara Menulis Artikel Blog Agar Disukai Pembaca dan Ramah Search Engine 

3. Tampilan blog acak-acakan dan tidak enak dilihat

Untuk point ketiga ini, mungkin setiap blogger mempunyai standar berbeda. Ada yang beranggapan blog dengan tampilan ngejreng, banyak pernak-pernik animasi, iklan di sana-sini adalah cerminan blog idaman. Namun ada juga yang berfikir sebaliknya. Blog dengan tampilan sederhana, minimalis, clean,responsive design, penataan artikel dan sidebar yang rapih adalah ciri blog yang yang baik dan disukai Google, Dan masih banyak lagi ciri khas desain blog yang sesuai idaman.
Namun, buat saya pribadi, dan hal ini disesuaikan dengan harapan mecin pencari, "faktanya' desain blog yang rapih, sejuk dilihat, menu navigasi jelas dan memudahkan (user friendly) serta tampilan responsive, fast loading menjadi ciri utama sebuah desain blog yang baik.
Hal ini memang fakta. Jika sobat sudah "pernah" mendaftarkan blognya ke Google Adsense, ketika "belum" berunutung biasanya akan ada pesan dari pihah Google. Dan salah satu alasan kenapa blog Anda belum diterima adalah keberadaan menu navigasi yang tidak jelas dan tidak memudahkan pengguna. Dan salah satu alasan lainnya adalah blog Anda tidak mempunyai artikel unik dan kurang berkualitas.

So, mulai sejak awal ketika membangun sebuah blog berkualitas, awali dengan niat yang benar dan pilihlah desain template yang responsive SEO friendly, fast loading, dan tata kelola blog yang bersih (clean), simple dan tidak banyak embel-embel widget yang kurang bermanfaat.

Banyak kok di Google. Tinggal mau cari template yang gratisan atau premium template, semua terserah Anda. Bisa saja gunakan kata kunci dalam pencarian Google: template SEO killer responsive fast loading. Nanti akan muncul banyak sekali pilihan, dan semua kembali pada pilihan Anda.

4. Salah memilih niche/ tema blog

Untuk poin ini sebenarnya buat saya tidak seratus persen. Namun, kebanyakan para blogger jika acuannya ingin membuat blog yang ramai pengunjung, maka memilih niche topik blog yang banyak disukai pembaca menjadi solusinya.

Namun, kebiasaan umum blogger pemula biasanya ketika baru terjun di dunia blogging memilih topik "tutorial blog". Apakah itu salah? Tidak juga. Buat saya, kembali pada poin kedua. Sebisa mungkin asalkan kita bisa menulis artikel yang unik, bermanfaat, maka setidaknya hal itu menjadi pondasi awal menuju kesuksesan seorang blogger.

5. Tidak konsisten ngeblog

Syarat wajib menjadi seorang blogger sukses adalah konsisten, istiqomah kalau dalam istilah agama Islam. Istiqomah atau konsisten memegan peranan penting dalam membentuk karakter sukses seorang blogger. Tengok saja Rahasia sukses Mas Eka Lesmana menghasilkan ratusan juta rupiah dari blogging. Dari cerita itu, pasti pondasinya adalah konsisten ngeblog.

Adakah ciri-ciri blogger tidak konsisten Mas?

Mungkin berikut ini beberapa ciri blogger kurang konsisten dan tidak istiqomah:
  • Suka beralih pada blog satu ke yang lain sebelum benar-benar sukses
  • Tidak memiliki idealisme dan kepercayaan diri kalau kita bisa
Kebiasaan blogger dan ini juga fatal adalah tidak mau bertahan dalam posisi yang menurut dia kurang baik. Namun ingatkan kita tentang perjuangan penemu bola lampu Thomas Alfa Edison? Beliau melakukan eksperimen sebanyak 1000 kali, dan yang 999 berujung pada kegagalan. 

Bisa dibayangkan jika pada percobaab ke 999 Thomas Alfa Edison "mutung" dan tidak mau melanjutkan percobaan ke 1000 kalinya, maka bisa dibayangkan untuk saat ini apakah kita bisa menikmati terangnya dunia ini. Dan itu hanya satu contoh saja dalam kehidupan ini.

6. Melupakan promosi blog

Langkah tepat yang seharusnya kita jalani setelah menentukan pilihan niat ngeblog yang lurus karena ibadah, memilih template yang tepat dan sudah diisi dengan artikel yang bermakna dan bermanfaat, maka tidak ada salahnya kita menyebarluaskan informasi tersebut kepada sesama.

Karena sangat disayangkan jika kita punya artikel yang sangat kaya akan manfaat, namun tidak ada orang yang membaca. Alih-alih membacanya, lebih parah tidak ada orang yang tahu tulisan kita. Maka, salah satu cara agar tulisan kita diketahui dan akan dibaca orang adalah dengan melakukan dua hal:
  • Lakukan optimasi SEO blog dengan benar agar mesin pencari bisa mendeteksi keberadaan artikel kita secara khusus, umumnya blog kita
  • Lakukan promosi secara langsung pada audien / pembaca

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk melakukan promosi kepada rekan-rekan blogger di manapun berada, diantaranya dengan melakukan hal di bawah ini:
  • Sebarluaskan artikel kita melalui media sosial, seperti facebook, twiter, forum diskusi dll
  • Gunakan media social bookmarking
  • Pasang iklan pada blog yang memang mempunyai jumlah pembaca yang banyak dan tentunya cari yang kredibel dan bisa dipercaya
Khusus langkah ketiga dalam membuat promosi ini juga menjadi salah satu saran dari Maxmanroe agar kita bisa mebuat jaringan kepada blog lain. Dan salah satu caranya adalah dengan memasang iklan pada blog yang kredibel.

Demikian sekilas cerita pribadi yang sekiranya bisa memberikan amunisi bagi kita semua untuk selalu menjadi blogger yang bermanfaat kepada sesama. Dengan dasar itulah, maka Tuhan juga akan memberikan jalan rejeki yang tidak disangka-sangka, min haisu laa yakhtasib.

Semoga dengan artikel 6 Penyebab Utama Kegagalan Seorang Blogger Menjadi Sukses semakin membuat kita semangat dan terus semangat, aamiin. Salam blogger dan salam sukses.
6 Penyebab Utama Kegagalan Seorang Blogger Menjadi Sukses
Terimakasih telah membca artikel berjudul 6 Penyebab Utama Kegagalan Seorang Blogger Menjadi Sukses

2 komentar 6 Penyebab Utama Kegagalan Seorang Blogger Menjadi Sukses

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di forum ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger