Home » , , » Bahaya Blog Walking Bagi Blog Anda

Bahaya Blog Walking Bagi Blog Anda

Attention Buat Rekan Blogger Semua yang Suka BlogWalking
Pemahaman yang salah mengenai backlink akan sangat berdampak pada reputasi dan kredibilitas sebuah blog, website atau situs apapun.

Banyak sekali anggapan bahwa dengan backlink blog kita akan langsung melejit nomor satu halaman pertama Google. Akan banyak sekali pengunjung blog kita, akhirnya trafik kita tinggi dan berimbas pada "kemungkinan" banyaknya uang dari Google Adsense yang akan kita terima.

Semua asusmsi itulah yang mungkin menjadi salah satu dasar kenapa banyak sekali orang melakukan aktifitas blog walking secara "serampangan" dengan tujuan ini dan itu dan lain-lain.

Namun, benarkah anggpan semua itu kalau backlink sangat berpengaruh terhadap kemajuan blog kita di mesin pencari?

Read also: Cara membuat artikel SEO agar halaman pertama Google

Bahaya Blog Walking Bagi Blog Anda

Dalam menerapkan optimasi SEO sebuah blog, baik dari offpage maupun onpage memang perlu adanya pemahaman yang lebih agar tidak berdampak fatal pada mode crawling/ indexing di mesin pencari.

Bahaya Blog Walking Bagi Blog Anda
Hal itu sama halnya terhadap keberadaan backlink yang akan kita peroleh yang berimbas pula pada blog yang kita miliki. Namun, kebanyakan para blogger tidak memperhatikan hal itu.

Banyak pula yang masih menerapkan metode tradisional dengan harapan mendapatkan backlink yang berkualitas bagus. Namun, mereka beranggapan salah.

Baca juga: Benarkah Google Tidak Butuh Backlink untuk Trafik Sebuah Situs?

Banyak para blogger yang kurang memahami dan mengerti bahwa Google adalah sebuah mesin pencari, search engine terbesar di dunia yang selalu melakukan update, perbaikan di segala sisi guna mendapatkan hasil maksimal. Hasilnya tentu saja ya untuk kita semua, yakni agar Google bisa semaksimal mungkin memuaskan pengunjung dengan menyajikan berbagai situs yang berkualitas, relevan dengan kata kunci dan memberikan kemanfaatan berlebih.

Baca juga: Cara Posisi Pertama Google Bagi Pemula Tanpa Backlink

Itulah sebabnya pemahaman lebih tentang backlink dan metode mendapatkannya juga harus difahami dengan baik. Jika salah, malah bisa berbahaya dan berdampak kurang bagus bagi blog Anda nantinya. Boro-boro ingin trafik tinggi, yang terjadi malah sebalilnya, dan terparah bisa banned google.

Lalu apa hubungannya antara backlink dengan blog walking Mas?

Jujur atau tidak, para blogger melakukan blog walking (istilah keren dari berkomentar pada blog tertentu) bertujuan ingin mengharapkan mendapatkan backlink. Sebegitu pentingnya anggapan backlink itulah aktifitas blog walking sangat marak di kalangan para blogger, diakui maupun tidak.
Ketika Anda sudah membaca artikel Saya yang menjelaskan penting tidaknya backlink bagi blog terhadap mesin pencari, akan menjadi pemahaman awal yang begitu penting. Pada pokok point yang ingin saya sampaikan adalah, metode mencari backlink yang serampangan dan tidak normal malah akan berdampak buruk bagi blog Anda.
Serampangan masudnya?

Sebagai contoh sederhana yang terjadi di situs Forum Blogger Indonesia yang saya kelola ini. Banyak sekali para blogger yang dengan sengaja menuliskan alamat url blog mereka baik enable atau disable, baik dengan topik blog maupun blog gado-gado, sampai ada yang isinya jualan obat k*at dll.

Mereka secara serampangan tidak melakukan blog walking sesuai dengan aturan maen yang telah ditetapkan dalam situs ini yang secara jelas melarang aktifitas blog walking dengan model tradisional seperti itu. Istilah yang paling umum biasa disebut spamming (aktivitas sampah).

Itu beberapa contoh saja aktifitas blog walking yang tergolong spamming dan tidak ada gunanya, dan malah berdampak negatif  bagi blog Anda. Bagi seorang profesional blogging, pasti sudah melakukan antisipasi dengan berbagai fenomena spamming dengan memoderasi setiap komentar yang masuk pada blog.
Salah satu hal itulah yang mendasari saya menghapus kolom komentar facebook yang notabene lebih memudahkan pengunjung memberikan masukan dan pendapat, namun kenyataanya malah berpotensi menjadi ajang spamming yang ribet memoderasinya.
Itulah gambaran dan fakta bahwa blog walking tidak selamanya berdampak baik bagi blog Anda walaupun bisa mendapatkan backlink.

Lalu apakah semua blog walking dampaknya jelek terhadap blog kita?

Tidak semua aktifitas blog walking itu jelek. Asalkan blog walking yang Anda lakukan tidak termasuk aktifitas sampah (spam), maka itulah sebenarnya yang akan menaikkan citra Anda di mata pengelola blog yang Anda komentari. Dengan begitu, sang Admin blog yang Anda tuju akan secara sukarela memberikan backlink kepada Anda. Itulah sebenarnya salah satu contoh backlink berkualitas.

Silakan baca: 7 Ciri Backlink Berkualitas dan Terbaik untuk SEO Blog

Kesimpulan

Mulai saat ini, silakan manfaatkan waktu Anda untuk melakukan blog walking yang baik, santun dengan memberikan ulasan pendapat Anda terhadap artikel yang telah ditulis oleh orang lain. Selain mendapatkan tanggapan positif dari pengelola blog yang Anda tuju, jika ulasan blog walking yang kamu lakukan bagus, orang lainpun akan tertarik membuka dan berkunjung terhadap blog Anda.

Jika sudah begitu, makna backlink yang berkualitas akan Anda dapatkan. Jangan lupa, banyak blogger yang selalu real time malakukan moderasi terhadap aktifitas blog walking yang Anda lakukan.


Demikian sekilas informasi mengenai Bahaya Blog Walking Bagi Blog Anda. Semoga bermanfaat, salam.

Masih tetep mau spamming?
Thank you for reading the article entitled Bahaya Blog Walking Bagi Blog Anda

                                    Forum Blogger Indonesia                               
    Forum Blogger Indonesia Updated at: 11:45:00 AM

12 komentar Bahaya Blog Walking Bagi Blog Anda

  1. Malah jadi takut blog walking om .. :-)

    ReplyDelete
  2. wah makasih atas sarannya mas, artikelnya sangat bagus (y)
    saya masih pemula baru mulai buat blog, jadi sangat membantu biar ga salah2

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, semoga bermanfaat, aamiin

      Delete
  3. Dari blog ini saya banyak belajar, saya mulai memahami bahwa menjadi seorang blogger itu memerlukan skill yg mumpuni baik dengan tujuan hobi hingga mencari uang, sangat disayangkan sekarang ini banyak blogger karbitan yg kebanyakan dari mereka hanya membuang waktu secara percuma dengan membuat konten yg abal abal hingga copas dari blog sebelah.

    Bagi saya aktifitas blog walking sangat menyenangkan karena bisa menjalin tali persaudaraan, perkara dapat backlink atau tidak itu nevermind. Thanks FBI

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah sebabnya mas, jika saja banyak blogger di Indonesia yang faham akan makna "blogging" sesungguhnya, bukan tidak mungkin hal itu bisa sangat-sangat bermanfaat buat bangsa ini.

      Dengan blogging bisa memberikan informasi yang "fakta eal" bukan berita hoax yang malah memperburuk suasana..

      dengan blogging kita bisa juga mendapatkan profit
      dan masih banyak hal lagi...

      salam blogger Indonesia

      Delete
  4. sedang aktif-akifnya blog walking nih, pemaparan yang luar biasa om

    Buat penggemar drama korea subtitle indonesia, thanks mimin
    Drama Baper

    ReplyDelete
  5. terimakasih mas atas penjelasan nya dengan membaca artikel ini saya jadi tau BlogWalking yang baik dan benar

    ReplyDelete
  6. Gak usah takut blog walking, malah kata saya blog walking itu bermanfaat karena bisa menambah ilmu dari artikel yang kita baca.. Salammm

    ReplyDelete
  7. kalau boleh tau blog walking itu apa ya? sorry kudet

    ReplyDelete

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di forum ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger