15 Faktor yang Memperngaruhi Rangking Blog Anda di Google

Salah satu hal yang pasti menjadi imipian para blogger adalah mendapatkan ranking yang bagus di mesin pencari, terlebih Google selaku mesin pencari terpopuler di dunia. Dengan dasar itulah, salah satu target realistis pencapaian blog Anda adalah mendapatkan posisi terbaik di mata Google.

Bagaimana cara mendapatkan rangking yang bagus di Google? Sesulit atau semudah apakah cara mendapatkan posisi tebaik di mata Google?

15 Faktor yang Memperngaruhi Rangking Blog Anda di Google

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, akan saya coba memberikan beberapa hal yang "mungkin" tidak secara eksplisit langsung pada jawaban. Namun, pembahasan ini sekedar pemahaman faktor-faktor yang bisa  mempengaruhi rangkin blog di Google.
Walaupun begitu, saya yakin dengan pengalaman info berikut ini nantinya bisa dijadikan acuan cara memperbaiki posisi rangking blog Anda di mata Google.
Baca juga: Cara Posisi Pertama Google Bagi Pemula Tanpa Backlink

15 Faktor yang Memperngaruhi Rangking Blog Anda di Google

Dalam beberapa kesempatan, saya mencoba mencari referensi lain dari kadar pemahaman yang saya fahami tentang hal cara mendapatkan posisi rangking di seacrh engine Google. Sedikit banyak, sebagian besar apa yang saya tahu dengan teknik yang digunakan para senior dan pakar website maupun blog sama. Maka dari itu, saya beranikan diri untuk memberikan jawaban pertanyaan di awal muqoddimah artikel ini.

Berikut ini ada 20 faktor yang mempengaruhi ranking blog di Google:
  1. Umur domain blog. Semakin lama umur domain blog Anda, kemungkinan besar akan mendapatkan posisi yang bagus di Google.
  2. Track record Anda selaku blogger. Semakin bersih nama Anda di mata Google (pernah menerima penalty atau tidak) menjadi faktor penting bagi Google untuk menilai keberadaan blog Anda nantinya.
  3. Nama domain. Semakin SEO nama domain blog Anda, semakin besar kemungkinan untuk mendapat posisi di hasil pencarian Google. Silakan baca panduan cara memilih nama domain blog yang baik untuk SEO.
  4. Isi konten yang berkualitas. Semakin panjang artikel Anda dengan muatan isi yang bagus, asli bukan hasil copas, sarat akan makna dan penyelesaian masalah, maka semakin besar pula kemungkinan Google menyukai blog Anda.
  5. Blog yang teroptimasi SEO. Walaupun SEO itu hakikatnya tidak ada batasan waktu (sampai kapanpun), namun secara teori dasar jika blog Anda sudah teroptimasi secara maksimal, tentu rangking blog Anda akan semakin bagus pula. Silkan baca panduan 3 Elemen SEO Utama dalam sebuah Blog.
  6. Kecepatan loading blog Anda. Semakin cepat loading blog Anda saat dibuka dengan perangkat apapun, maka semakin besar pula kenaikan pengunjung organik. Tentu, syarat dasarnya kualitas konten yang bagus. Dengan hal itu, Google akan memberikan point lebih terhadap keberadaan blog Anda. Silakan baca Cara Mempercepat Loading Blog dengan Mudah.
  7. Semakin kecil duplikat konten. Jika Anda terbiasa melakukan copas artikel orang lain, maka kualitas konten blog Anda akan dipertanyakan Google. Hal itu berhubungan dengan branding nama serta domain blog Anda di Google. Jika ingin memperbaiki branding blog Anda, hindari rewrite ataupun copas artikel orang lain. Baca panduan juga 
  8. Keberadaan link building. Upayakan untuk selalu menjalin link sesama blogger. Semakin banyak silaturrohmi yang Anda lakukan, semakin besar pula keberadaan link bilding blog Anda.
  9. Domain Authority (DA). Semakin tinggi DA blog Anda, semakin besar pula kemungkinan untuk tampil di halaman pertama Google.
  10. Broken link (link yang rusak). Usahakan untuk meminimalisir keberadaan broken link di blog Anda.
  11. Keberadaan internal link. Internal link akan memberikan efek domino terhadap trafik blog Anda. Hal itu dikarenakan pembaca akan lebih terbantu untuk menelusiri lebih jauh isi konten blog Anda.
  12. Outbound link. Upayakan untuk memberikan outbound link terhadap artikel yang Anda buat. Namun ingat, jangan memberikan Outbound link terhadap situs yang tidak sesuia dengan topik blog Anda, atau sesuai dengan bahasan isi artikel.
  13. Frekuensi update konten. Semakin rutin dalam membuat artikel, semakin bagus juga blog Anda hasil pencarian SERP.
  14. Keberadaan optimasi kata kunci (keyword). Penggunaan Keyword (kata kunci) yang tepat, baik di nama domain (kalau bisa) deskripsi serta optimasi terhadap artikel yang Anda buat.
  15. Promosi di social media. Walau banyak orang "mungkin" beranggapan promosi ke media sosial tidak ada hubungannya dengan SEO yang terkait dengan hasil pencarian di search engine, namun menurut saya pandangan tersebut kurang tepat.
Setidaknya sesuai dengan apa yang saya fahami, 15 faktor di atas sangat mempengaruhi rangking blog di Google maupun mesin pencari lainnya. Dan sebenarnya pula, ada juga faktor lain yang belum tertulisakan di sini.

Artikel terkait: 8 Cara Menampilkan Blog di Halaman Pertama Google

Punya pendapat dan masukan lain?

Silakan tambahkan pemahaman Anda di kolom komentar njeh. Dan jangan lupa, sebarkan ilmu walau satu ayat. Ok thank.

2 Responses to "15 Faktor yang Memperngaruhi Rangking Blog Anda di Google"

  1. punya saya mungkin masih kurang bagus nih, alexa juga jeblog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan terlalu mikirkan rank alexa mas..konsisten nulis aja udah bagus kok..keep figh and spirit...:)

      Delete

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di forum ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger