4 Konsep dan Elemen Utama SEO Onpage Blog yang Wajib Anda Tahu

Dalam panduan dan teknik dasar SEO blog yang sudah saya bahas, memang menjadi pemahaman wajib setiap blogger yang ingin memaksimalkan kinerja kita sendiri. Itupun kalau Anda juga sepakat dengan apa yang saya sampaikan pada bahasan sebelumnya.

Pada kesempatan ini akan kami berikan 4 konsep, inti dan elemen utama SEO onpage (onpage-SEO).

Saya ulangi kembali, bahwa:
Inti dari SEO adalah segala upaya yang dilakukan guna menjadikan blog anda mejadi yang terbaik untuk kata kunci yang anda inginkan, terlebih bisa menuruti user secara menyeluruh.
Maka, sejauh mana usaha menjadikan blog Anda menjadi yang terbaik dari segala sisi (konten, desain dll) sesuai dengan kata kunci yang diharapkan menjadi poin paling mendasar yang perlu difahami.

Seperti halnya memahami cara kerja search engine Google dalam memeringkat sebuah situs juga berpengaruh besar terhadap mekanisme kerja yang akan kita jalankan guna memperjelas titik point yang tepat.

Read also: 4 Penyebab Artikel Blog Anda Tidak Muncul di pencarian Google

4 Inti dan Elemen Utama SEO Onpage Blog

Dari beberapa panduan SEO blog yang pernah saya baca dan coba diskusikan dengan pakar internet marketer di Indonesia, konsep utama dalam SEO onpage sebenarnya juga tidak terlalu ribet. Namun mungkin dalam penerapannya dianggap ribet.

Ribet karena hanya sepintas memahami dan hanya kerap serampangan serta mencari cara instan saja. Jika dipahami secara utuh dan perlahan, tentu akan sangat berbeda hasilnya.

Secara garis besar, makna SEO onpage merupakan perihal dasar secara utuh yang kita lakukan guna meningkatkan value blog kita terhadap pembaca maupun search engine dilihat dari internal blog Anda sendiri. Ya walau pada dasarnya satu sapek saja antara pembaca atau mesin pencari saja sudah cukup dijadikan rujukan.

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih utuh dan gambaran yang berkualitas, silakan lihat teknik SEO onpage terpopuler saat ini.

Adapun tujuan SEO onpage itu sendiri sebenrnya juga sederhana, yakni agar mesin pencari mengetahui apakah blog anda memang relevan/sesuai dengan apa yang dicari oleh user. Dan benar-benar yang memiliki kualitas terbaik.
Jadi, aspek mesin pencari dan user (pengguna) menjadi titik poin target marketing yang jelas, sedangkan faktor internal blog Anda tentu saja tingkat relevansi (kesesuaian) dan kualitas (konten).
Tanpa mendapatkan kedua point di atas, tidak mungkin blog Anda bisa mendapatkan nomor satu apalagi halaman pertama Google.

Lalu apa saja yang termasuk konsep, inti dan elemen utama dalam SEO onpage sebuah blog? Jadi, isi utama, konsep dan elemen utama dalam SEO onpage terdiri dari 4 bagian berikut ini:
  1. Bermanfaat tinggi bagi pengunjung (kualitas konten, baik artikel maupun model konten blog lainnya seperti video, image dll)
  2. Memudahkan pengunjung dalam melakukan eksplorasi (dalam hal desain)
  3. Pengunjung merasa betah di dalamnya (dari kedua sisi baik desain dan kualitas konten)
  4. Mesin pencari mengerti struktur blog anda
Keempat komponen utama di atas menjadi pilar pokok yang akan menjadikan website, situs atau blog Anda semakin berkembang.

Simpelnya, semakin maksimal optimasi SEO onpage blog Anda, semakin berkesempatan menempati halaman pertama mesin pencari dan tentu saja akan meningkatkan jumlah pengunjung blog Anda.


Demikian ulasan panduan SEO onpage blog kali ini, khususnya 4 Konsep dan Elemen Utama SEO Onpage Blog. Semoga bermanfaat and good luck.

0 Response to "4 Konsep dan Elemen Utama SEO Onpage Blog yang Wajib Anda Tahu"

Post a Comment

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di forum ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger