Banner Header
Home » , » Strategi Link Building yang Berdampak Buruk bagi Blog Anda

Strategi Link Building yang Berdampak Buruk bagi Blog Anda

Blogger Templates
Stategi Link Building yang Salah dan Berdampak Buruk bagi Blog
Dalam membangun sebuah blog berkualitas, khususnya dari cara SEO off page memang penuh dilema.

Selain penting untuk dilakukan di luar SEO Onpage, SEO Off page menjadi salah satu penunjang guna memperoleh reputasi yang bagus di mesin pencari.

Salah satu teknik yang sering dilakukan oleh para pengembang website developer atau bahkan pemilik blog adalah menerapkan teknik link building. Secara sederhana, maksud dari link building adalah keterkaitan antara link yang berada di blog Anda (backlink) dari situs lain.

Namun terkadang, cara melakukan SEO off page tersebut kurang tepat. Banyak sekali para blogger yang menggunakan cara instan guna memenuhi teknik SEO off page tersebut. Salah satu contohnya dalah penggunaan backlink sofware.

Lalu pertanyaannya, adakah hubungannya antara link dengan search engine? Dalam proses menilai sebuah blog atau website, sebut saja Google, akan melalui beberapa tahapan. Misalkan saja pada bagian crawling. Googlebot sebagai alat Google untuk meng-crawl (merayapi) semua situs di seluruh dunia dengan berbagai kata kunci yang ada.

Googlebot akan meninjau dari website satu ke website lainnya melalui link yang berada di setiap halaman website. Berdasarkan data yang telah dikumpulkan tersebut oleh Googlebot, akan disusun sebuah index (proses indexing) selanjutnya membuat peringkat/ urutan website.
Lha, dalam proses itulah, karena Googlebot menggunakan link sebagai navigasinya, website yang memiliki link dari luar akan mendapat prioritas yang tinggi. Semakin banyak dan semakin tinggi kualitas linknya, maka semakin baik pula peringkat website tersebut.
Inilah mengapa link dari website lain (backlink) memegang peranan penting dalam SEO.

Lalu apakah semua link eksternal terbut menjadi patokan utama? Belum tentu juga. Karena syarat wajibnya adalah backlink yang memang berkualitas (berasal dari situs lain yang sudah memiliki otoritas baik di mata Google).


Oleh karena itulah, artikel ini akan memberikan sajian informasi penting mengenai cara link building yang salah dan berdampak buruk bagi perkembangan blog Anda ke depannya.

Stategi Link Building yang Salah dan Berdampak Buruk bagi Blog

Sama halnya dengan teknik optimasi SEO onpage, SEO Off page ternyata juga mempunyai dampak negatif terhadap blog kita. Walaupun begitu, tidak semua proses optimasi SEO off page membawa sisi negatif. Himbauannya, tentu sisi negatif inilah yang perlu kita cermati agar tidak membawa dampak yang buruk bagi blog kita.

Berikut ini ada beberapa cara link building yang menurut saya (salah) dan bisa berdampak buruk bagi perkembangan blog Anda. Diantaranya adalah berikut ini:
  1. Bertukar link dengan blogger lain. Berdasarkan informasi dari pakar Internet Marketing Indonesia, cara mendapatkan backlink ini sudah tidak memberikan manfaat positif lagi. Kebanyakan hasilnya dari beberapa situs dengan reputasi yang rendah (jarang sekali situs dengan reputasi bagus menerapkan teknik yang satu ini).
  2. Membeli backlink. Banyak orang beranggapan membeli link kemungkinan bisa menaikkan rangking dengan cepat. Namun, setahu saya hasilnya biasanya tidak akan bertahan lama.
  3. Blog walking dan spamming. Aktifitas blog walking (berkomentar di blog forum) memang menjadi andalan banyak blogger. Namun, terkadang yang terbangun hanya sekedar niatan mendapatkan backlink dan hasilnya malah menjadi lahan spam. Hal itulah yang tidak disukai Google. Silakan baca artikel Bahaya Blog Walking Bagi Blog Anda. Apakah semua aktifitas blog walking itu salah? Tidak juga Om.
  4. Auto-approve link. Segala bentuk link yang tidak melalui moderasi dari pemilik website. Artinya link tersebut langsung muncul ketika anda memasukkan alamat website anda.
  5. Menggunakan backlink sofware (software bot). Ada beberapa software/tool yang bisa digunakan untuk mendapatkan link secara otomatis, tetapi link yang anda dapatkan berkualitas rendah dan justru bisa merusak blog Anda.
  6. Private Blog Network. Blog ini hanya berisi sekumpulan situs yang dimiliki oleh 1 admin yang hanya difungsikan sebagai ladang backlink ke website utama mereka.
Itulah beberapa poin penting mengenai cara melakukan strategi link building yang salah. Hal penting lagi yang perlu sobat ketahui, untuk saat ini keberadaan backlink sudah tidak terlalu signifikan seperti zaman dulu. Silakan baca selengkapnya alasannya pada artikel sebelumnya.


Demikian sekilas informasi mengenai Stategi Link Building yang Salah dan Berdampak Buruk bagi Blog. Semoga bermanfaat, salam blogger Indonesia.
Strategi Link Building yang Berdampak Buruk bagi Blog Anda
Terimakasih telah membca artikel berjudul Strategi Link Building yang Berdampak Buruk bagi Blog Anda

Blogger Templates

0 komentar Strategi Link Building yang Berdampak Buruk bagi Blog Anda

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di forum ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger