Home » » 2 Langkah Tepat Memilih Topik (niche) Blog - Sesuaikan dengan Diri Anda

2 Langkah Tepat Memilih Topik (niche) Blog - Sesuaikan dengan Diri Anda

Sahabat blogger. Mencari sebuah topik blog yang tepat sebenarnya tidak terlalu sulit-sulit amat. Namun, faktanya masih saja para blogger yang mengeluhkan hal yang satu ini, memilih topik (niche) blog yang sesuai idaman.

Pada dasarnya, setiap aktifitas blogging memang memerlukan pijakan sejak awal tentang apa yang akan disajikan kepada pengunjung. Dalam artian, isi konten menjadi sangat viral bagi sebuah blog maupun website.

2 Langkah Tepat Memilih Topik (niche) Blog - Sesuaikan dengan Diri Anda
Ketika kita sudah menemukan sebuah konten yang enak buat diri kita, sedikit banyak bisa menjadi sebuah sajian yang menyenangkan pula bagi pengunjung.

Perlu diingat, konten tidak sekedar hanya berujud tulisan artikel, namun bisa juga berupa video, gambar, suara bahkan perpaduan kesemuanya dll.

Jika begitu adanya, maka sobat hanya perlu menyesuaikan tujuan awal ketika mau ngeblog. Kira-kira kontennya berupa apa sih? Itu pertanyaan pertama yang mesti Anda jawab.
Jika konten yang dinginkan adalah berupa video, maka bisa jadi blog dengan sajian video saja yang harus dipilih. Misalnya saja menggunakan media blog lain seperti youtube. Namun jika kontennya berupa artikel, bisa juga langsung menggunakan blog dengan berbagai platform yang ada (blogspot, wordpress dll).
Baca juga: Cara Tepat Memilih Platform Blog - Blogger.com, Wordpres.com atau Wordpress.Org

Hal itu setidaknya mengawali langkah Anda ketika akan memilih topik blog yang tepat. Selanjutnya langkah apa lagi yang perlu kita lakukan?

Tak lain dan tak bukan kecuali menyesuaikan dengan langkah awal tadi, yakni seberapa jauh hal yang akan Anda sampaikan? Jika Anda gemar tentang traveling, ya buat aja blog dengan konten tersebut. Misalkan saja pengalaman jalan-jalan ke suatu tempat, didokumentasikan, dinarasikan dan lain-lain. Hal itu saja sudah cukup menjadi sajian menarik bagi pengunjung nantinya.

Jika Anda pakar dalam hal ilmu pengetahuan misalnya, ya berarti buat saja konten berupa hasil pengalaman/ percobaan empiris yang berguna buat orang lain.
Itu artinya, topik blog yang dipilih alangkah lebih baiknya disesuaikan dengan kemampuan yang ada. Disesuaikan dengan kefahaman salah satu hal atau beberapa yang disajikan ke dalam sebuah konten yang dikemas menarik.
Dari dasar itulah, maka akan muncul blog dengan niche khusus membahas satu topik, ada juga yang membahas banyak topik sesuai dengan disiplin pemahaman yang dikuasai.

Bolehkah kita membuat konten blog yang sama sekali tidak kita kuasai, atau hanya setengah-setengah saja pemahaman kita?

Menurut saya, sebuah konten akan tersaji dengan bagus (enak dibaca, dilihat, mudah difahami, mencerahkan dll) jika dibuat berdasarkan kefahaman diri kita akan konten tersebut (selaku pembuat konten).

Jika kita tidak faham dengan sebuah topik A misalnya, akan sangat tidak maksimal jika kita membuat sebuah sajian konten dengan topik A. Kalaupun bisa akan terkesan dipaksakan dan hasilnya akan sangat jauh dari harapan pengunjung atau pembaca. Jika itu yang terjadi, bukan tidak mungkin blog Anda akan sepi pengunjung.

Baca juga: Topik Blog Terbaik dan Terpopuler 2016 Menjadi Publisher Google Adsence

Dua hal itulah yang menurut saya menjadi pondasi awal ketika Anda memang benar-benar ingin membuat sebuh blog berkualitas bagus. Demikian ulasan singkat mengenai 2 Langkah Tepat Memilih Topik (niche) Blog. Semoga bermanfaat. Salam sukses.
Thank you for reading the article entitled 2 Langkah Tepat Memilih Topik (niche) Blog - Sesuaikan dengan Diri Anda

                                    Forum Blogger Indonesia                               
    Forum Blogger Indonesia Updated at: 1:49:00 PM

4 komentar 2 Langkah Tepat Memilih Topik (niche) Blog - Sesuaikan dengan Diri Anda

  1. Apakah topik yang akan kita post harus sesui dengan pengalaman kita?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu juga menjadi dasar terkait sejauh mana kefahaman kita terhdap apa yg akan kita tulis nantinya.

      Delete

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di forum ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger