Home » , , » Cara Mudah Meningkatkan Viewers (Pemirsa) Youtube Anda

Cara Mudah Meningkatkan Viewers (Pemirsa) Youtube Anda

Cara Mudah Meningkatkan Jumlah Pemirsa Youtube - Youtube merupakan sebuah sarana yang sangat populer sampai saat ini. Dengan youtube orang bisa dengan mudah menemukan tutorial praktis, keterangan secara detail melalui sebuah video. Dari youtube pula orang bisa menemukan tontonan film Hollywood terkenal terpopuler dalam sekejap.

Source image: youtube.com

Dari youtube pula seseorang bisa populer hanya dengan video sederhana. Seseorang bisa sukses mendapatkan urang dari youtube. Dan masih banyak lagi berbagai manfaat dari keberadaan youtube.

Dalam kesempatan ini saya tidak ingin menyampaikan hal lain mengenai youtube, kecuali akan berbagai bagaimana caranya agar jumlah pemirsa (viewer) video youtube kita meningkat tajam. Minimal lebih baik dari sebelumnya.

Hal ini tak lain dan tak bukan, karena saat ini sudah banyak sekali vlogger yang sudah sukses memanfaatkan video youtube untuk bisnis online. Berbekal video youtube, mereka menjadi sukses secara materi dengan mendapatkan uang yang banyak.

Maka dari itu, kali ini akan kami coba berikan tips bagaimana cara meningkatkan jumlah pemirsa (viewer) youtube Anda dengan tujuan bisa meningkatkan jumlah pendapan yang signifika dari Google Adsense.


Cara Mudah Meningkatkan Jumlah Viewer (Pemirsa) Youtube


Salah satu alasan penting dan itu menjadi sebuah korelasi antara jumlah pemirsa (viewer) youtube dengan pendapatan dari Google Adsense adalah sebuah fakta. Itu artniya, semakin tinggi jumlah pemirsa video youtube yang sudah Sobat monetisasi, maka kemungkinan besar akan semakin tinggi/ banyak pula jumlah pendapatan yang akan Anda terima.
Lha bagaimana jika Saya masih pemula dan baru saja membuat laman di video youtube mas? Apakah cara ini nantinya bisa saya lakukan dan bisa bermanfaat?

Yup, tips kali ini tidak sekedar buat vlogger yang baru saja membuat chanel di youtube, namun juga berlaku bagi rekan-rekan yang sudah lama berkecimpung di youtube namun belum mendapatkan hasil pemirsa yang menyenangkan. Ending kata, buat apa bikin video bagus-bagus dan diupload di youtube namun tidak ada orang yang melihanya? 

Maka dari itu, mari kita simak secara perlahan rangkaian cara sederhana dan mudah dalam meningkatkan jumlah pemirsa (viewer) youtube.

Secara garis besar, ada bebera hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung video youtube kita, diantaranya:

1. Buatlah video yang berkualitas dari segi apapun

Ketika kita akan mencari sebuah video di youtube, entah tips, tutorial atau film vaforit, tentu pilihan pertama adalah kualitas film yang akan kita dapatkan. Maksudnya, seberapa bagus kualitas gambar, suara menjadi hal mutlak yang akan dicari banyak orang video tersebut.

Jika dikembalikan, maka hal itulah yang seharusnya kita lakukan. Seberapa bagus kita membuat sebuah video dengan kualitas gambar dan suara yang jernih, jelas, maka hal itu sudah menjadi pondasi kuat untuk meningkatkan jumlah pemirsa video di youtube.

Kalau saat ini ya pasti ada kan istilah kualitas gambar HD dan seterusnya.

Apakah kualitas gambar dan suara sudah cukup mewakili sebuah video dikatakan berkualitas? Jawabnya belum.

Dalam setiap proses pembuatan video, tentu orang akan menitik beratkan sebuah pesan moral dalam bentuk apapun sesuai kontkes topik atau niche yang akan dibahas. Misalkan saja video tutorial cara pembuatan "tempe". Maka orang yang akan membuat tempe akan menyajikan ulasan di dalam video tsb cara membuat tempe.

Jika dikembalikan lagi kepada Anda misanya orang yang akan mencari video tutorial cara membuat tempe, apakah Anda tidak akan memilih sebuah video yang isinya mudah dimengerti, jelas dan terpercaya?

So pasti. Maka kualitas isi konten di dalam video menjadi mutlak sangat penting, selain dari kualitas gambar dan suara. Maka, kombinasi antara kualitas isi pesan di dalam video dengan gambar dan suara, menjadi "trilogi" penting bagi sebuah video berkualitas.

2. Lakukan Optimasi SEO pada Video Youtube Anda

SEO datau Search Engine Optimization memang menjadi hal mutlak yang harus kita lakukan dalam setiap aktifitas blogging maupun vlogging. Seperti halnya di dunia blogging, SEO juga memiliki peranan penting guna meningkatkan trafik yang tinggi di mesin pencari.

Mengenai cara optimasi SEO di video youtube, sudah pernah saya bahas di artikel sebelumnya. Silakan baca saja 7 Cara Ampuh Optimasi SEO Video Youtube untuk Halaman Pertama Google.

Namun pada intinya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam optimasi SEO video youtube, yakni proses pembuatan judul yang menarik, libatkan proses riset keyword (riset kata kunci), dan carilah video viral saat ini (lagi hot alias menjadi trending topik). Karena video yang menjadi trending topik pasti memiliki persaingan tinggi, maka usahakan bermain sedang saja jika Anda chanel Youtube Anda masih tergolong baru.

Hal penting lainnya adalah keberadaan deskripsi dan tag video Anda. Sertakan kedua parameter tersebut ke dalam setiap video yang Anda upload di youtube.

3. Silakan Gunakan Image Dasar (thumbnail) yang menarik perhatian orang

Gambar dasar pada artikel sebuah blog (thumbnail) juga menjadi perwakilan umum tentang isi artikel yang akan kita bahas. Sama pula dengan video di youtube, gambat thumbnail video juga menjadi ganti dari deskripsi video tersebut.Ketika orang sudah terkesima dengan tampilan awal gambar thumnail video youtube Anda, kemungkinan besar mereka akan membuka video tersebut.

Namun, kebanyakan saat ini banyak vlogger yang terlalu "over" dalam menggunakan gambar thumbnail video mereka. Tengok saja ketika Anda mencari sebuah video di youtube dengan kata kunci hewan, maka akan banyak gambar thumbnail yang terkadang terlalu berlebihan dan malah menipu.

Apakah itu salah jika memang tujuannya untuk menarik pemirsa video youtube kita?

Sebenarnya tidak salah, namun alangkah lebih kredibel chanel video youtube Anda jika segala yang berhubungan dengan video anda lebih relevan. Hal itulah yang sering dilupakan para vlogger. Semakin kredibel chanel video youtube Anda, maka akan semakin banyak pemirsa yang akan berlangganan kepada Anda. Dan itu juga menjadi poin penting dalam mendatangkan pemirsa secara organik / alami.

4. Manfaatkan Anotasi di Video Youtube Anda

Anotasi youtube juga menjadi hal penting lainnya. Ketika orang sudah membuak video Anda, mereka juga sudah membaca deskripsi di bawahnya. Namun karena sifat deskripsi tidaklah terlalu massif karena tidak berada di dalam konten video, maka gunakanlah sebuah keterangan tambaha di dalam video youtube sobat.

Misalkan saja sebuah tulisan atau catatan khusus mengenai video tsb. Bisa juga memuat keterangan lanjut jika ingin berlangganan (subscribe) silakan klik di bawah ini atau pesan apapun itu. Semakin menarik pesan Anda, semakin besar ketertarikan pemirsa video anda.

Namun, ada satu hal penting yang untuk masalah anotasi youtube ini masih juga diabaikan para vlogger. Masih banyak para vlogger yang menggunakan anotasi youtube secara berlebihan, Dampaknya, inti konten video youtube akan tertutup oleh anotasi tersebut. 

Hal ini bisa mejadi nilai negatif video anda. Alasannya sederhana, isi konten video seharusnya menjadi nomor satu, tetapi karena penggunaan anotasi terlalu berlebihan malah bisa mebuat isi konten video menjadi nomor dua. Dan itu kurang bagus dilihat dari tujuan utama penyajian sebuah video youtube kepada pemirsa (viewer).

5. Silakan buat playlist video Anda

Sama halnya dalam dunia blogging, playlist video bisa diartikan sebagai artikel terkait, related post atau postingan tertaut dan atau apalah istilahnya. Playlist video di sini akan menjadi nilai tambah kepada pemirsa video anda. Jika mereka merasa puas dengan video youtube yang anda buat, kemungkinan besar mereka akan melihat video anda lainnya.

Jika sudah demikian, kembali lagi pada pont di atas, mereka akan berlanggana video pada chanel Anda, dan itu sangat menguntungkan.


Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mudah Meningkatkan Jumlah Viewer (Pemirsa) Youtube Anda. Semoga bermanfaat dan meningkatkan jumlah penghasilan Anda tentunya. Salam sukses selalu buat kita. Jangan lupa untuk sebarkan informasi ini jika memang Anda merasa mendapatkan manfaat dari apa yang saja sajikan pagi ini. Salam.
Terimakasih telah membca artikel berjudul Cara Mudah Meningkatkan Viewers (Pemirsa) Youtube Anda

0 komentar Cara Mudah Meningkatkan Viewers (Pemirsa) Youtube Anda

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di forum ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger