Home » , » 7+ Cara Jitu Agar Konten Artikel Blog Anda di Halaman Pertama Google

7+ Cara Jitu Agar Konten Artikel Blog Anda di Halaman Pertama Google

Cara jitu agar sebuah konten artikel blog bisa di halaman pertama Google (first page one google) memang menjadi sebuah tips dan panduan blog yang banyak sekali dicari para blogger, khususnya newbie seperti saya ini.

Hal itu sebenarnya buat saya lumrah adanya, baik jika dipandang bagi kalangan blogger pemula maupun pada tataran menengah., bahkan bisa juga para blogger papan atas (prosentase kecil). Hal itu didasari pada berbagai pendapat di kalangan para praktisi sebuah situs besar sekalipun seperti MOZ, bahwa search engine seperti halnya Google misalnya, merupakan sebuah "misteri" yang tak kunjung reda dibicarakan.

Faktanya, ya memang demikian. Banyak sekali praktisi SEO dari berbagai latar belakang pengalaman, ilmu dan dedikasi yang sudah melanglang buana di dunia internet marketer misalnya, tetap saja akan mencari ramuan yang paling ideal, tepat, efisien dan jitu agar bisa memikat hati search engine. Tujuannya tak lain dan tak bukan adalah "profit oriented" yang dilihat dari berbagai sudut pandang (materi-harta-uang atau kemanfaatan yang diperoleh).

Oleh karena itulah, dalam pembahasan artikel kali ini akan berisi beberapa tips, panduan dan cara jitu agar konten artikel blog kita bisa nomor satu halaman pertama Google (first page one) versi SL Blogger.

Read also: 3 Teknik jitu meningkatkan trafik blog di searc engine Google

Taktik Agar Rangking Konten Artikel Blog Lebih Tinggi dan di Halaman Pertama Google

7+ Cara Jitu Agar Konten Artikel Blog Anda di Halaman Pertama GoogleBerikut ini adalah beberapa tips dan panduan bagi Sobat agar ranking konten artikel blog Anda bisa lebih tinggi dan menduduki halaman pertama Google (pejwan).

1. Buatlah konten artikel yang berkualitas

Konten apapun itu, atau misalkan artikel apapun itu, asalkan sudah berkualitas dari segi isi dan optimasi SEOnya, bisa diprediksi akan meraih posisi yang baik di SERP Google. Hal itu memang benar adanya. Karena pada dasarnya tujuan yang paling utama dari sebuah sajiab blog atau situs adalah konten.

Semakin bagus dan berkualiats konten blog tersebut, semakin besar pula kesempatan blog Sobat untuk berada di nomor satu halaman pertama Google sesuai dengan kata kunci yang Sobat target.

So, silakan saja optimalkan dalam cara membuat artikel berkualitas blog Anda.

2. Lakukan Optimasi SEO Off Page and On Page Blog

Dalam beberapa kasus dan berbagai rumor, bahwa kedua cara baik off page dan on page bisa memberikan pengaruh sekitar 80% marketing blog kita. Kedua paduan cara tersebut menjadi hal wajib yang harus kita lakukan agar benar-benar mendekati kriteria yang diinginkan Google dalam hal rangking.


3. Lakukan Analisa persaingan-riset keyword

Langkah kedua yang bisa kita lakukan agar artikel kita bisa di halaman pertama Google adalah dengan melakuka optimasi SEO semaksimal mungkin kala membuat konten tersebut. Salah satu hal yang perlu dilakukan dalam mencapai hal itu adalah melakukan cara riset keyword.

Riset keyword (riset kata kunci) akan menjadi acuan kita dalam menargetkan kata kunci (keyword) dalam setiap artikel yang akan kita posting. Ketika kita tidak melakukan langkah ini, maka sebenarnya tidak hanya satu langkah tertinggal dengan kompetitor, namun "banyak langkah" yang belum kita jajaki padahal kompetitor sudah lari jauh di depan kita.

Kalaupun kita tidak melakukan riset keyword dan kenyataanya konten kita bisa di halaman pertama Google, itu sebenarnya adalah sebuah "bejo" yang tidak dinyana. Tidak tau pula karena faktor apa, namun lebih pada faktor itu menurut saya.

4. Menjadi Guest Blogging (penulis tamu)

Sebenarnya cara ketiga ini lebih pada pembahasan faktor backlink. Diakui atau tidak, sebenarnya faktor backlink juga masih memegang peranan dalam penentuan rangking sebuah blog atau situs. Walaupun juga, ada yang mengatakan bahwa keberadaan backlink sudah tidak "terlalu" sigifikan dalam hal itu.

Namun demikian, menurut saya terlepas dari berbagai pendapat yang ada, backlink juga masih bisa kita gunakan sebagai cara tambahan agar konten blog kita bisa menduduki peringkat yang bagus dan bisa di nomor satu halaman pertama Google.

Salah satu cara agar kita bisa mendapatkan backlink yang berkualitas adalah menjadi guest blogging alias blog tamu (penulis tamu). Dengan memanfaatkan peluang itu, kita bisa saja memberikan umpan balik kepada situs kita agar bisa mendapatkan backlink.

Selain mendapatkan backlink, guest blogging juga bisa menjadi salah satu media marketing (promosi) konten kita di situs-situs kredibel yang kta ikuti. 

Namun ingat, sebelum menjadi guest blogging, perhatikan dulu dua hal ini:
  1. Cari situs yang sudah besar dan kredibel (bisa dipercaya)
  2. Silakan ikuti aturan maen situs yang kita ikuti tersebut agar kita bisa diterima menulis di blog beliau
Apakah sama antara guest blogging dengan blog walking mas?

Pada hakekatnya sebenarnya sama, yakni sama-sama bertujuan mendapatkan backlink. Namun, guest blogging akan menduduki posisi (cara) tepat dan profesional jika dibandingkan dengan blog walking.


Adakah cara lain agar kita bisa mendapatkan backlink yang berkualitas?

Cara mendapatkan backlink yang berkualiats dan mungkin jarang dilakukan para blogger adalah dengan memberikan testimoni, masukan dan saran bagi setiap sajian yang diberikan dari situs lain yang kredibel.

Dengan cara itu, mereka akan memberikan umpan balik yang menyenangakn buat kita asalakan masukan dan saran kita masih dalam tataran wajar, terlebih memang benar adanya.

Kalau tesimoni, bisa kita lakukan terhadap produk atau sajian konten yang dirasa bermanfaat buat kita dan orang lain.

5. Bangun jaringan (network)

Hal ini pula yang menurut saya jarang dilakukan para blogger. Kebanyakan khususnya pemula akan banyak menerapkan ide orang lain demi terpenuhinya target konten yang akan disajikan. Jika hal itu yang dilakukan, bukan malah tambah kredibel namun akan lebih membosankan pengunjung.

Salah satu cara menangai hal itu adalah dengan membangun jaringan. Walaupun kita tidak posting secara rutin per hari misalnya, jika kita punya banyak pengunjung setia, bukan tidak mungkin peringkat blog kita secara umum akan tetap bagus di mesin pencari Google.

Hal itulah sebenarnya juga termasuk membanugn jaringan atau komunitas.

Apakah cuma sampai tahap itu aja definisi jaringan?

Tidak. Saling berttukar infomasi, memberikan ide gagasan kepada sesama blogger juga termasuk membangun sebuah jaringan. Dengan jaringan tersebut, buatlah suasana yang enak untuk menambah wawasan, ilmu dan bertukar informasi dengan saling melengkapi satu sama lain guna merengkuh tujuan yang sama.
Ingat pepata jawa, banyak temen banyak rejeki. Menyambung silaturrohmi, memperbanyak rejeki yang berkah.
So, penting bingit silaturrohim itu.

6. Gunakan desain blog responsive dan fast loading

Diakui atau tidak, desain blog Sobat akan menjadi faktor penting dalam hal posisi di google. Ketika desainnya acak-acakan, tidak rapih, tidak responsive design (tidak enak dibaca dari berbagai device dan ukuran) akan sulit bersaing dengan situs besar.

Kalaupun ada situs besar yang masih menggunakan desain tidak responsive, itu karena mereka sudah terlampau besar dan sangat menguntungkan Google. Lha kita, baru terjun saja di dunia blogging aja kok membangingkan dengan mereka, ya salah alamat.

Sobat bisa mencari template blog di Google dengan kriteria responsive design. Atau bila ingi lebih komplit dengan berbagai fitu dan keunggulan, seacrhing aja di Google dengan kata kunci "template SEO killer responsive fast loading terpopuler" atau "template SEO killer responsive fast loading terbaik". Banyak banget kok.

Kata kunci tersebut sudah mewakili berbagai template yang banyak dicari para blogger di seluruh dunia. Jika sudah menggunakan template blog dengan kriteri tersebut, Sobat tinggal fokus dan fokus pada konten yang berkualitas dan melanjutkan langkah-langkah di atas (1 s/d 5).

7. Lakukan promosi dan marketing blog Sobat

Salah satu hal penting lainnya dalam menaikkan kedudukan blog kita di mesin pencari Google dalah dengan memperbanyak promosi kepada orang lain. Prinsipnya orang lain tau informasi keberadaan blog kita dan agar mereka mau mengunjungi dan menikmati sajian yang kita berikan.

Semakin puas pelanggan, pengunjung blog kita, semakin bagus pula posisi situs kita di Google.

Maka, proyeksi marketing blog yang tepat akan sangat berpengaruh pada kemajuan blog kita. Banyak kok cara promosi situs kita, misalkan saja melalui media sosial (facebook, grop, fans page, wa, bbm, line, kakao dan masih banyak lagi).

Demikian sekilas informasi yang bisa saya sampaikan, khususnya tentang 6+ Cara Jitu Agar Konten Artikel Blog Anda di Halaman Pertama Google. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu buat Sobat dan kita semua, aamiin.
Thank you for reading the article entitled 7+ Cara Jitu Agar Konten Artikel Blog Anda di Halaman Pertama Google

                                    Forum Blogger Indonesia                               
    Forum Blogger Indonesia Updated at: 11:49:00 PM

0 komentar 7+ Cara Jitu Agar Konten Artikel Blog Anda di Halaman Pertama Google

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di forum ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger