Cara Membangun Backlink yang Benar untuk SEO

Cara Membangun Backlink yang Benar bagi Pemula
Backlink adalah salah satu metode yang sering digunakan para blogger untuk meningkatkan rangking blog di Google. Bakclink juga menjadi alasan kuat para blogger kesana kemari hanya sekedar untuk mendapatkannya. Backlink oh backlink.

Dalam banyak artikel yang sering kita jumpai, saat ini backlink memang masih menjadi misteri. Kenapa saya katakan begitu? 

Kenyataannya, banyak blogger yang mengatakan bahwa backlink sudah tidak berguna lagi dalam penentuan rangking sebuah website atau blog.

Di sisi lain, faktanya juga masih banyak kalangan internet marketer dunia yang memberikan pernyataan bahwa backlink juga masih berpengaruh besar dalam menentukan kualitas rangking sebuah blog.

Lalu, kita mau ambil pendapat yang mana?

Semua kembali kepda pilihan dan keyakinan masing-masing.

Dalam kesempatan ini, saya akan mencoba memposisikan diri pada pilihan "masih menganggap" backlink sangat berpengaruh terhadap rangking sebuah situs. Maka, di sini saya coba memberikan cara benar dalam membangun backlink, khususnya bagi para pemula seperti saya.

Kenapa saya bilang "cara benar"? Hal ini sudah saya sampaikan pada pembahasan panjang lebar mengenai hal itu, lebih tepatnya pada saat maraknya rumor pengaruh tidaknya backlink terhadap sebuah situs.

Cara Membangun Backlink yang Benar bagi Pemula

Backlink bagi saya pribadi memang masih memiliki "value" yang akan memberikan "dampak" serius bagi perkembangan situs kita ke depannya. Namun, ternyata backlink bagi saya juga malah bisa menjadikan rangking situs kita terpuruk di search engine. 

Alasan sederhana dengan fungsi backlink bisa memperbaiki atau menurunkan rangking situs kita cuma satu, yakni seberapa kualitasnya backlink yang kita dapatkan.
Semakin berkualitas backlink situs kita, semakin baik dampak nya bagi rangking situs kita. Begitu pula sebaliknya. Jika kita mendapatkan backlink yang berkualitas rendah, maka bisa jadi malah membuat rangking situs kita menurun.
Hal itu ibarat sebuah kumpulan, dimana kumpulan tersebut menjadi ciri khas bagi kelompok utama, seperti blog kita.

Nah, dari dasar itulah mari kita mencoba belajar bagaimana sih caranya membangun backlink yang benar supaya rangking situs kita menjadi bagus di Google? Mari kita ulas satu persatu.

#1. Melalui Blog Walking

Blog walking adalah sebuah aktifitas berkunjung pada situs orang lain dan memberikan komentar terhadap ulasan yang telah diberikan di situs yang dituju sembari meletakkan link pada komentar tersebut.

Blog walking cara ini memang pernah menjadi salah satu cara paling gampang untuk mendapatkan backlink. Namun, seiring perkembangannya, saat ini cara blog walking sudah tidak begitu optimal. Alasannya karena blog-blog besar dengan kualitas yang bagus, tidak akan mudah begitu saja memberikan kesempatan bagi Sobat untuk "menanamkan" link pada situs mereka.

Selain faktor yang tadi saya sampaikan di atas (backlink bisa berbahaya manakala sumbernya dari blog asal buat-kualitas rendah), maka admin akan memberikan perlakukan khusus bagi situs mereka dengan cara "memoderasi" setiap komentar yang masuk.

Lha trus bagaimana mas cara membangun backlink untuk rangking situs kita?

Bagi saya pribadi, sebenarnya backlink tidak serta merta "harus menanankan" link pada setiap komentar yang kita lakukan. Setiap kita bisa memberikan ulasan yang relevan (sesuai) dengan topik artikel situs yag kita tuju, sebenarnya hal itu kita sudah berupada membangun backlink yang benar.

Jika sobat sendiri menyadari hal itu, maka saat sekarang ini pasti tidak akan ada model komentar OOT (out of topic) yang sering kali masuk membanjiri blog Anda bukan?

Baca juga: Bahaya Blog Walking Bagi Blog Anda

Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa saran bagi Anda jika ingin membangun backlink yang benar dengan cara blog walking:

  • Usahakan untuk memberikan komentar yang relevan atau sesuai dengan topik konten yang kalian baca.
  • Jangan sekali-kali berkomentar OOT dan ujung-ujungnya nanam link yang tertuju ke situs Anda
  • Bisa meminta ijin secara pribadi kepada admin situs yang kalian tuju, untuk memberikan ijin menempatkan link blog Anda (cara ini yang sering disarankan kalangan internet marketer profesional)
  • Coba bangun seintens mungkin kedekatan Anda dengan admin situs yang kalian tuju
  • dan masih banyak lagi
Seperti banyak kasus yang kita temui, tengok saja di berbagai forum blogger di facebook yang saling "menukar pesan" dengan isis mari saling berkunjung dan nanam backlink dll. Cara itu sebenarnya sah-sah juga, namun kenyataannya banyak dari situs-situs tersebut masih tegologn baru yang belum memiliki kredibilitas yang baik. Maka, hal itu bisa dilakukan namun dengan cara "pilih-pilih".


#2. Menjadi Penulis Tamu

Guest blogging atau lebih dikenal sebagai penulis tamu juga bisa menjadi salah satu cara  yang tepat membangun backlink. Guest blogging dapat Anda lakukan dengan cara memberikan "lamaran", atau istilah sederhananya menawarkan diri menjadi penulis pada sebuah website.

Namun, saat ini biasanya Anda tidak perlu membuka obrolan sana sini hanya sekedar untuk menjadi guest blogging. Sekarang sudah banyak blog-blog besar yang memberikan peluang kepada siapapun untuk menulis di blog mereka. Bahkan ada juga yang memberikan "bayaran" bagi seorang gues blogging.

Untuk itu, berikut ini ada beberapa langkah tepat membangun backlink dengan menjadi guest blogging:
  • Pilih blog yang berkualitas
  • Ikutilah segala aturan atau TOS blog tersebut (jangan artikel copas sana-sini dll)
  • Buatlah konten sebagus mungkin (berkualitas bagus) agar Anda bisa menjadi penulis tetap nantinya
  • dll
Pola guest blogging ini juga menjadi cara terbaik membangun backlink bagi situs kita. Karena dampaknya begitu bagus, maka cara melakukannya juga lumayan memerlukan waktu tambahan. Selain harus memiliki ketrampilan menulis, maka anda masih harus mengurus blog utama Anda.

#3. Menjadi Guest Blog di Situs Media atau Forum-forum Besar

Model mengikuti thread forum-forum besar yang saya maksudkan ini bisa masuk pada kategori kedua tips di atas. Jadi, bisa dikatakan kita melakuka blog walking saja, bisa juga menjadi bagian dari blog besar tersebut.

Sebut saja misalkan kita mendaftarkan diri untuk membuat blog yang include di detik.com. Kita bisa mengekspesikan diri dengan menulis di blog yang kita buat tadi, namun faktanya kita juga bisa mendapatkan backlink dari situ.

Banyak kok media besar lainnya yang memberikan kesempatan kita bisa "nunut" berkontribusi di sana. Misalkan saja kaskus, kompas dll. Silakan manfaatkan kesempatan bagus tersebut.

#4. Memanfaatkan Blog Zombie yang berkualitas

Blog zombie atau lebih dikenal sebagai blog yang sudah lama tidak terurus sehingga domainnya sudah tidak lagi digunakan (expired). Blog zombie inilah yang nantinya kita manfaatkan dengan mengajukan penggunaannya kembali kepada pihal terkait.

Metodenya seperti apa dengan blog Zombie ini?

Intinya, kita mencoba untuk membuat sebanyak mungkin blog yang nantinya blog yang kita buat tersebut akan kita tanami link yang tertuju pada blog utama kita. Banyak orang mengatakan sebagai blog "dummy".

Namun sekali lagi saya katakan, carilah blog zombie yang memang sudah memiliki posisi bagus pada waktu masih digunakan. Misalkan saja nilai DA (domain authority) maupun PA (Page Authority) nya bagus. Akan menjadi sangat percuma jika blog zombie tersebut berkualitas jelak, dan parahnya pernah mendapatkan catatatn buruk di Google alias pernah kenal pinalty.

Metode memanfaatkan banyak blog zombie ini mungkin bisa juga dikatakan sebagai membangun PBN (Private Blog Network). Tetapi semua tergantng dari Anda sendiri menilainya seperti apa. So, silakan mencoba cara ini njeh.

Adakah kelemahan dari cara ini?

Berdasarkan informasi yang saya ketahui, pola membangun backlink dengan cara menghidupkan pola PBN (Private Blog Network) ini berbahaya. Informasinya sih kita bisa mendapatkan pinalty dari Google; syaratnya tentu saja "jika" ketahuan.

Walau begitu, banyak dari kalangan pakar SEO yang juga menggunakan cara ini. 

Demikian sekilas informasi panduan SEO kali ini, khususnya mengenai Cara Membangun Backlink yang Benar bagi Pemula. Semoga bermanfaat, salam.

0 Response to "Cara Membangun Backlink yang Benar untuk SEO"

Post a Comment

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di forum ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger