Home » , , » Panduan Optimasi SEO untuk Blog Baru [Pembahasan Komplit]

Panduan Optimasi SEO untuk Blog Baru [Pembahasan Komplit]

Panduan Optimasi SEO buat Blog Baru [Pembahasan Komplit]
Permasalahan utama bagi seorang blogger, teruntuk bagi pemula seperti saya adalah bagaimana bisa menerapkan optimasi SEO yang tepat.

Hal itu saya rasa bisa saya sendiri, ya karena konsep SEO sampai saat ini memang masih menjadi hal yang bisa dibilang "naik turun".

Namun, dari beberapa kasus yang sedang saya alami sendiri, memang ada kecenderungan "trend" dari hasil optimasi SEO yang saya jalankan. Naik itu sudah pasti, namun turun juga hal biasa. Imbasanya tentu saja naik turunya trafik situs kita. Jika hal itu terjadi, Anda jangan kaget dan jangan khawatir, karena selama kita menjalankan konsep SEO secara baik atau yang lebih dikenal sebagai "white SEO", saya kira aman-aman saja.

Lalu bagaimana jika ternyata sudah capek capek menjalankan optimasi SEO, namun kenyatannya ada trend penurunan trafik yang begitu tajam? Atau, bisa juga belum mempunyai pengalaman SEO tetapi berkeinginan menjalankan SEO tanpa dasar pegangan ilmu yang cukup?

Apakah kita membangun blogterebut dengan begitu saja, tanpa harus menerapkan SEO? Tentu jawabnya tidak.
Kita tetap berkewajiban menjalankan upaya optimasi search engine (mesin pencari) alias SEO (Search Engine Optimitations).
Ketika menanggapi pertanyaan di atas, setidaknya ada alasannya logis dan sederhana.

Pada dasarnya, SEO adalah sebuah cara untuk membuat situs atau blog kita semakin “terlihat”. Ketika pada satu fase,  ketika blog kita sama sekali belum mendapatkan trafik oleh calon konsumen, justru inilah saat yang paling tepat untuk mengawali agar situs kita bisa ditemukan oleh pengunjung (konsumen).

Hal itu dikuatkan oleh beberapa pendapat internet marketer besar dunia, mengatakan bahwa SEO adalah salah satu metode marketing yang paling efektif, khususnya dalam hal biaya, khususnya bagi pemilik bisnis berskala menengah ke bawah (tanpa sokongan dana besar), dan SEO lah senjata terbaik untuk dilakukan.

Mungkin saja, pendapatan terebut Anda anggap terlalu berlebihan dengan alasan banyaknya modal yang Anda punyai, karena konsep tersebut sepertinya kurang laik dilakukan. Akan berbeda halnya dengan para pemain besar yang sudah punya modal tinggi untuk meningkatkan popularitas situsnya dengan jalan pasang iklan di situs bertrafik tinggi. Akan sangat berbeda jika usaha Anda masih tergolong kecil dan lebih cenderung membutuhkan upaya yang memang dirasa berat di awal, namun mampu memberi hasil konisten kedepannya.

Salah satu fakta akan penerapan cara "cerdas SEO", ketika kita membuat sebuah artikel, bukan tidak mungkin artikel tersebut akan terus mendatangkan pengunjung meski ditulis bertahun-tahun yang yang lalu. Ini sangat sering terjadi di situs besar yang awalnya juga hanya situs biasa.

Berdasarkan alasan itulah, sebenarnya tidak ada alasan lagi bagi Anda yang mempunyai usaha besar maupun kecil, dan berkeinginan meningkatkan penjualnnya nya secara online, untuk tidak mulai belajar dan menerapkan teknik SEO.

Oleh karena itulah, rasa kekhawatiran "sulitnya belajar SEO" tidak perlu menyelimuti peraaan Sobat, perlahan namun pasti traffik itu akan datang sendiri secara konstan.

Panduan Otimasi Kursus SEO buat Blog Baru

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk mulai menjalankan optimasi SEO bagi Anda, khususnya para pemilik blog baru/ pemula.

Silakan Kembangkan Content Strategy (Konten adalah Raja)

Sebagai teknik awal yang perlu dipahami, strategi konten memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan, karena faktanya butuh banyak hal yang perlu dipersiapkan, termasuk action-nya nanti seperti apa.

Di luar bayangan yang tinggi tersebut, faktanya pelan tapi pasti, teknik yang satu ini sangat wajib dilakukan dan imbasnya akan memberikan hasil jika dijalankan secara maksimal.
Dalam persepektif strategi konten di sini bisa diartikan sebagai langkah pembuatan serta optimasi kualitas konten yang kita buat.
Dari situ, pada kenyataannya banyak pemilik situs atau blog yang ragu-ragu untuk menjalankan content strategy karena banyaknya pekerjaan harus dilakukan nantinya.Jika memang anda tidak mempunyai keinginan yang kuat untuk mengembangkan bisnis berbasis online, mungkin akan berat menjalankannya.

Namun, jika memang sudah berniat, hal pertama yang harus Anda pahami adalah saat ini konsumen membutuhkan jawaban yang memuaskan bukan konten yang asal-asalan.

Setiap orang tentu bisa membuat tulisan dalam bidang tertentu, namun tidak semua orang bisa membuat tulisan yang berkualitas serta mampu benar-benar memberikan solusi atas permasalahan konsumen.
Singkatnya dengan apa yang saya katakan itulah yang disebut dengan authority content.
Sebagai salah satu contoh untuk bidang internet marketer yang sering kita dengar kehebatannya dalam menaikkan trafik, seperti situs Backlinko dan CopyBlogger. Kedua situs tersebut adalah situs yang hanya fokus mengembangkan konten berkualitas. Mereka mampu menjadi situs besar bukan karena memposting banyak konten, namun karena mereka mengedepankan kualitas konten dengan sangat pefect.

Konten semacam ini lah yang sangat berdampak besar bagi pekembangan situs mereka, secara perlahan namun konsisten bisa membuat posisi mereka di atas pesaing lainnya. Sekali lagi saya katakan, kata kuncinya adalah, konten berkualitas adalah raja.

Baca juga: Cara Membuat Artikel SEO Agar Halaman Pertama Google

Lalu sebenarnya bagaimana sih langkah berikutnya cara membuat autority content tersebut?

Menurut beberapa pakat di dunia internet marketer, setidaknya ada dua poin utama, yakni sesuaikan dengan apa yang kita fahami dan pikirkan, serta do it now atau silakan take action sekarang juga.

Terkadang kita itu merasa tidak percaya diri dengan apa yang sudah kita miliki. Kita memandang "rendah" atas apa yang Tuhan berikan pada kita. Kita merasa tulisan kita tidak laik dibaca orang dan berbagai macam alasan lain yang malah membuat kaki dan tangan stagnan di tempat.

So, cobalah percaya diri dan meyakini atas setiap anugerah Tuhan kepada kita.

Membaungun Network dan Menjaga Etika Komunikasi dengan Pembaca

Saat ini bisa dibilang sudah tidak saatnya hanya mengandalkan bola ke kaki kita, namun bagaimana pola hubungan yang udah kita jalin bisa berjalan secara maksimal. Atau bahkan bisa jadi kita baru akan memulai hubungan kepada pembaca tersebut.

Setidaknya, pola "akhlak" yang baik dalam berkomunikasi juga menjadi dasar utama membangun sebuah jaringan yang akan sangat bermanfaat nantinya.

Proses jalinan inilah yang akan sangat berguna menjadi sebuah bangunan kokoh yang bisa kita jadikan fokus marketing kita nantinya. Return Visitor ini pula yang saya rasa menjadi senjata bagus bagi kita.
Setidaknya ada satu kata kunci dalam membangun jaringan ini, yakni pola komunikasi kita sukses, peluang sukses membangun link building juga akan berkembang pesat.
Adakah saran media yang tepat dalam membangun jaringan ini?

Sudah saya katakan, bahwa dari kita memberikan pelayanan maksimal kepada setiap pelanggan walau hanya sekedar membalas komentar mereka di kolom komentar, itu saja juga sebagai wujud komunikasi dengan media yang ada.

Terlbih lagi, Sobat semua saat ini juga sudah akrab dengan yang namanya media sosial. Silakan manfaatkan sebaik-baiknya untuk hal kebaikan dan kemajuan usaha Anda. Jangan malah digunakan untuk hal sepele yang akhirnya membuang waktu percuma sia-sia.

Cobalah kita untuk menghidupakn sebuah forum pelanggan, atau setidaknya forum diskusi mengenai branding yang Anda kelola saat ini, dan tentunya tertuju pada perusahaan Saudara.

Lalu sebenarnya adakah hubungannya metode jaringan dengan SEO?

Ternyata dalam beberapa waktu sekarang, pola memanfaatkan jaringan sangat berhubungan erat dengan kemajuan SEO blog kita.

Secara sekilas dan agar mudah dipahami biar tidak ngelantur ke sana kemari, silakan tanamkan pemahaman tujuan SEO seperti seorang tokoh internet marketr dunia, Neil Patel di bawah ini:
  • Mendatangkan trafik sebanyak-banyaknya
  • Mengerti pendapat pembaca, dalam hal ini konsumen
  • Membangun authority
Langkah wajib ntuk memperoleh ketiga hal di atas tentu saja secara organik adalah kepercayaan dari dedikasi diri kita (branding) terhadap konsumen online. Jika mereka yakin akan keberadaan kita, akan sangat mudah bagi kita untuk memperoleh traffic. Eloknya lagi dengan sukarel mereka juga akan membagikan konten yang kita tulis melalui media sosial atau situs jejaring lainnya.

Dari teori sederhana itulah sebenarnya trafik yang secara perlahan namun pasti dan bahkan akan terus meningkat dapat kita capai.

Buatlah desain situs Anda user friendly (mobile friendly)

Hal ini suda saya jelaskan panjang lebar dalam artikel sebelumnya. Namun secara singkat, pola penggunaan teknolobi mobile dalam setiap aktifitas online yang berhubungan dengan kehidupan khalayak saat ini sudah sangat tinggi.

Dengan begitu, menjadi langkah wajib yang haru Anda lakukan apabila tidak ingin kehilangan peluang trafik tinggi dari perangkat mobile. Sebagai salah satu contoh, situs Forum Blogger Indonesia ini saja rasioa kisaran pembaca melalui Desktop dibandingkan dengan perangkat mobile sekitar 70:30 %. Angka 30% ini bisa kita maknai secara signifikan begini.
Jika data pembaca situs kami terbaru saat ini 21.302 setiap harinya, maka angka 30% dari data tersebut berkisar 6.390 pengunjung. Coba bayangkan, besar juga kan?
Hal itu akan mulai terasa bagi Anda (misalkan dalam kondisi baru membuat blog atau situs baru) yang tentu saja hanya beberapa pembaca tiap hari, silakan kalikan dengan angkan 30% nya, pasti akan sangat terasa.

Oleh karena itulah, silakan bangun blog Anda dengan konsep desain mobile friendly. Sudah banyak kok template responsive gratis. Tetapi saran saya, silakan gunakan saja template responsive premium, dengan harapan Anda tidak perlu melakukan optimasi secara internal yang malah membuat kerjaan tambahan.


Demikian sekilas informasi mengenai Panduan Optimasi SEO buat Blog Baru [Pembahasan Komplit] yang saya rasa laik untuk segera Anda lakukan sekarang juga. So, semoga bermanfaat dan jangan lupa beri masukan kepada kami tentang apa yang sudah say tulis ini.

Salam sukses.
Thank you for reading the article entitled Panduan Optimasi SEO untuk Blog Baru [Pembahasan Komplit]

                                    Forum Blogger Indonesia                               
    Forum Blogger Indonesia Updated at: 4:37:00 PM

0 komentar Panduan Optimasi SEO untuk Blog Baru [Pembahasan Komplit]

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di forum ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger