10 Tips Optimasi SEO Onpage Terbaru Sesuai Algoritma Google 2017

10 Tips Optimasi SEO Onpage Terbaru Sesuai Algoritma Google 2017
Optimasi SEO Onpage adalah faktor-faktor utama yang akan menentukan teroptimasi atau tidaknya blog Sobat terhadap search engine yang dilihat dari dalam blog Anda sendiri.

Itu artinya, Sobat diwajibkan melakukan optimasi di dalam website anda sendiri secara optimal dan terarah.

Optimasi SEO Onpage bertujuan agar search engine bisa secara maksimal mengetahui (indexing) apakah blog atau website Sobat memang relevan/sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna. Endingny tentu saja tidak hanya itu, para user akan mencari informasi dari blog kita dari tingkat kualitas konten terbaik.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka sebenarnya ketika kita berbicara optimasi SEO Onpage, maka ada 2 hal pokok yang semestinya Anda fahami, yakni:
  1. Relevansi konten
  2. Kualitas konten
Ketika blog atau website kita mengesampingkan dua komponen di atas, "mustahil" bisa mendapatkan peringkat 1 di mesin pencari.

Perlu Anda ketahui pula, bahwa dalam optimasi SEO, sebanarnya ada kategori optimasi lain selain optimasi SEO onpage, yakni optimasi SEO off-page. Namun begitu, jika dibandingkan dengan optimasi SEO Onpage, maka yang lain tidak ada bandingnya. Kesimpulannya, tanpa menerapkan optimasi on page maka akan percuma anda melakukan strategi lainnya.

Dalam pembahasan ini, sebenarnya inti dari optimasi SEO onpage adalah sangat sederhana, yakni ada 4 poin utama:
  1. Blog Anda bisa bermanfaat bagi pembaca
  2. User frindly (memudahkan pengunjung dalam melakukan eksplorasi)
  3. Memuaskan pembaca (merasa betah ketika membaca konten Anda)
  4. Search engine bisa mengindesk dan mengerti struktur blog anda
Saya kira empat point di atas bisa mudah difahami. Namun ada satu pertanyaan, "lebih mementingkan mesin pencari atau pengunjung"?

Jika Anda mendapatkan pertanaan seperti itu, apa jawaban Sobat?

Perlu Sobat ketahui, parameter yang digunakan mesin pencari sebenarnya adalah "psikologi" pembaca. Ketika pembaca puas dengan apa yang mereka dapatkan dari konten Anda, maka mereka akan berlama-lama di laman yang mereka buka. Dari situ, mesin pencari bisa menilai tingkat waktu yang pembaca butuhkan ketika berada di sebuah blog. Nah, itulah salah satu parameter yang mesin pencari gunakan untuk menentukan tingkat relevansai serta memutuskan kualitas blog yang bermuutu, sehingga laik ditempatkan pada posisi pertama Google.

Ini buktinya:
Margono mencari sebuah informasi mengenai panduan SEO blog, namun selang beberapa saat ia menemukan dan membuat sebuah blog. Namun hanya beberapa detik Margono menutupnya dan membuka laman lain.Bayangkan kalau anda mencari sesuatu di Google, kemudian masuk ke salah satu blog. Hanya beberapa detik saja, ia segera menutup laman tersebut dan mencari referensi lain.
Apa hipotesis Anda ketika melihat kasus tersebut?

hemat saya, bisa dipastikan bahw isi konten yang dicari Margono tidak sesuai harapannya. Dan apa yang dilakukan Margono tadi (menutup laman), akan diketahui mesin pencari atau Google. Karena Google bisa saja menggunakan metode besar kecilnya bounce rate.

Nah, di dalam penjelasan dan penjabaran artikel ini lah, kita akan mencoba memberikan ulasan kepada rekan-rekan baik para blogger pemula atau yang sudah lama melakukan aktifitas blogging tentang 10 tips optimasi SEO Onpgae blog terbaru, karena sudah menyesuaikan dengan perkembangan Algortima Google 2017 ini.

10 Panduan Optimasi SEO Onpage Blog Terbaru 2017

Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai komponen utama yang terdapat dalam optimasi SEO Onpage, diantaranya:

1. Buatah artikel dengan kualitas terbaik

Jika kita mau memperhatikan dengan seksama, tujuan seseorang ketika mencari informasi adalah "konten" atau artikel. Maka, sudah bisa dipastikan bahwa komponen utama di dalam sebuah blog atau website adalah artikel.

Itu artinya, artikel akan membawa peranan terpenting dan utama didalam melakukan optimasi SEO on-page.
Sangat mustahil sekali jika Anda ingin mendapatkan peringkat 1 search engine namun tanpa memiliki artikel yang  berkualitas.
Lalu standar konten artikel yang berkualitas itu seperti apa sih Mas?

Bagi saya pribadi, ada beberapa ciri-ciri konten artikel yang berkualitas, diantaranya:
  1. Mampu memberikan kemanfaatan kepada pembaca
  2. Mampu memberikan solusi permasalahan pembaca
  3. Lebih unggul jika dibandingkan konten artikel lain dengan jenis yang sama
  4. Tentu saja dibaca dalam waktu lebih lama dibandingkan artikel lain
  5. Memuaskan pembaca
  6. dll
Setidaknya itulah 5 kriteria konten berkualitas versi saya, kalaupun berbeda tentu Anda memiliki standar yang lebih baik daripada saya.

Sepeti yang saya sampaikan di atas, jikalau Sobat menginginkan memperoleh peringkat 1 di mesin pencari dalam waktu yang lebih lama dibandingkan dengan kompetitor lain, maka kualitas konten Anda sebaiknya memenuhi kelima hal di atas.

Perlu Anda fahami, bahwa sebenarnya apa yang saya katakan di atas sudah menuruti dan memahami apa yang menjadi saran Google yang secara terang-terangan menyatakan bahwa mereka tidak menyukai beberapa konten dengan kriteria di bawh ini:
  • Artikel dengan penjelasan singkat (thin); bisa pula dimaknai sebagai konten yang tidak berbobot
  • Kurang memuaskan pembaca (tidak memberikan nilai tambah)
  • Konten copy paste alias copas (konten yang tidak original)
  • Membuat pembaca frustrasi (karena kualitasnya rendah)
Perlu juga Anda fahami. Dalam beberapa kasus terkait pola pembuatan konten dengan kualitas rendah seperti yang saya katakan di atas, ternyata juga membaca impact yang buruk bagi blog kita. Kondisi terparahnya adalah konten seperti itu bisa beresiko penalti dari Google!

Kenapa bisa demikian?

Faktanya, Google sendiri dengan mesin pencari lain selalu aktif memperbaharui algoritma yang mereka kembangkan. Seiring berjalannya waktu, bisa dipastikan mereka akan semakin memahami kualitas dari isi sebuah konten.
Maka, berhati-hatilah dalam menerbitkan konten bagi website anda. Jika Anda memang secara sungguh-sungguh ingin memperoleh hasil yang bagus di mesin pencari, maka "wajib" anda membuat konten artikel yang berkualitas dengan menghindari beberapa hal di atas.
Silakan terapkan: Panduan Membuat Artikel Berkualitas SEO Sesuai Algortima Google 2017 

2. Blog dengan Satu Kata Kunci Populer dan Tepat Sasaran

Sudah sering kali kita katakan, bahwa salah satu faktor utama untuk meningkatkan daya tarik sebuah blog adalah isi konten yang hanya membahas satu keyword atau satu topik. Dalam bahasa asing kita sebut sebut sebagai satu niche.

Optimasi kata kunci tersebut akan sangat berpengaruh terhadap keinginan hasrat pembaca pada umumnya. Sebagai contoh, ketika Anda akan pergi berbelanja Sepatu dengan Merek A. Secara tidak sadar, stimulan otak kita akan berfikir sebuah Toko Sepatu dengan merek A. Tidak mungkin yang terlintas pertama kali di fikiran mereka adalah sebuah toko dengan berbagai macam produk Pakaian.
Hal itulah yang sebenarnya coba kita fahami, bahwa kita sebaiknya fokuskan terlebih dahulu proses pemilihan topik blog dengan kata kunci populer namun juga tepat sasaran sesuai dengan pandangan kita.
Anda bisa membuktikan sendiri terhadap isi konten 10 blog terbaik di Indonesia. Semuanya tidak ada yang membahas lebih dari satu topik.

Selain melakukan optimasi kata kunci dan topik pada judul blog, kita juga harus mengoptimasi judul posting artikel yang kita buat. Langkah termudah namun sangat bermanfaat dalam melakukan optimasi judul artikel adalah dengan melakukan riset keyword (kata kunci) sebelum menulis artikel. Kedua optimasi kata kunci dan topik pada judul situs dan posting artikel dirasa sangat populer di kalangan para master blogger saat ini.

3. Memperjelas Struktur URL Blog

Langah ketiga ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Karena untuk menentukan sebuah judul blog yang sesuai dengan riset kata kunci memang harus teliti, terlebih optimasi alamat Url konten. Ada baiknya untuk menentukan alamat ural blog yang kita buat harus menyesuaikan topik dan kata kunci yag kita tentukan, dan hal itu lebih baik.

Misalkan saja Sobat berencana membuat sebuah blog dengan niche "Kumpulan Artikel Fisika". Maka sebaiknya nama atau alamat Url yang dibuat minimal mendekati dengan segala hal yang berhubungan dengan "Fisika". Sangat tidak relevan jika Anda menggunakan nama blog "Sastra".

Selain daripada itu, ada beberapa saran dalam membuat url blog yang baik:
  • Diusahakan alamat Url yang dibuat tidak terlalu panjang
  • Minimal mudah diingat orang
  • Simple, lugas, dan unik

4. Judul Posting Artikel Menarik dan Tidak Terlalu Panjang

Point keempat ini masih ada hubungannya dengan pembahasan pertama. Usahakan buatlah judul konten artikel yang sesuai dengan topik blog. Gunakanlah kosa kata bahasa yang menarik dan mengundak perhatian pembaca. Untuk memudahkan Anda dalam membuat judul artikel, silakan fahamai sekali lagi poin ke-2 di atas, yakni sempatkanlah melakukan keyword riset.

Selain daripada itu, usahakanlah menulis judul artikel di bawah 55 karakter (huruf). Hal itu bukan karena Google tidak melakukan indeks judul dengan kriteria di luar itu, namun setau saya Google hannya menampilkan judul blog kita dengan totoal maksimal 60 karakter di laman pencariannya.

Hal itu menurut pengalaman saya sangat membantu pola persaingan di dalam mesin pencari Google.

5. Gunakan Heading Tag Judul dengan Tepat

Maksud penggunaan heading tags judul adalah penggunakan tag judul H1, H2, H3, H4 dan seterusnya di dalam sebuah konten yang kita buat. Pada umumnya, tag heading hanya dibedakan dengan beberapa parameter ukuran font, tebal, dan warna huruf. Tag heading artikel yang kita buat akan diindeks oleh mesin pencari sesuai dengan tentang topik bahasan.

6. Meta Description yang Menarik dan Mengundang Klik

Meta deskripsi adalah 1-2 kalimat yang muncul dalam hasil pencarian, contohnya adalah seperti di bawah ini:
Contoh meta description pada hasil pencarian Google
Contoh meta description pada hasil pencarian Google
Pada dasarnya, meta deskripsi sebenanrya tidak mempengaruhi posisi rangking halaman artikel anda di mesin pencari. Lalu apa tujuannya kok meta description perlu di optimasi?
Dengan meta deskripsi yang menarik, maka kemungkinan besar user akan tertarik untuk mengunjungi blog anda.
Cara optimasinya cukup mudah kok, silakan buka laman pembuatan artikel baru, dan di bagian kanan di bawah menu lokasi akan terdapat menu Deskripsi Penelusuran. Nah, silakan isi laman kosong yang tersedia dengan kalimat menarik sesuai dengan isi artikel yang Anda buat.

7. Optimasi Gambar di dalam Artikel

Untuk menambah "greget" user dalam menelusuri situs Anda, maka silakan sertakan gambar pendukung di dalam setiap artikel yang sobat buat. Selain daripada itu, bisa pula Anda menyertakan video atau file dokumen lain yang bisa mendukung kualitas artikel Anda.

berikut ini ada beberapa tips ketika ingin menyertakan gambar di dalam sebuah artikel:
  • Gunakan gambar yang berhubungan dan memberikan nilai bantu penjelasan konten
  • Gunakan tipe ekstensi yang tepat agar ukuran file tidak terlalu besar agar tidak memberatkan loading blog
  • Pastikan resolusi gambar sesuai dengan setingan template bawaan yang Anda gunakan agar hasilnya maksimal
  • Kompres gambar agar tidak memberatkan loading blog Anda
  • Tambahkan atribut alt ketika meletakkan gambar (wajib Anda lakukan)
  • Gunakan nama file (file name), judul gambar (image title), dan alternative text (alt text) dalam gambar ilustrasi posting. Caranya cukup mudah.
Nah, pada poin menambahkan identitas gambar (alt teks) hukumya wajib njeh. Caranya juga mudah kok, yakni dengan melakukan klik kanan gambar posting > properties > masukkan nama file, judul dan alternative text.

8. Optimasi Ekternal Link Alami (Grow Natural Links)

Walaupun menurut informasi di luar sana backlink sudah tidak diperhitungkan lagi, namun faktanya inbound link yang berkualitas bisa mempengaruhi posisi blog Anda di mesin pencari. Untuk lebih memahami masalah itu, saya pernah menulisnya ke dalam artikel sebelumnya.

Sayangnya, pemahaman yang benar mengenai backlink tidak diimbangi dengan cara memperolehnya, dan itu banyak sekali dilakukan para blogger. Banyak dari rekan-rekan yang hanya malah melakukan cara salah dalam mendapatkan backlink, padahal hal itu malah bedampak buruk bagi perkembangan blog Anda.

Silakan baca penjelasan ini: Teknik Mendapatkan Backlink yang Berbahaya Bagi Blog Anda

Menjadi blogger yang baik tentu akan menggunakan cara terbaik untuk memperoleh backlink berkualitas. Kalau sekedar "nyepam" atau menjadi spammer, jangan harap mendapatkan hasil maksimal dan mungkin malah penalty Google yang akan Anda dapatkan.
Don't spamming!!! Spam bisa membuat reputasi blog kita menjadi ancur dan memalukan di depanGoogle. Lakukan optimasi blog dari ancaman spam di blog Anda.
Salah sat ragam cara termudah mendapatkan backlink adalah dengan melakukan blog walking. Namun, jadilah komentator yang santun, tanpa menyetakan link hidup abal-abal, atau sekedar mempromosikan jualan obat, menjelaskan kisah perjalanan sukses hidup adan yang endingnya menawarkan jasa pencalonan PNS atau pinjaman dll. (Mohon maaf sebelumnya njeh buat para spammer).

9. Buat blog Anda Fast Laod Time (Ringan saat dibuka)

Hukum psikologi manusia, pasti tidak ada yang suka menunggu lama dan senang mendapatkan sesuatu dengan cepat. Nah, metode ini ternyata juga digunakan Google untuk menilai kualitas sebuah blog. Hal ini pula yang sebenarnya "sangat berpengaruh" terhadap tinggi rendahnya pengunjung blog Anda.

Oleh karena itulah, silakan lakukan optimasi kecepatan loading blog Anda. Banyak ragam dan cara yang bisa dilakukan, termasuk menggunakan gambar yang sesuai dan tidak terlalu memberatkan, meminimalisisr penggunaan Java Script yang berlebihan, dan masih banyak lagi.

Berikut ini adalah gambaran kenapa poin ke-9 ini sangat penting (perhatikan gambar grafik di bawah ini):

Grafik penjelasan peringkat wesbite disandingkan dengan kecepatan loading
Grafik penjelasan peringkat wesbite disandingkan dengan kecepatan loading
Berdasarkan keterangan artikel yang ditulis oleh Billy Hoffman di MOZ, terlihat bahwa website yang berada dalam peringkat atas memiliki waktu respon (ketika dibuka) memerlukan waktu yang lebih singkat.

Silakan test saja kecepatan loading blog Anda menggunakan tools yang direkomendasikan Google, yakni Google Page Speed Test. Jika hasil pengujian kecepatan loading blog Anda kok dibawah angka 75, silakan segera lakukan perbaikan (biasanya sudah disertakan saran perbaikan situs Anda di laman tools tersebut).

Jika Anda merasa susah dan tidak terlalu faham ketika ingin melakukan perbaikan, silakan saja ganti template blog yang baru, dan tentu saja carilah kriteria template SEO fast loading.

10. Optimasi Desain Blog Anda (Responsive Desain)

Responsive tidaknya sebuah blog akan sangat berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung. Karena untuk saat ini fakta menunjukkan bahwa kebanyakan orang membuka koneksi internet untuk browsing menggunakan smart phone dari pada PC (personal computer). Untuk itulah, saat ini desain blog responsive dan user friendly WAJIB Anda terapkan.

Cara mudah test responsive adalah menbuka situs blog Sobat dengan menggunakan smart phone. Anda bisa melakukan test dengan menggunakan tools Responsinator.

Untuk lebih memahami maksud saya di atas, saya sudah menjelaskannya secara panjang lebar melalui artikel 7 Kesalahan Optimasi SEO Mobile yang Berdampak Fatal

Jika tampilan blog Anda terlihat rapi dan bisa menyesuaikan layar smart phone yang kita gunakan, berarti desain blog kita sudah memenuhi kriteria saran Google saat ini. Jika belum, segera beralih dan gunakanlah template blog responsive.

Untuk memantabkan hasil pembahan kita mengenai panduan optimasi SEO Onpage 2017, silakan fahamai penjelasan dari Brian Dean berikut ini (jangan hanya membaca artikel ini, namun silakan perhatikan dengan seksama) video berikut ini:



Demikian sekilas informasi mengenai 10 Tips Optimasi SEO Onpage Terbaru Sesuai Algoritma Google 2017 yang mungkin masih sarat makna dan kata bermanfaat bagi Anda. Namun begitu, harapannya semoga dengan penjelasan ini bisa membantu berkembangnya blog Anda, dan akhirnya salam sukses selalu.

Jika memang ada hal yang perlu didiskusikan, silakan hubungi kami melalui laman contact di atas atau meninggalakan komentar Anda di bawah ini. (http://www.forumblogindo.com)

0 Response to "10 Tips Optimasi SEO Onpage Terbaru Sesuai Algoritma Google 2017"

Post a Comment

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di forum ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger