6+11 Hacker Indonesia yang Mendunia

Hacker Indonesia yang Mendunia
Hacker dari Indonesia memang tidak bisa dianggap remeh. Mereka merupakan asli dari generasi cerdas dan pintar dalam melakukan peretasan terhadap situs institusi terkenal bahkan ada yang sampai di tingkat Internasional.

Dilansir Suara Merdeka edisi Minggu 16 April 2017 kemarin, bahwa ada sosok peretas alias hacker berusia 19 tahun bernama Sultan Haikal telah melakukan peretasan terhadap situs tiket.com. 

Dari hasil peretasannya tersebut, dikabarkan ia memperoleh materi berkisar sejumlah Rp.4,1 miliar, jumlah nominal yang begitu besar.
Namun, dari perbuatannya yang tergolong melanggar hukum tersebut, ia terancam hukuman pidana kurungan penjara 8 tahun dengan denda Rp.800 juta.
Pada dasarnya, kasus peretasan yang dilakukan oleh anak bangsa dengan kemampuan di atas rata-rata tersebut dengan kategori melanggar hukum sering kali terjadi tidak hanya sekali.

Seperti halnya pada kisaran tahun 2004, seorang pemuda bernama Dani Firmasnyah telah mampu menerobos sistem kemamanan situs KPU [Komisi Pemilihan Umum].

Berdasarkan informasi, sebenarnya apa yang dilakukan Dani Firmansyah hanya sebatas ingin melakukan test sistem kemanan situs KPU Pusat, dan ternyata hasilnya masih bisa ia bobol dengan mudah.

Walau demikian, ia akhirnya tetap dihukum dan sempat dikurung di penjara selama 6 bulan. Sebagai dampaknya, sekarang ia dikenal sebagai sosok Praktisi sistem keamanan profesional.

Dan masih banyak lagi potret figur pemuda asal Indonesia yang melanglang buana di dunia hacker, dan terkadang hal itu digunakan untuk hal kebaikan dan begitu pula sebaliknya, tergantung sejauh mana nilai rasa setiap hacker.

Baca juga: 8 Ahli dan Pakar SEO Indonesia Terbaik dan Terpopuler

5 Hacker Terpopuler di Indonesia

Berikut ini adalah daftar nama hacker dari Indonesia yang terkenal dan populer bahkan berkelas Internasional; dan hebatnya mereka adalah para senior kita semua dalam dunia teknologi informasi jaringan komputer tentunya:

1. Jim Geoved

Siapa sih yang tidak kenal dengan sosok bernama Jim Geoved? Ia adalah seorang praktisi bidang kemananan sistem situs profesinoal. 
Dalam pekerjaannya saat ini, dulu ia pernah melakukan peretasan dan berhasil membobol sistem keamanan sebuah satelit Tiongkok milik klien. Hebohnya lagi, mas Jim mampu menggeser posisi koordinat satelit yang ia bobol sistem keamanannya tersebut. 
Karena hal itulah, Mas Jim Geoved dikenal sebagai peretas dari Indonesia kelas dunia (bereputasi global). Keren bukan?

Bahkan, menurut BBC News, Jim Geoved yang berkelahiran tanggal 28 Juni 1979 itu menyebutnya:
"doesn't look like a James Bond villian, but possesses secrets that some of them might kill for"

Beliau saat ini juga sering sekali menjadi keynote spekaer dalam forum peretas Internasional. Dengan kapabilitasnya yang luar biasa tersebut, bahkan beliau pernah berujar bahwa ia mampu mengendalikan jaringan internet di seluruh Indonesia, mengamati atau mengalihkan lalu lintas trafik data yang keluar masuk.

Selain daripada itu, beliau juga mampu memodifikasi semua transaksi keuangan.

2. Dani Firmansyah

Mas Dani Firmansyah ini merupakan sosok muda energik dan kemampuan dalam peretasan juga tidak bisa dianggap remeh. Hal ini sudah saya ceritakan dalam muqoddimah artikel ini di atas. Xnuxer, nama panggilan Dani Firmansyah di dunia bawah tanah.

Salah satu hasil karya Bapak Dani Firmansyah bagi pengguna open source seperti linux adalah distro five CD yang dia namakan XNUXER yang berbasiskan Debian 3.1. Distro yang sama dengan nama Lab risetnya ini.

3. Onno W. Purbo A.K.A Kang Onno

Siapa juga yang tidak kenal dengan sosok Bapak Onno W Purbo ini.  Onno W. Purbo A.K.A Kang Onno merupakan seorang ahli di bidang komputer yang berasal dari Indonesia. 

Kang Onno sapaan akrabnya ini adalah alumni dari ITB (Intitut Teknologi Bandung) dan mengambil jurusan Teknik Elektro pada tahun 1981. Setelah lulus, dia melanjutkan pendidikannya di Kanada dengan beasiswa dari PAU-ME. Dia juga sering diundang di seminar-seminar dan konferensi nasional maupun internasional.

4. Hmei7

Hmei7 merupakan inisial nama yang beliau gunakan dalam dunia maya. Salah satu kehebatan anak bangsa ini adalah ketika beliau berhasil mengacak-acak situs blogging seperti Wordpress. Bahkan menurut informasi yang saya dapatkan, beliau juga telah berhasil meretas (deface) ribuan situs di dunia. Dengan kemampuannya tersebut, beliau dikenal juga sebagai Mass Defacer dunia.

5. XsvsHacker

Sama seperti Hmei, XsvsHacker merupakan nama inisial yang sering beliau gunakan dalam dunia maya. Salah satu kehebatan beliau adalah mampu meretas database NYPD pada tahun 2011, melakukan defacing lebih dari 430 ribu situs di seluruh dunia, meretas database game Zynga sampai membobol server situs kemanan kepresidenan Israel.

6. 4prili666h05T

Seperti halnya Hmei dan XsvsHacker, 4prili666h05T juga merupakan nama identitas dalam dunia maya yang juga belum diketahui pasti identitasnya.

Berdasarkan informasi, bahwa 4prili666h05T  pernah melkukan peretasan terhadap situs perusahaan perusahaan besar seperti Mcdonalds, KIA, IBM, McAfee dan masih banyak lagi, dan yang paling booming adalah pada saat meretas lebih dari 2000 website israel dalam satu hari di tahun 2014.

Selain daripada itu, diinformasikan juga bahwa beliau mampu menyebarkan data rahasia FBI ke publik, dan pernah membuat bingung NASA karena dia juga pernah mencuri salah satu Drone NASA dan mengambil semua data data rahasia dari Drone tersebut.

Itulah setidaknya 5 hacker dari Indonesia berkelas Internasional. 

Daftar 10 Hacker Terkenal di Dunia

Nah, berikut ini jug saya cantumkan beberapa nama hacker terkenal dan populer di dunia:
  1. Astra
  2. Albert Gonzales
  3. Owen Walker
  4. Adrian Lamo
  5. Jonathan Joseph James
  6. Michael Calce
  7. Kevin David Mitnick
  8. Yunus Attsaouly
  9. Garry McKinnon
  10. Jim Geoved
Adakah hikmah yang bisa kita ambil dari informasi ini?

Setidaknya, beliau adalah sosok-sosok senior kita dalam bidang jaringan komputer dan telekomunikasi. Mereka adalah sosok inspiratif kemajuan dalam hal kebaikan (kita ambil sisi positifnya).

Semangat ingin belajar dan bertekat ingin "bisa" menjadi salah satu hal yang patut kita contoh, ya tentu saja untuk sumbangsih kita sebagai generasi penerus untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia, amin.

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu. (*.http://www.forumblogindo.com).

2 Responses to "6+11 Hacker Indonesia yang Mendunia"

  1. min.. sepertinya ada kesalahan penulisan tahun di postingan atas "Bahkan, menurut BBC News, Jim Geoved yang berkelahiran tanggal 28 Juni 2979 itu menyebutnya"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas..sudah saya perbaki..terimakasih sekai atas koreksinya mas...salam

      Delete

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di forum ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger