Tips Eksis Ngeblog Paling Efektif agar Halaman Pertama Google

Tips Eksis Ngeblog Paling Efektif agar Halaman Pertama Google
Bagi rekan-rekan blogger yang mendalami dunia blogging, proses membuat artikel memang menjadi "momok" yang menakutkan. Pasalnya membuat artikel menjadi salah satu proses yang paling krusial dan dapat menentukan kesuksesan Anda kedepannya. 

Diluar itu semua, ada kalanya juga saat kita merasa susah dan kesulitan untuk membuat artikel yang unik dan fresh, karena beberapa alasan seperti situasi kondisi, waktu, serta bahan artikel, dan mungkin pula banyaknya agenda lain yang harus segera diselesaikan.

Nah, dalam kesempatan ini ada beberapa trik dan tips agar tetap eksis ngeblog namun dengan kondisi yang saya ceritakan di atas. So, silakan disimak secara tuntas njeh.

Tips Eksis Ngeblog Paling Efektif dan Efisien Waktu

Sebuah kondisi yang saya ceritakan di atas akan sangat terasa sekali jika Anda dalam melakukan aktifitas blogging karena hanya ingin mendapatkan uang semata. Kenapa saya bilang demikian?

Terkadang karena faktor uang itulah, membuat kita susah untuk gigih belajar dan belajar. Selain daripada itu, bisa juga kekurangan bahan artikel bisa timbul akibat ketidak fahaman Anda dengan topik blog yang dipakai. Selain sulit, ya tentu saja tidak akan bisa membuat artikel yang unik dan fresh.

Jika hal itu yang terjadai pada Anda, maka tidak ada jalan lain kecuali melakukan aktifitas blogging dengan merubah mindset pla pikir suskse bloggging bisa diraih secara singkat; selain daripada itu buatlah blog dengan minat, "bakat" dan tumbuhkan rasa cinta pada apa yang Anda lakukan.
Mungkin hal lain akan terasa berbeda manakala Anda sudah secara verkala dan sudah memiliki blog dengan basis artikel yang cukup banyak dan lama. Nah, jika ini kasusnya, maka ada trik dan tips blogging yang bisa kita lakukan dengan tujuan tetap eksis blogging namun bisa memberikan kualitas artikel yang mumpuni, unik dan fresh, yakni dengan memposting ulang konten lama kita.

Manfaat Melakukan Update Ulang (posting) Artikel Lama

Makna melakukan posting ulang artikel lama adalah, melakukan update atau pembaruan dari artikel lama yang sudah pernah kita tulis sebelumnya. Tentu saja jika hal itu kita lakukan, maka dampaknya adalah kita bisa menerbitkan artikel baru dengan tanggal posting tersebut menjadi anyar kembali. Jadi secara tidak langsung, artikel tersebut akan berubah menjadi artikel baru tanpa harus membuat konten yang sepenuhnya fresh.

Namun demikian, ada beberapa hal yang mesti Anda lakukan jika menerapkan langkah ini. Salah satu langkah yang wajib Anda diperhatikan ketika ingin melakukan update artikel adalah jangan sampai meruubah alamat URL konten tersebut. 

Alasannya, karena jika kita mengubah URL konten, secara tidak langsung konten tersebut akan dianggap sepenuhnya baru tanpa mempertimbangkan posisi sebelumnya dari konten tersebut yang sudah terekam di mesin pencari. Terlebih lagi, jika memang artikel lama tersebut sudah mempunyai backlink berkualitas, tentu sangat sayang jika kita kehilangan tautan tersebut.
Artikel lain: Panduan Membuat Artikel Berkualitas SEO Sesuai Algortima Google 2017

Nah dalam berikut ini ada beberapa alasan mengapa kita perlu melakukan posting ulang artikel lama dengan metode yang sudah saya jelaskan di atas.

1. Artikel Sudah Ketinggalan [Usang]

Ketika kita sudah mempunyai artikel lama yang sudah masuk jajaran mesin pencari, terlebih halaman pertama Google, dan artikel tersebut dilihat pengunjung. Karena alasan redaksi artikel yang sudah lama bukan tidak mungkin mereka akan segera beralih mencari sumber informasi lain yang lebih fresh dan teranyar. 

Maksud artikel ketinggalan jaman yang saya maksud di sini tentu saja dimaknai sebagai sebuah artikel yang memuat informasi yang terdapat dalam posting tersebut sudah tidak lagi relevan dengan kondisi terbaru saat ini. Oleh karena itulah, dengan melakukan posting ulang artikel, maka kita bisa membuat konten lama menjadi lebih sesuai [relevan] dengan kondisi nyata saat ini sehingga bisa berimbas tidak akan mengecewakan visitor.

Salah satu contoh di dalam situs ini adalah artikel yang berjudul 17 Blog terbaik di Indonesia. Artikel ini secara real time saya update, namun juga tidak sepenuhnya saya buat artikel baru, karena memang posisi serp artikel saya tersebut sudah bagus di mesin pencari.

Adapun hal yang perlu diindahkan adalah, ketika kita hanya memiliki sedikit modifikasi konten, mungkin kita tidak terlalu perlu mempublish ulang pada artikel tersebut. Tetapi akan lebih baik jika artikel tersebut memang perlu untuk diperbaiki atau ditambahkan informasi dalam jumlah besar, seperti yang saya contohkan di atas.

2. Konten Tidak Masuk Halaman Pertama Google

Berdasarkan hasil penelitian dikatakan bahwa 91% dari orang yang mencari melalui mesin pencari, hanya melihat hasil pencarian di halaman pertama. Sisanya 9% baru meneruskan pencarian pada halaman kedua dan seterusnya.

Saya kira perspektif berfikir tersebut patut kita akui. Hayo siapa di antara rekan-rekan yang lebih cenderung menggunakan informasi pada halaman kedua Google?

Coba bayangkan jika artikel lama yang kita miliki tidak berada di posisi pertama namun di halaman kedua Google. Jika kita melakukan update terhadap artikel tersebut, entah menambahkan informasi menarik lainnya, kemudian menerbitkan ulang, tentu ada kemungkinan kita mendapat tambahan share media sosial serta komentar yang berarti bisa lebih mendorong konten tersebut masuk halaman pertama.

3. Konten Harus Di Update Menyesuaikan Kondisi Terbaru

Faktanya, ada beberapa topik blog, yang intinya ada informasi yang memerlukan update secara berkala. Sebagai contoh blog dengan topik bahasan tentang aplikasi atau software. Tentunya seiring berjalannya waktu, maka informasi mengenai software atau aplikasi tersebut mengalami pembaruan baik dari sisi fitur, informasi atau hal lainnya.

Nah, itulah alasan kenapa kita pelu membuat artikel yang sesuai dengan 'jamannya'. Apabila kita mempunyai artikel seperti ini, maka sangat disarankan bagi Anda untuk secara rutin melakukan publish ulang. 

4. Memanfaatkan Update Algoritma Google Terbaru

Salah satu update algoritma Google terbaru yang paling penting dalam beberapa tahun belakangan ini adalah, bagaimana Google tidak hanya memperhatikan exact keyword namun juga memperhatikan semantic keyword. Hal ini disampaikan salah satu internet marketer berkelas di Indonesia, yakni Mas Maxmanroe.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Ancaman Algoritma Google Terbaru 2017 : Fred Update

Exact keyword adalah sebuah keyword atau kata kunci yang benar-benar sama. Misalkan saja ada artikel yang membahas tentang tips SEO blog, maka exact keyword yang dimasukkan adalah hanya “tips SEO blog” saja. Namun ironinya, saat ini Google juga sudah memperhatikan keyword yang bersifat semantik. 

Dalam kasus yang contohkan, maka kata kunci “tips SEO blog”, Google juga mempertimbangkan konten yang berisi kata kunci lain seperti “tips SEO blog terbaik”, “tips SEO blog paling jitu”, “tips SEO blog terampuh” dan masih banyak lagi.

Nah, dengan melakukan update terhadap artikel lama tersebut, kita bisa memaksimalkan dengan menambahkan semantik keyword ke dalam konten tersebut. Dengan begitu, kesempatan untuk menaikkan peringkat konten di halaman pertama mesin pencari kita bakal lebih meningkat.

Demikian sekilas informasi mengenai Tips Eksis Ngeblog Paling Efektif dan Efisien Waktu Agar Bisa Halaman Pertama Google. Semoga bermanfaat, dan selamat menunaikan sholat jum'at bagi yang menjalankannya, amin.

0 Response to "Tips Eksis Ngeblog Paling Efektif agar Halaman Pertama Google"

Post a Comment

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di forum ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger