Home » , , » Tips Memilih Nama Domain yang Baik untuk SEO Blog Anda

Tips Memilih Nama Domain yang Baik untuk SEO Blog Anda

Tips Memilih Nama Domain yang Baik untuk SEO Blog Anda
Memilih dan menentukan nama domain memang bukan sebuah pekerjaan yang mudah. Tidak serta merta kita bisa dengan “tepat” memilih nama domain bagi situs yang akan kita kelola.

Selain daripada itu, memilih nama domain yang tepat adalah salah satu hal yang penting ketika ingin membangun sebuah website (atau blog).

Seorang blogger pemula yang baru belajar ngeblog biasanya tidak memikirkan secara matang ketika ingin memilih nama domain (termasuk saya dulu).

Alasannya sederhana saja, karena kata gampang dan mudah sebenarnya ebih identik dengan “asal membuat”. Sama halnya dengan topik langkah sebelum membuat nama domain, tentu apa jadinya jika kita hanya asal-asalan memilih nama domain, yang akibatnya dikemudian hari kita merasa tidak sreg dan suka dengan nama situs yang dimiliki.

Dengan gambaran sederhana itulah, ternyata ada langkah benar yang perlu dilakukan sebelum memilih dan memutuskan nama domain sebuah situs atau blog.

Perlu kita fahami bersama, bahwa nama domain sebuah situs atau blog akan menjadi ciri secara umum dari keseluruhan isi bahasan artikelnya. Lihat saja misalkan situs besar di Indonesia, seperti took bagus, detik, kompas dll. Melihat dari nama domainnya saja, kita sedikit banyak akan mengetahui deskripsi dari sits tersebut.

Jadi, bias kita katakana bahwa nama domain itu bersifat unik, mempunyai ciri khas tersendiri.
Melihat fakta tersebut, bisa dipastikan bahwa seorang blogger akan membuat nama domain sesuai dengan ciri khas keunikan blog yang mereka bangun.
Ketika ada beberapa rekan blogger yang berdiskusi dengan Saya, beliau menanyakan beberapa hal terkait factor-faktor apa saja yang bisa mendukung kesuksesan sebuah blog atau situs. Pada saat itu pula, beliau menunjukkan salah satu situs yang ia buat, dan saya diminta memberikan masukan terhadap situs yang telah ia buat.

Anehnya:

Nama domain yang digunakannya sangat panjang sekali, walaupu tidak lebih dari satu suku kata. Namun dengan menambahkan satu huruf yang sama di akhir nama domain dengan jumlah lebih dari tiga. Sebut saja misalkan "www.tokobagussss.com".

Study kasus itulah yang menjadikan kami perlu untuk menulis ulasan artikel ini.

Baca juga: Manfaat Custom Domain bagi SEO Blog

7 Tips Memilih Nama Domain Blog yang Baik untuk Blog Anda

Berikut ini ada beberapa hal penting yang perlu dilalakukan sebelum memilih dan menentukan nama domain bagi sebuah situs blog atau website. Diantaranya:

  1. Nama domain yang sesuai dengan tujuan, topik/kata kunci (keyword) yang akan dibahas
  2. Nama domain harus unik dan mudah diingat
  3. Nama domain yang pendek
  4. Jangan menggunakan tanda hubung (-) minus
  5. Pemilihan ekstensi yang tepat
  6. Usahakan jangan menggunakan nama merek brand tertentu
  7. Jangan gunakan domain gratisan

Keenam langkah di atas mungkin menjadi pijakan utama bagi Sobat sebelum memutuskan nama domain.

1. Nama domain yang sesuai dengan tujuan, topik/kata kunci (keyword) yang akan dibahas

Sudah sering kali kita sampaikan, bahwa "tujuan" dalam pembuatan situs menjadi dasar semua pengembangan selanjutnya dalam membangun sebuah blog berkulitas. Kesesuaian antara tujuan dengan nama domain menjadi faktor penting.

Kenapa demikian?

Tujuan ngeblog dengan nama domain mempunyai hubungan erat yang tidak bisa dipisahkan, saling berkesinambungan dan mendukung satu sama lain.

Jika kita berbicara tujuan ngeblog, maka sudah sewajarnya jika hal itu berkesesuaian dengan topik atau kata kunci yang akan dibahas.

Contoh sederhananya:

"Pak A bertujuan membuat toko online merek B. Alangkah baiknya Pak A membuat nama domain yang ada kaitannya dengan merek B yang akan diulas dan dibahas di dalam setiap artikel posting."
Jika yang terjadi tidak demikian, maka orang akan meraa aneh apabila melihat ketidak sesuaian antara topik yang dibahas dengan nama domain.

Contoh kasusnya:

"Pak A membuat situs tips blogging. Namun kenyataannya beliau memilih nama domain www.tokosepatu.com dan artikelnya berisi tips kesehatan".

Jadinya ya kurang SEO dan tidak bagus kedepannya.

2. Nama Domain yang Unik dan Mudah Diingat

Dari melihat dan memahami penjelasan langkah pertama saja, kita akan lebih mudah menerapkan langkah kedua ini. Nama domain hendaknya unik, berciri khas dan mudah diingat. Hal ini disadari atau tidak, akan sangat membantu meningkatkan trafik dari pendatang unik, alami.

Pendatang alami di situs kita salah satunya ya karena telah mengingat isi konten tulisan yang baik, informatif dan memberikan solusi permasalahan. Setelah itu tentu selanjutnya ia akan memikirkan nama domain situs jika ingin membaca artikel yang sama sebelumnya atau sekedar mencari informasi lain yang dianggap terpercaya dari situs yang pernah ia baca.

Misalkan saja www.forumblogindo.com ini. Nama domain ini dipilih karena memang bertujuan untuk komunits para blogger. Para blogger di sini tidak sekedar dari blogspot saja, namun juga dari wordpress. Itu artinya, nama domain ini bersifat unik dan luas namun tetap fokus pada aktivitas blogging.

Baca juga: Tips Eksis Ngeblog Paling Efektif agar Halaman Pertama Google

3. Nama Domain harus Pendek (Jangan Melebihi 3 Suku Kata)

Sebenarnya tidak ada aturan baku dalam menentukan jumlah kata minimal atau maksimal dalam format penulisan nama domain situs blog atau website. Tetapi tidak mungkin juga kan ada orang yang memilih nama domain dengan jumlah yang buanyak huruf.

Banyak contohnya kok. Misalkan saja situs besar di Indonesia, seperti detik.com, kompas.com, olx.co.id dan lainnya.

Tetapi apakah kita salah bila memilih nama domain yang melebihi satu suku kata seperti contoh di atas?

Tidak juga. Idealnya adalah satu suku kata. Namun kekurangannya, karena memang saat ini perkembangan dunia blogging sudah pesat, akibatnya memilih nama domain yang unik, pendek cuma satu suku kata sangat sulit. Apalagi harus menyesuaikan topik/keyword (kata kunci) yang akan dibahas.

Dari beberapa nasehat dan saran pada Mastah blogger, alangkah lebih baiknya "kalau bisa" satu suku kata saja. Namun jika tidak memungkinkan, maksimal menggunakan tiga suku kata tanpa menyertakan jenis huruf yang sama secara berurutan.

Contonhnya saja seperti yang dilakukan Mas Sugeng, salah seorang master blogger Indonesia yang terkenal dengan desain template dan tips SEO nya. Awalnya nama domainnya adalah www.massugeng.com. Namun akhirnya beliau ubah menjadi www.sugeng.id.

Huruf "s" yang secara urut akan sangat tidak efektif dan berakibat fatal. Jika sobat ingatnya www.masugeg.com, maka ya terjadi alamat yang salah dan pasti menyasar pada alamat situs orang lain.

4. Jangan Memilih Nama Domain dengan Tanda Hubung Minus (-)

Dari beberapa masukan dari Mastah juga, penggunaan tanda minus ngendikane bisa dikira spam. Namun seara harfiah, pemilihan nama domain yang menggunakan tanda minus juga dirasa mengurangi sifat ke-unikan dan kekhasannya.

Selain itu, tanda minus juga dapat menambah banyaknya karakter huruf serta akan sulit dihafalkan. Namun demikian, ada juga salah satu situs yang populer dengan menggunakan tanda minus di dalam nama domainnya.

5. Nama Domain dengan Ekstensi yang Tepat

Yang dimaksud ekstensi di sini adalah nama akhiran yang terletak diakhir nama domain. Sebut saja misalkan www.forumblogindo.com, atau www.forumblogindo.id, atau www.forumblogindo.org dll. Jelas sekali bahwa ketiga contoh tersebut menggunakan nama ekstenti berbeda, yakni .[dot]com; org; dan id.

Banyak sekali kok nama ekstensi sebuah domain. Intinya, nama domain dengan eksetenti khusus tersebut mempunyai ciri khas, aturan, kekurangan dan kelemahan masing-masing. Mau memilih yang mana, silakan sobat pelajari dulu kelebihan dan keurangan berbagai ekstensi domain.

6. Jangan Menggunakan Nama Domain dengan Merk Brand Tertentu

Hal ini sebenarnya tidak begitu kami khususkan dalam pembahasan ini. Namun karena sedikit banyak hal ini juga penting kedepannya, maka sedikit kami sampaikan. Kekhawatiran kami adalah, apabila rekan-rekan suatu saat dituntut dari yang punya merk brand yang sobat gunakan sebagai nama domain kan berbahaya. Alih-alih alasan apapun, nama brand juga termasuk hak cipta, jadi dilindungi Undang-undang.

7. Jangan gunakan domain gratisan

Hal yang perlu diperhatikan adalah sebisa mungkin untuk tidak menggunakan domain gratisan alias free use.

Domain gratisan biasanya sering dicari oleh blogger pemula yang tidak sabar kepengin pakai domain sendiri tapi belum punya uang atau "pura-pura" nggak punya uang untuk membayar domain berbayar. Setidaknya itu perkataan Mas Sugeng.

Cotoh domain gratisan tersebut misalkan seperti dengan akhiran .GA, .TK, .ML, dll.

Memang kenapa, Mas? Kalau ada yang gratisan kenapa harus beli?
Jika Anda ingin membangun sebuah blog untuk dikelola secara serius maka memakai domain gratisan adalah hal yang kurang cerdas.
Inilah alasannya kenapa Anda saya disarankan untuk tidak menggunakan domain gratisan [jika ingin serius blogging]:
  • Domain gratis tidak sepenuhnya gratis, biasanya hanya gratis tahun pertama atau ada persyaratan khusus yang sobat tidak ketahui. Suatu saat Anda bisa kehilangan akses domain tersebut tanpa pemberitahuan
  • Domain gratis sering digunakan oleh blog-blog spam. Suatu saat bisa kena banned oleh Google (dulu sudah pernah terjadi)
  • Bisa berpotensi dianggap pembaca kurang profesional. Jika sudah begitu, maka isi tulisan Andapun akan dianggap kurang kredibel.
  • Kurang begitu keren
Kesimpulan

Kecermatan dalam memilih dan menentukan nama domain situs blog atau website menjadi hal wajib yang harus dilakukan bagi setiap blogger. Ketika pemenuhan kriteria nama domain yang bagus seseuai dengan keenam kriteria di atas, maka kita hanya perlu melakukan langkah selanjutnya. Yakni pemilihan desain situs dan diteruskan dengan konten yang berkualitas.

Dengan dilaksanakannya faktor penentu rangking blog di Google (search engine), bisa dipastikan hal itu menjadi senjata paling ampuh dalam menuju ketercapaian tujuan ngeblog kita. So, semangat aja njeh.

Demikian sedikit ulasan mengenai 7 Tips Memilih Nama Domain yang Baik untuk SEO Blog Anda. Untuk mempermudah Sobat dalam menentukan pilihan nama domain dengan biaya murah namun berkualitas, silakan baca artikel kami tentang 25 provider terbaik di Indoneia saat ini. Semoga bermanfa'at. Salam blogger, Good luck and happy blogging.
Thank you for reading the article entitled Tips Memilih Nama Domain yang Baik untuk SEO Blog Anda

                                    Forum Blogger Indonesia                               
    Forum Blogger Indonesia Updated at: 10:14:00 AM

1 komentar : Tips Memilih Nama Domain yang Baik untuk SEO Blog Anda

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di forum ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger