Home » , , » 4 Faktor SEO Terpenting untuk Optimasi SEO Paling Jitu 2017

4 Faktor SEO Terpenting untuk Optimasi SEO Paling Jitu 2017

4 Faktor SEO Terpenting untuk Optimasi SEO Paling Jitu 2017
Faktor SEO merupakan sesuatu yang bisa dibilang barang "ghoib" dan menjadi perbincangan para blogger dari dulu sampai sekarang.

Banyak pula praktisi yang sebenarnya juga masih berkutat dan berfikir keras untuk mencari titik temu ideal dan tentu saja bisa bertahan lama. 

Karena disadari atau tidak, ketika sudah membicarakan masalah SEO, kita akan terpaku pada perkembangan algoritma Google seperti Panda yang sampai saat ini masih berperan utama dalam penentuan ranking sebuah situs.

Hal ini pula yang sebenarnya membuat para pegiat optimasi SEO website, sperti halnya search engine seperti Google tidak pernah mengumumkan secara terang-terangan semua faktor SEO yang mereka gunakan sampai saat ini.

Banyak pakar SEO yang selalu mengupayakan dengan mencoba memperkirakan kira-kira faktor SEO apa saja yang sangat berperan besar dan menyimpulkan apa saja faktor SEO terpenting serta mendapatkan priorotas utama dalam menerapkan optimasi SEO jitu khususnya di tahun 2017 ini, dan setidaknya bisa konstan untuk beberapa tahun kedepan.

Hal ini sudah dilakukan oleh beberapa situs kenamaan dunia, seperti MOZ, backlinko, dan masih banyak lagi praktisi SEO internasional yang tengah dan telah melakukan penelitian mengenai 4 faktor SEO terpenting dalam upaya optimasi EO paling jitu bagi sebuah webite.

Pada kesempatan kali ini, selain sudah agak rehat beberapa saat tidak update menulis karena adanya beberapa kesibukan melayani pelanggan pembelian template SEO, saya mencoba memberikan informasi yang saya tahu yakni mengenai 4 bagian besar dari faktor SEO yang wajib anda ketahui. Percaya atau tidak, setidaknya itu yang saya tahu dan coba saya ulas kali ini, dan tentu saja saya sesuaikan dengan perkembangan algortima Goole terbaru seperti Fred Update.

4 Faktor SEO Terpenting untuk Optimasi Halaman Pertama Google

Nah, langsung saja mari kita ulas satu persatu 4 faktor SEO utama dalam sebuah website guna mendapatkan tempat priorotas di halaman pertama Google. Bagi Anda yang merasa sudah berhasil dalam SEO, tips kali ini silakan dilewati saja. Namun bagi Sobat yang merasa perlu belajar dan menambah ilmu mengenai SEO, silakan diperhatikan dengan seksama njeh.

Adapun 4 faktor SEO terpenting di dalam melakukan optimasi SEO webite Anda meliputi beberapa hal di bawah ini:
  1. Keyword
  2. Onpage and Ofpage
  3. User experince
  4. Backlink

Keyword

Banyak sekali para blogger yang belum percaya sepenuhnya mengenai hal ini. Ya walaupun jujur untuk saya sendiri juga kurang begitu maksimal dalam menerapkan cara riset kata kunci dalam menulis sebuah artikel. Namun begitu, ya tidak semuanya saya tinggalkan metode ini. Memang dalam setiap artikel terkadang hanya sebagai pelepas waktu luang dengan berusaha menerapkan teknik optimasi SEO untuk artikel.

Ada kalanya juga memang sengaja menyempatkan melakukan riset keyword guna mentarget artikel tersebut. Sebut saja misalkan artikel saya yang berjudul "blog terbaik 2017". Sedangkan contoh artikel tanpa riset kata kunci misalkan template SEO killer terbaru 2017. Artikel ini memang tidak terlalu saya optimasi SEO nya, namun pada kenyataannya masih bisa nembus pada halaman pertama Google sejak saya publish. 

Untuk lebih memahami metode penentuan kata kunci yang bagus menurut Google, silakan baca cara kerja Google dalam melakukan peringkat situs.

Faktor SEO Onpage

Faktor SEO Onpage sebenarnya berkaitan dengan point pertama, karena pada dasarnya point pertama juga masuk pada pembahasan kedua ini. Namun begitu, perlu Anda fahami, bahwa SEO Onpage merupakan hal yang paling pertama langsung bersentuhan dengan search engine. Optimasi Onpage adalah faktor SEO yang menentukan apakah halaman website anda akan diindex di kata kunci yang anda harapkan.

Faktor SEO onpage yang menentukan apakah halaman website anda dianggap relevan untuk kata kunci yang anda inginkan. Jika halaman website anda dianggap tidak relevan untuk kata kunci yang anda targetkan, maka optimasi anda yang selanjutnya akan sangat sulit.

Biasanya, pada pembahasan SEO onpage banyak blogger yang hanya berkutat pada sosok konten semata. Namun bagi saya, lebih pada hal itu condong pada secara umum dan tidak erfokus pada konten semata. Misalkan stuktur url, topik dll. Karena pembahasannya cukup panjang, maka untuk lebih jelasnya mengai pembahasan komponen dan bagaimana caranya melakukan optimasi SEO Onpage, silakan baca panduannya pada artikel sebelumnya.

Faktor SEO User Experience

Nah, pada bagian "user experince", sedkit banyak sobat pasti sudah bisa menerka kira-kira apa optimasi yang harus dilakukan. Ketika kita sudah melakukan optimasi SEO Onpage secara maksimal, ternyata hal itu masih belum cukup untuk memperoleh juara halaman pertama Google. Pada dasarnya, SEO Onpage ini hanya akan menjadi jalan terpenting gna membantu Google melakukan craling konten anda dan menganggapnya cukup baik untuk diberikan kepada user.

Kesimpulannya, saat ini Google akan sesekali menghidangkan konten anda ke penggunanya melalui tahapan yang lumayan "njlimet", dan istilah kerennya adalah melakukan peringkat situs, khususnya laman.

Pada sisi ini, maka sebenarnya Anda akan kembali pada bagaimana cara membuat artikel yang berkualitas, sesuai dengan pola pikir Google itu sendiri. Oleh karena itu, dalam pembahasan SEO sebelumnya, saya pernah menulis artikel mengenai 10 Tips Optimasi SEO Onpage Terbaru Sesuai Algoritma Google 2017.

Lalu sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan user experince sebuah website?
Secara sederhana, makna dari user experince adalah banyaknya reaksi pengunjung terhadap website Anda.
Berbicara mengenai user experince sebuah blog atau website, ada komponen penting yang mesti anda perhatikan, seperti pernyataan berikut ini:

Apakah desain web anda mempunyai navigasi yang mudah ditelusuri oleh pengunjung?
Apakah desain web anda responeive atau mobile friendly?
Apakah tulisan anda enak dibaca?
Apakah pengunjung terpancing berkomentar?
Apakah pengunjung membaca artikel anda yang lain?

Pada point itu, maka sebenarnya secara mudah Google akan melihat secara seksama apakah pengunjung blog anda mampu bertahan serta melewati batas waktu tertentu; ataukah mengunjungi halaman lain dari website anda; atau malah menutup dan mencari reverensi dari website lain? Nah, dalam hal ini erat kaitannya dengan istilah bounce rate. 

Faktor SEO Backlink

Backlink adalah salah satu metode yang sering digunakan para blogger untuk meningkatkan rangking blog di Google. Bakclink juga menjadi alasan kuat para blogger kesana kemari hanya sekedar untuk mendapatkannya. Backlink oh backlink.

Dalam banyak artikel yang sering kita jumpai, saat ini backlink memang masih menjadi misteri. Kenapa saya katakan begitu?

Kenyataannya, banyak blogger yang mengatakan bahwa backlink sudah tidak berguna lagi dalam penentuan rangking sebuah website atau blog. 
Walaupun begitu, sebenarnya backlink juga masih mempunyai porsi penunjang dalam hal ini. Memang, posisi backlink untuk saat ini sudah tidak menempati urutan pertama sebagai faktor penentu ranking sebuah situs.

Di sisi lain, faktanya juga masih banyak kalangan internet marketer dunia yang memberikan pernyataan bahwa backlink juga masih berpengaruh besar dalam menentukan kualitas rangking sebuah blog.

Percaya yang mana?

Bagi saya, cara termudah kita tetap menggunakan backlink dalam upaya optimasi SEO blog kita. Siapa tahu ternyata masih beguna secara maksimal, karena kembali pada prinsip pertama:
SEO memang sebuah perkara gaib yang harus kita pelajari secara seksama.
So demikian sekilas informasi pelengkap belajar ngeblog kali ini. Semoga artikel 4 Faktor SEO Terpenting untuk Optimasi SEO Paling Jitu 2017 bermanfaat, dan jangan lupa untuk selalu berbagi ilmu kepada sesama dengan memberikan masukan pada artikel ini. Kali saja anda kurang sepakat dengan apa yang saya katakan kali ini. Salam sukses buat kita bersama.
Thank you for reading the article entitled 4 Faktor SEO Terpenting untuk Optimasi SEO Paling Jitu 2017

                                    Forum Blogger Indonesia                               
    Forum Blogger Indonesia Updated at: 2:22:00 PM

1 komentar : 4 Faktor SEO Terpenting untuk Optimasi SEO Paling Jitu 2017

  1. Its a wonderful post and very helpful, thanks for all this information. You are including better information regarding this topic in an effective way.Thank you so much

    Installment loans
    Payday loans
    Title loans
    Cash Advances

    ReplyDelete

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di forum ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger