Home » , , » Pengertian cPanel Web Hosting-Manfaat dan Fiturnya

Pengertian cPanel Web Hosting-Manfaat dan Fiturnya

Pengertian cPanel Web Hosting-Manfaat dan Fiturnya
Pengertian cPanel Web Hosting

cPanel adalah web hosting control panel yang paling populer di dunia. Fasilitas ini memudahkan pemilik account hosting untuk mengatur seluruh fasilitas web hosting yang dimilikinya.

Beberapa fasilitas pengaturan web hosting memang menjadi sangat populer sebagai satu bentuk kemudahan yang dapat memudahkan pengelolaan situs yang Anda miliki. Untuk fasilitas panel atau pengontrol panel web hosting sebenarnya banyak sekali. Namun, di antara tersebut cPanel web hosting lah yang paling terkenal dan memiliki kredibilitas terbaik di mata para blogger semua.

Secara simpel, makna cPanel adalah sebuah Web hosting control panel. Bahasa lain yang mudah difahami adalah cPanel, kita bisa mengatur server yang letaknya sangat jauh entah di dalam atau di luar negeri yang dipakai untuk hosting website kita ini dengan mudah.

Secara leluasa kita bisa mengatur beberapa fungsi dari server tersebut dengan mudah. Bayangkan jikalau tanpa memakai Cpanel ini kita harus bolak-balik ke tempat server tesebut berada untuk mengatur beberapa fungsi seperti mengatur Domain atau menginstal script semacam #wordpress atau Joomla.

Cpanel ini di sediakan oleh perusahaan pemilik server tersebut. Dikarenakan, cPanel ini di instal langsung di server yang bersangkutan.

Kini sebagai garis besar cPanel dapat di ibaratkan sebagai sebuah jembatan yang akan memperintahkan teknik ke berbagai program pendukung website yang telah ada di web server milik anda. Beberapa program pendukung yang terdapat di cPanel web hosting misalnya saja seperti MySQL, php, LiteSpeed, Apache.

Fungsi cPanel Web Hosting

Melalui cPanel, Anda dapat mengelola berbagai fasilitas hosting, diantaranya :
  1. Mengelola e-mail
  2. Mengupload website
  3. Membuat dan mengupload database
  4. Melihat statistik website
  5. Membuat atau menghapus name atau user di database MySQL
  6. Dapat di guankan untuk menciptakan email forwarder
  7. Untuk mengatur konfigurasi PHP
  8. Untuk mengupload file website dan juga database
  9. Untuk konfigurasi keamanban folder website
  10. Untuk melihat statistik dari kunjungan website anda
  11. Untuk mengatur sub domain atau dapat juga menambah domain
  12. Untuk instal Script Website, dan masih banyak lagi
  13. dll
Berbagai fungsi cPanel web hosting di atas tentu penggunaan fasilitas ini dapat memudahkan segala aktivitas anda dalam pengelolaan website yang anda miliki. 

Baca juga: Cara Memperbaiki Fatal Error Require_once di Wordpress Self Hosting

Lalu bagaimana cara login cPanel web hosting yang kita miliki?

Pada umumnya, kita akan diberikan tutorial cara penggunaan web hosting yang kita gunakan dari provider. Namun, Untuk login ke cPanel, kita juga bisa membukannya dengan mengunjungi alamat tertentu. Alamat ini bersifat rahasia dan diinformasikan di dalam email dari pihak web hosting. Biasanya cPanel bisa diakses dengan menambahkan “/cpanel” ke nama domain, seperti www.forumblogindo.com/cpanel.

Cpanel sendiri ini berbayar. Namun tidak usah cemas ini sudah termasuk dalam biaya hosting yang anda gunakan. Pesaing Cpanel sendiri ada banyak namun Cpanel lah yang paling sering dipakai.
Thank you for reading the article entitled Pengertian cPanel Web Hosting-Manfaat dan Fiturnya

                                    Forum Blogger Indonesia                               
    Forum Blogger Indonesia Updated at: 10:39:00 AM

0 komentar Pengertian cPanel Web Hosting-Manfaat dan Fiturnya

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di forum ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger