Cara Daftar dan Memasang Google Analytics Terbaru

Cara Daftar dan Memasang Google Analytics Terbaru - Jika Anda mempunyai blog yang baru saja dibuat; atau sudah cukup lama mengelola sebuah blog, tidak ada salahnya untuk daftar dan memasang Google Analytics.

Beberapa manfaat utama menggunakan Google Analytics adalah untuk meningkatkan produktifitas blogging Anda. Kenapa demikian?

Google Analytics merupakan sebuah layanan yang diberikan Google kepada Anda guna memperoleh berbagai informasi terkait keberadaan blog Anda. Informasi tersebut berupa trafik yang secara real time yang disajikan dalam bentuk angka dan grafik. Demografi yang ditampilkan juga cukup jelas karena bisa berupa kawasan/ negara asal visitor dan masih banyak lagi.

Secara sederhana, Google Analytics adalah aplikasi yang pas untuk memonitor blog anda, terlebih google analytic juga sangat penting untuk pelaku bisnis online dan para pencari uang di internet karena lewat aplikasi milik google ini kita bisa mengetahui seberapa ramai blog kita.

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini ada beberapa hal pokok yang akan Anda dapatkan jika daftar dan memasang Google Analytics di blog Anda:

Manfaat Daftar dan Memasang Google Analytics di Blog

Jika Soba mempunyai blog personal atau bahkan sebuah website perusaahan/ toko online (online store), namun Anda tidak mempunyai alat monitor yang canggih guna memperoleh informasi data trafik secara real time, maka Anda harus menggunakan Google Analytics. 

Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan Google Analytics untuk website ataupun blog Anda :
  1. Untuk mengetahui jumlah visitor yang mengunjungi website.
  2. Untuk mengetahui asal daerah pengunjung blog Anda.
  3. Untuk mengetahui jumlah, asal, halaman yang dikunjungi dan masih banyak lagi secara live.
  4. Untuk mengetahui darimana situs apa yang mengirimkan lalu lintas ke situs web Anda
  5. Untuk mengetahui taktik pemasaran yang mendorong lalu lintas ke situs web Anda
  6. Untuk melihat halaman paling populer
  7. Untuk melihat laporan harian, mingguan, bulanan dan tahunan secara lengkap
  8. Untuk meningkatkan pendapatan #Google Adsense
  9. Dan masih banyak lagi
Nah, banyak banget kan manfaat dari daftar dan memasang Google Analytics di blog?

Cara Daftar dan Memasang Google Analytics Terbaru

Nah, dalam artikel ini akan kami ulas cara terbaru daftar dan memasang Google Analytics di blog dan website dengan mudah.

Pertama, jangan lupa berdo'a agar diberi kesuksesan dan kelancaran menjalankan langkah-demi langkah ini. Perlu diketahui, untuk membuat akun Google Analytics sebaiknya Anda sudah mempunyai akun email milik google yaitu Gmail. Jika Anda sudah mempunyai akun gmail, selanjutnya silakan akses situs website Google Analytics di sini.

Anda akan melihat halaman muka yang berupa options login akun google, dan silakan masukkan alamat email dan password Anda.

Setelah berhasil login maka Anda akan dibawa kehalaman dengan tiga langkah yang harus Anda ambil untuk menyiapkan Google Analytics, seperti keterangan gambar di bawah ini:
Halaman muka Google Analytics
Halaman muka Google Analytics

Jika Sudah seperti gambar di atas, silakan pilih buat akun (Sign up) seperti tanda yang sudah saya berikan pada gambar di atas, kemudian pilih website atau situs web.

Selanjutnya, silakan isi informasi website atau blog Anda pada laman yang telah disediakan, kurang lebihnya seperti keterangan gambar di bawah ini:
Laman kelengkan informasi data Google Analytics
Silakan isi data sesuai dengan informasi data blog Anda, silakan sesuai saja sesuai apa adanya.
  • Nama akun: silakan isi dengan nama blog Anda (sesuai keinginan, tidak harus saklek)
  • Nama situs web silakan isi dengan nama blog Anda, misalkan www.forumblogindo.com
  • Url situs web, silakan isi dengan url blog Anda (alamat domain blog anda)
  • Kategori industri, silakan isi sesuai dengan topik blog Anda, misal internet atau apapun.
  • Zona waktu pelaporan, silakan cari dan pilih region Indonesia
  • Untuk opsi lainnya biarkan saja
Perlu Anda ketahui, pada dasarnya proses pengelolaan Akun Google Analytics ini bisa dibilang fleksibel. Artinya, jika memang Anda memiliki banyak situs namun ingin dijadikan satu pengelolaan ke dalam satu akun Gmail, maka hal itu bisa saja dilakukan.

Bahkan, Anda bisa mempunyai 100 akun Google Analytics di dalam satu pengelolaan akun email. Dan juga, Anda dapat memiliki hingga 50 sifat situs di bawah satu akun Google Analytics. Dan Anda dapat memiliki hingga 25 views dibawah satu properti situs.

Untuk memahinya, silakan fahami penjelasan pentingnya di bawah ini:
  1. Jika Anda mempunyai sebuah blog, Anda hanya perlu satu akun Google Analytics dengan satu properti situs.
  2. Jika Anda memiliki dua buah blog, Anda mungkin ingin membuat dua account, penamaan berbeda. Kemudian Anda kedua blog itu dimasukkan kedalam akun dengan nama sesuai keinginan.
  3. Jika Anda memiliki beberapa bisnis, tetapi kurang dari 50, dan masing-masing memiliki satu website, Anda mungkin ingin menempatkan mereka semua di bawah account Bisnis. Kemudian memiliki akun pribadi untuk situs pribadi Anda.
  4. Jika Anda memiliki beberapa bisnis dan masing-masing dari mereka memiliki puluhan website, dengan total lebih dari 50 website, Anda mungkin ingin menempatkan setiap bisnis di bawah akun sendiri, seperti akun Bisnis, akun Bisnis2, dan seterusnya.
Setelah Anda melengkap data semua informasi yang diminta oleh Google Analytics seperti keterangan di atas, silakan lakukan langkah selanjutnya sesuai keterangan gambar di bawah ini.
Setelah Anda mengisi semua informasi yang diminta oleh Google Analytics seperti diatas tadi, Anda akan melihat tampilan seperti dibawah ini Get Tracking ID. Selanjutnya Anda akan mendapatkan popup term and condition Google Analytics, yang Anda harus setujui

Kemudian Anda akan mendapatkan kode Google Analytics Anda. dan simpan kode tersebut di notepat..
Tampilan laman Tracking ID

Pada gambar di atas setidaknya Anda sudah memiliki kode Tracking ID yang selanjutnya bida diintegrasikan ke dalam Blog Anda. 

Cara mengintegrasikan/ menghubungkan kode Tracking ID Google Analytis bisa melalui dua cara, yaitu melalui laman Dashboard blogger, atau melalui laman template mode html.

Memasang ID Tracking Google analytics pada blog anda

  • Masuk pada akun blogger anda
  • Pilih menu template > Edit Html
  • Cari kode </head> pada blog anda dan paste kode analytics tepat diatas </head>
  • Simpan Perubahan
  • Coba buka kembali halaman google analytic dan tekan F5 dan lihat apakah ada pemberitahuan KODE PELACAKAN berhasil atau tidak.
  • Selanjutnya kembali pada dashboard blogger.
  • Pilih setelan > lainnya
  • Silakan Scrool ke bawah dan masukkan kode Tracking ID ke bagian Google Analytics > simpan setelan.
Cara masukkan kode Tracking ID ke bagian Google Analytics

Silakan lakukan langkah sesuai gambar di atas. Jika semua cara daftar Google Analytis di atas dari awal sampai akhir sudah dilakukan, maka Sobat sudah sukses.

Demikian sekilas informasi mengenai Cara Daftar dan Memasang Google Analytics Terbaru. Semoga bermanfaat, good luck and happy blogging. Jika ada masalah, jangan sungkan untuk menyampaikkannya melalui kolom komentar situs ini.

3 Responses to "Cara Daftar dan Memasang Google Analytics Terbaru"

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di forum ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger