Cara Mengetahui Invalid Click Activity Adsense dengan Mudah

Cara Mengetahui Invalid Click Activity Adsense dengan Mudah
Cara Mengetahui Invalid Click Activity Adsense

Pada dasarnya, tidak semua orang yang mempunyai akun Google Adsense berhati-hati manakala mendapatkan invalid click akun yang ia miliki. Tahu-tahu imbasnya memperoleh informasi bahwa akun Adsense yang ia miliki terkena pinalti dari pihak GA.

Oleh karena itu, mengetahui ciri-ciri aktivitas invalid sangat penting, karena setelah tahu bahwa ada yang tidak beres, pemilik akun bisa melakukan tindakan yang diperlukan sebelum mendapatkan warning atau bahkan sebelum website/blog dan akun dibanned.

Lalu sebenarnya apakah kita tidak bisa melakukan analisa kalau akun kita terkena aktivitas klik yang tidak valid? Adakah software khusus?

Berdasarkan hal itulah, perlu kita pelajari ciri-ciri adanya aktifitas yang mencurigakan di dalam akun Ga kita. Namun sayangnya, berbagai macam alat bantu yang bisa membantu kita untuk cek aktivitas invalid belum ada, karena banyaknya trafik yang kita peroleh juga cuma tampilan umum data angka. Belum terdapat data "rekam" jejak secara real time dan lengkap.
Saat ini, salah satu alat yang bisa digunakan untuk mengetahui invalid activity adalah dengan alat bantu dari Google sendiri seperti Google Analytics, maupun alat lainnya untuk mendeteksi aktivitas invalid.
Walaupun demikian, menggunakan tools Google ini juga terbilang susah, karena kita harus secara real time, kontinu "melihat" analisa record yang terjadi di dalam website; dan tak ayal hal itu sangat menjemukan serta menyita banyak waktu.

Baca juga: Rahasia Utama Membuat Akun AdSense Full Approve sesuai Aturan Google 2017

4 ciri Aktivitas Klik Invalid pada Google Adsense:

Berikut ini ada beberapa ciri-ciri kenapa akun Google Adsense yang sobat miliki bisa terkena pinalty bahkan dibanned oleh pihak Google Adsense, diantaranya:
1. Rata-rata klik dan tampilan (CTR - Click Through Rate), rata-rata jumlah klik dan jumlah tayangan PV (pageviews) di atas 10%.

Jika mengalami nilai CTR sama dengan atau di atas 10%, itu merupakan hal yang tidak wajar. Maka
berhati-hati saja untuk menghindari banned. Untuk mengetahuinya, berikut estimasi penghitungannya:
CTR/RKT = Jumlah Klik / Jumlah Tayangan x 100 = ......%2. Mendapatkan banyak klik secara mendadak dengan nilai komisi klik hanya $0.0
Dengan banyaknya klik namun kenyataannya Google Adsense tidak memberikan komisi atas klik tersebut, bisa menjadi indikasi terjadi bom click dan sangat riskan terkena banned. Segera perbaiki masalah tersebut.

2. Pendapatan/ Earning naik drastis, namun tidak lama kemudian turun secara drastis

Sebagai contoh, Anda mendapatkan komisis atas klik Adsense dengan komisi 1$, beberapa saat tiba-tiba turun menjadi 0.2 $, maka hal tersebut terdapat indikasi tidak wajar. Hal itu bisa saja dinilai dengan keberadaan klik secara sengaja oleh pengelola akun Adsesense tersebut, dan bisa berakibat fatal pada banned.

2. Mendapatkan banyak klik secara mendadak dengan nilai komisi klik hanya $0.0

Dengan banyaknya klik namun kenyataannya Google Adsense tidak memberikan komisi atas klik tersebut, bisa menjadi indikasi terjadi bom click dan sangat riskan terkena banned. Segera perbaiki masalah tersebut.

4. Anda mendapatkan banyak klik dari suatu wilayah (biasanya negara) dengan pageviews yang sangat kecil

Untuk point keempat ini Anda harus menggunakan tools blogger khususnya yang bisa memberikan data terhadapa akun Adsense yang dimiliki. Misalkan saja akun Google Adsense Anda diintegrasikan dengan Google Analytics.

Maksud dari point keempat ini adalah ketika akun Adsense Anda memperoleh banyak klik dari negara lain, namun pada kenyatannya klik tersebut bertolak belakang dengan tingkat ketertarikan pengunjung tersebut dengan iklan tersebut.
Beberapa pakar blogger mengatakan, bahwa prosentase dari 1000 tampilan, mungkin hanya (paling banyak) 10-20 tampilan unik yang bisa menghasilkankan klik iklan".
Jika klik yang terjadi jauh melampaui nilai tersebut, maka ada indikasi kecurangan terhadap klik tersebut dan bisa memunculkan penilaian negatif dari pihak Google Adsense.

5 Cara Mengtasi Invalid Click Activity Adsense dengan Mudah

Sudah panjang lebar kita fahami mengenai ciri, penyebab terjadinya klik tidak valid pada akun Google Adsense di blog. Untuk itu, perlu kiranya Anda memperhatikan segala informasi yang telah dibahas di atas.

Saran saya, hal terbaik adalah dengan meminimalisir segala kondisi di atas. Jika sudah terjadi penilaian aktifitas klik tidak valid terhadap akun Google Ansense yang Anda miliki, baik secara sengaja ataupun tidak, maka bisa berakibat fatal dan bahkan sampai pada banned akun.

Berikut ini ada beberapa hal yang mungkin saja bisa membantu untuk meminimalisir terjadinya invalid click activity terhadap akun Adsense Anda, diantaranya sebagai berikut:
  1. Jika sudah mengetahui ada yang tidak wajar sesuai dengan ciri-ciri yang sudah kita bahas di atas, segera lakukan perbaikan, penanganan yang tepat. Salah satu caranya adalah dengan menghentikan penayangan iklan sementara. Bisa dengan mencopot kode iklan atau menghapus alamat url blog yang dinilai sumber invalid click.
  2. Pastikan isi konten blog/ website Anda tidak melanggar ketentuan dari pihak Google Ansense.
  3. Lakukan otorisasi situs di dalam akun penayangan iklan Adsense. hal ini bertujuan agar apabila ada orang yang mencuri kode iklan Adsense Anda, dan ternyata dipasang pada situs yang "tidak baik" akan diabaikan Google Adsense,
  4. Lakukan penilaian terhadap setiap aktivitas akun Adsense Anda, baik melalui Google Analytics atau lainnya.
  5. Bisa juga dengan melakukan install Adsense Publisher Toolbar atau menggunakan aplikasi Google Adsense pada smartphone Android (yang saya tahu).
Baca juga: Hight CTR Adsense - Template SEO Friendly Responsive Jitu Ningkatin CTR Adsense

Demikian sedikit informasi tentang Cara Mengetahui Invalid Click Activity Adsense dengan Mudah. Jangan lupa untuk menyebarkan (share) informasi ini kepada rekan-rekan blogger Indonesia di manapun berada. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengetahui Invalid Click Activity Adsense dengan Mudah"

Post a Comment

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di forum ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger