Home » , , » Pengertian Web Hosting dan Tips Menggunakannya [Rekomendasi]

Pengertian Web Hosting dan Tips Menggunakannya [Rekomendasi]

Pengertian Web Hosting dan Tips Menggunakannya
Pengertian Web Hosting dan Kegunannya

Web hosting adalah sebuah layanan internet yang akan yang berfungsi untuk menyewakan tempat untuk menyimpan berbagai macam data atau dokumen yang dibutuhkan oleh sebuah web. 

Bisa pula dikatakan sebuah tempat yang di gunakan untuk pengelolaan sebuah web atau blog. Data-data yang dimaksudkan disini seperti gambar, email, aplikasi, database, dll.

Atau dengan kata lain, jika diibaratkan web hosting adalah sebuah Swalayan, maka web Anda diibaratkan sebagai sebuah ruko yang menyewa tempat di salah satu bagian Swalayan tersebut. Pihak Swalayan akan memberikan berbagai macam fasilitas yang Anda butuhkan. 

Hal itu serupa dengan web hosting yang akan menyewakan tempatnya untuk para pengguna web.


Dalam perkembagannya, ada pula istilah web hosting unlimited. Apa itu web hosting unlimited? 

Web hosting unlimited adalah sebuah layanan tanpa batas dari sebuah provider hosting. Itu artinya, proses layanan yang akan kita dapatkan tidak akan terbatasi oleh sekat yang ada, misalkan kuota dll. 

Sudah sangat lazim saat ini bahwa teknologi yang semakin berkembang pesat tentu sangat memudahkan anda dalam mengelola sebuah website untuk menjadi sebuah situs yang sangat besar. Sebagai contohnya saja rerusahaan besar seperti Google telah memberikan layanan hosting unlimited melalui blogspot yang bertujuan untuk memudahkan aktivitas blogging anda.

Lalu sebenarnya apa saja kegunaan dari web hosting itu sendiri? Apa hanya terbatas pada penjelasan di atas?

Manfaat Web Hosting dan Tips Memilih Web Hosting yang Tepat

Sedangkan kegunaan web hosting itu sendiri adalah untuk mempermudah para pengguna web untuk dapat menyimpan data yang diperlukan dalam sebuah web yang dikelolanya. Tentunya akan sedikit merepotkan jika tidak menyimpan data atau file di web hosting. 

Selain itu sebuah web hosting juga dapat menyimpan email, dapat menyimpan informasi di internet, dapat menyimpan video, dapat menyimpan gambar, dapat digunakan untuk membuat blog, dapat membuat web, dapat mempublikasikan tulisan, dan juga dapat digunakan untuk membuat survei. Biasanya tempat sebuah web hosting menarik bayaran per bulan.

Tips Memilih Web Hosting yang Benar

Saat Sobat akan mencoba menggunakan web hosting secara mandiri, setidaknya perhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Kapasitas
Hal yang harus Anda ketahui pertama kali adalah berapa kapasitas yang Anda perlukan untuk web yang dikelola, apakah Anda memerlukan 25 MB, 500 MB atau bahkan 1 GB. Anda harus memilih kapasitas tersebut dengan baik, dan sesuai dengan kebutuhan, karena semakin besar kapasitas web hosting yang akan disewa secara otomatis biaya yang harus Anda keluarkan juga akan semakin besar.

2. Bandwidth
Bandwidth adalah besarnya data transfer selama sebulan. Maksudnya adalah ketika sebuah perusahaan hosting menyediakan bandwidth 1 GB selama 1 bulan, dan Anda memiliki file HTML dengan ukuran 20 kb beserta jumlah pengunjung per hari 100 orang. 
Maka Anda akan menghabiskan bandwidth per hari 20 kb x 100 orang = 2000 kb /2 MB. Sedangkan untuk sebulan maka 2MB x 31 hari = 62 MB.
3. Teknologi
Anda juga harus menyadari benar, teknologi seperti apa yang digunakan dalam web yang dikelola, apakah Anda mengguunakan server dari Linux atau menggunakan windows. Jika Anda membuat file dnegan PHP maka web hosting yang akan digunakan juga harus mendukung file PHP tersebut.

Begitu juga ketika Anda menggunakan file dalam bentuk JSP, ASP, Perl, dll. Anda harus teliti benar dalam memesan web hosting tersebut, jika ada yang kurang mengerti tidak ada salahnya jika menanyakan langsung pada perusahaan web hosting tersebut, jangan sampai Anda salah membeli web hosting.

Bagaimana cara memilih web hosting yang tepat dan terbaik? Silakan baca review Kami di Hosting Terbaik Indonesia

4. Support
Anda juga sebaiknya memeriksa apakah layanan support dari perusahaan tersebut 24 jam. Karena ada kemungkinan terjadi masalah dnegan web Anda dan tentunya harus menanyakan langsung pada perusahaan hosting yang Anda sewa tersebut.

5. Database
Jika Anda menggunakan website secara dinamis maka pastikan bahwa perusahaan tersebut juga menyediakan layanan database. Periksa juga jumlah database yang disediakan, seperti My QSL, PostgreSQL, Access, dll.

6. Backup
Ada juga sebaiknya memeriksa apakah perusahaan hosting tersebut mempunyai layanan backup atau tidak, karena ada beberapa layanan hosting yang tidak mempuyai layanan backup, sehingga ketika terjadi sesuatu maka data Anda akan hilang begitu saja.

Demikian sekilas informasi mengenai Pengertian Web Hosting dan Tips Menggunakannya. Semoga bermanfaat, salam.

Thank you for reading the article entitled Pengertian Web Hosting dan Tips Menggunakannya [Rekomendasi]

                                    Forum Blogger Indonesia                               
    Forum Blogger Indonesia Updated at: 3:02:00 PM

0 komentar Pengertian Web Hosting dan Tips Menggunakannya [Rekomendasi]

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di forum ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger