Cara Mengatasi Iklan AdSense Tidak Tampil di Blog [Terbaru]



Beberapa waktu yang lalu, dan dari artikel ciri-ciri blog full approve yang saya tulis banyak dari rekan-rekan blogger yang menanyakan kenapa iklan adsense tidak tampil di blog, padahal unit iklan sudah dibuat dan kodenya sudah dipasang di blog.

Ada di antara temen-temen pernah mengalami hal yang sama? Jika iya, mari kita belajar bersama mengenai hal itu.

Pada kesempatan ini akan saya coba ulas penyebab iklan adsense tidak tampil di blog dan bagaimana cara mengatasinya. Jawaban ini nantinya tidak hanya berasal dari pengalaman pribadi saya, namun juga dari berbagai pengalaman teman-teman blogger lainnya yang sudah payout tiap bulan dalam bermain adsense.

Hal ini perlu saya sampaikan sejak dini, karena pada kenyataannya setiap orang mempunyai pengalaman berbeda dalam hal mengelola akun Google AdSense.

Jika kita mau meliat secara teliti permasalahan yang ada, sebenarnya pihak Google Adsense sendiri sudah memberikan penjelasan secara jelas alasan, kenapa iklan tidak tampil di blog/website, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Akun adsense ditolak
  2. Masalah browser dan masalah pencekalan iklan [ada blog iklan di browser anda]
  3. Kode AdSense Anda belum diterapkan dengan benar
  4. Anda mendaftar melalui mitra host AdSense dan menerapkan kode iklan di domain Anda sendiri
  5. Anda belum memasukkan PIN
  6. Apakah iklan berada dalam bingkai bersarang?
  7. Apakah JavaScript diaktifkan pada browser Anda?
Setidaknya itulah 7 alasan kenapa iklan adsense tidak tampil di blog anda. 

Cara Mengatasi Iklan AdSense Tidak Tampil di Blog [Terbaru]

Walaupun begitu, ada beberapa tambahan dari sendiri kenapa iklan tidak mau tampil. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Akun Adsense masih dalam tahap review, baik review pertama atau kedua

Jika iklan Adsense Anda belum tampial, ada kemungkinan akun Anda masih dalam tahap peninjauan/review pertama atau kedua. Maka bersabarlah untuk sampai benar-benar akaun adsense Anda full approve. Lama waktu full approve adsense sendiri berbeda-beda, ada yang cuma 3 hari; ada yang perlu satu minggu, bahkan ada juga yang sampai berbulan-bulan; dan untuk kasus ini saya pernah mengalaminya sendiri.

2. Akun Adsense hosted yang dipasang pada blog TLD [top level domain]

Jika sejak awal Anda mengajukan permohanan GA melalui blog gratisan (blogspot) yang belum dicustom domain, maka status akun anda [jika diterima] adalah akun hosted. Nah untuk akun GA jenis ini, bisa saja dipasang pada blog TLD, namun unit iklan tidak akan tampil, yang ada hanya berupa laman kosong widget baru yang sobat buat.
                            Solusinya tentu saja unit iklan dipasang pada blog yang sesuai dengan tipe akun Adsense. Akun Adsense hosted untuk blog yang belum custom domain; sedangkan akun Adsense non hosted bisa dipasang pada semua blog, termasuk blog gratisan maupun custom domain, seperti halnya pula pada wordpress self hosted.

                            Namun jika Anda ingin memasang iklan hosted ke blog TLD, maka silakan lakukan pengajuan akun kembali pada pihak Adsense seperti pada umumnya, dan tentu saja harus melalui tahapan review dari awal lagi.

                            3. Konten anda melanggar TOS Adsense

                            Permasalahan ini kerap muncul pada beberapa teman blogger. Jika status iklan Anda sudah non hosted, namun iklan tetap tidak muncul, masalahnya bukan karena belum full approve, namun bisa jadi pada laman konten Anda. Mungkin saja ada beberapa artikel yang sudah menyalahi TOS Adsense.

                            TOS Adsense ini terkadang tidak hanya berasal dari penggunaan kosa kata yang kita gunakan, namun bisa juga pada gambar, video atau perihal isi konten secara keseluruhan; secara jelas melanggar privacy atau hak kepemilikan dari orang lain.

                            Solusi ketika iklan adsense tidan tampil karena permasalahan TOS GA, tentu saja Anda harus benar-benar menghapus semua konten yang terindikasi menyalahi kebijakan Adsense tersebut.

                            4. Tidak ada iklan yang relevan dengan isi konten

                            Hal ini bisa saja terjadi seperti halnya pada kondisinya point ke-3 di atas. Hal ini lebih cenderung terjadi karena pada value ruang jual artikel kita, atau kondisi laman yang mungkin tidak bersesuian dengan harapan pengiklan.

                            Akibatnya, para pengiklan tidak "berminat" menampilkan iklannya pada konten yang adan buat. Pada kenyataanya kasus ini jarang terjadi, namun bisa saja Anda alami. Karena pada umumnya iklan akan tetap tampil walaupun sebenarnya tidak relevan dengan konten; dan hal ini pula yang menyebabkan nilai CPCnya rendah.

                            Solusi paling ampuh dan tentu saja bisa menjadi modal menaikkan pendapatan Adsense adalah dengan membuat blog berjenis satu topik (niche). Hal ini akan memancing para pengiklan yang sesuai dengan isi secara keseluruhan blog Anda.


                            Demikian sekilas informasi mengenai Cara Mengatasi Iklan AdSense Tidak Tampil di Blog [Terbaru]. Jika ada hal yang perlu ditanyakan, silakan cantumkan pada kolom komentar njeh., dan jangan lupa Share yah untuk membantu para temen-temen blogger lainnya. Semoga bermanfaat, salam.

                            2 Responses to "Cara Mengatasi Iklan AdSense Tidak Tampil di Blog [Terbaru]"

                            1. Mas mau tany saya punya akun blog 2 yang satu sudah di uprovel . Trus saya trapkan kode iklan di blog lain punya saya . Iklan muncul ok .. tapi pas orang lain buka blog saya iklan ga muncul kenapa ya .

                              ReplyDelete
                              Replies
                              1. Hal itu bisa jadi:

                                1. Di browser yang digunakan temen mas ada pencekal iklan.
                                2. Karena memang tidak ada konten yang relevan yang sesuai dengan topik
                                3. KOnten mas ada yang melanggar TOS Adsense

                                Untuk lebih jelasnya, hal ini sudah saya bahas sebelumnnya.

                                http://www.forumblogindo.com/2017/11/cara-mengatasi-iklan-adsense-tidak-tampil.html

                                Delete

                            Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di forum ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

                            Salam blogger