Pengaruh Kecepatan Loading Blog Terhdap SEO

Pengaruh Kecepatan Loading Blog Terhdap SEO
Pengaruh Kecepatan Loading Blog Terhdap SEO - SEO memang menjadi sebuah misteri yang tiada ujungnya. Berbagai metode, cara dan tips optimasinya begitu rumit dan tidak sekedar pola simpel nan hasil instan.

Semua hal yang berkenaan dengan SEO memang unik untuk dipelajari, termasuk menakar kecepatan pengaruh kecepatan loading blog terhadap SEO.

Faktor kecepatan loading website ini adalah sesuatu yang acap kali diperbincngkan bagi mereka yang tekun belajar SEO marketing. Apakah kecepatan loading halaman blog bisa mempengaruhi terhadap optimasi SEO suatu blog atau tidak. Kalaupun jawabannya iya, benar berpengaruh, lalu bagaimana pula langkah terbaik untuk menyesuaikan pengaruh tersebut demi kebaikan website kita? 

Nah dalam kesempatan ini mari kita pelajari lebih dalam topik ini bersama-sama.

Dalam beberapa kasus, dan fakta di lapangan ini mungkin membuat banyak para SEO-er bingung, dan hal ini menjadikan kita membuat kesimpulan yang salah. Acap kali kita temukan, menilai kulitas sebuah website melalui peringkat di laman Google, dengan metode menilai kecepatan loadingnya.

Hasilnya tentu saja membuat kita tercengang terbelalak, dan muncul pertanyaan besar kenapa ada website yang terbuka dalam waktu 11 detik, mereka bisa memiliki posisi ranking lebih baik daripada website yang terbuka hanya 2 atau 5 detik saja?
Salah satu fakta di atas menjadi sedikit gambaran bahwa kesalahan yang begitu lumrah adanya mengenai penilaian "hanya kecepatan loading blog" yang berpengaruh terhadap SEO.

Baca juga: 3 Tips SEO Paling Simpel Hasil Maksimal yang Wajib Anda Coba

Pengaruh Kecepatan Loading Blog Terhdap SERP Google

Mari kita luruskan bersama pemahaman yang salah terlebih dahulu. Perlu difahami, bahwa kecepatan loding terhadap halaman blog itu bukanlah satu-satunya faktor optimasi SEO. Sehingga kesimpulan mengenai halaman website yang bisa terbuka lebih cepat dari website lain, tidak berarti halaman web tersebut akan memiliki posisi ranking lebih baik.

Titik poin selanjutnya yang harus kita mengerti adalah besarnya kecepatan halaman web anda terbuka itu bukanlah faktor SEO. Hal ini akan begitu penting karena ada perbedaan istilah antara "kecepatan loading halaman website terbuka" dengan "kecepatan loading halaman website".

Jika kita berbicara kecepatan loading halaman website terbuka, maksudnya adalah seberapa lama laman sebuah web bisa terbuka. Sedangkan maksud dari kecepatan loading halaman website adalah seberapa cepat respon waktu yang diperlukan oleh browser anda menerima byte data pertama sejak anda menekan enter atau mengklik link. Atau bahasa sederhananya kecepatan respon server, dan istilah ini dinamakan Time To First Byte.

Masih bigung ya? Yuk kita pelajari lebih pelan.

Dalam artikel yang sudah banyak saya tulikan di sini, bahwa salah satu faktor penting sebuah wesbite bisa berada di halaman pertama Google adalah dengan kualitas artikel yang baik, dengan komponen seperti artikel yang panjang, lengkap dengan data pendukung seperti gambar, video atau record suara lainnya.

Nah, dengan ketentuan "umum" seakan menjadi baku tersebut tentu saja akan memiliki komponen data yang lebih besar dibandingkan dengan artikel yang hanya terdiri dari tulisan saja. Nah, jika sudah demikian, maka artikel yang panjang tadi memiliki prosentase kecepatan saat dimuat lebih lama dibandingkan dengan artikel yang singkat tadi.

Maka, bukan berarti artikel yang bisa terbuka lebih cepat tadi memperoleh penilaian SERP yang lebih bagus, karena bisa jadi respons time to firs byte nya lebih cepat dibandingkan dengan artikel pendek tadi. Jadi, ketika dicari di Google, artikel yang lengkap tadi berada di Pejwan.

Malah tambah bingung lagi?

Alasan Google Tidak Menyukai Webite yang Kecepatan Halaman Terbukanya Lebih Lama

Saya perjelas kembali, bahwa yang dimaksud Time To First Byte adalah kecepatan respon server, atau waktu yang dibutuhkan oleh browser dalam menerima byte data pertama saat kita menekan "enter" sebuah link.

Ikhwal di atas diperkuat oleh beberapa hasil percoban para praktisi internet marketer dunia. Dalam beberapa analisa yang dilakukan para praktisi SEO di luar negeri tersebut, faktanya tidak ditemukan hubungan antara kecepatan terbuka halaman web dengan ranking di SERP.

Namun fakta lainnya, mereka memperoleh data bawa parameter Time To First Byte sangat berpengaruh terhadap SERP.
Hasil penelitian tersebut adalah semakin cepat Time To First Byte dalam 0,3 detik, akan mendapatkan ranking 5 sampai 7 peringkat lebih baik daripada website yang merespon dalam waktu 0,9 detik.
Hal di atas sedikit banyak akan membuat kita faham, misalkan dengan beberapa kasus kenapa website yang dulu di host di server lain menjadi susah ranking saat pindah ke server atau web hosting yang lain; padahal kontennya tidak jauh berbeda. Sehingga bisa kita katakan, bahwa dalam hal ini faktor server sangat berpengaruh.

Itulah kenapa, sebenarnya jika diperhitungkan dari poin ini salah satu keunggulan blog gratisan seperti blogspot lebih unggul dalam hal kecepatan respon server dibandingkan dengan lainnya.

Hal ini pula yang harus menjadi perhatian para pemula yang sudah ingin beralih menggunakan wordpress self hosting, Anda harus berhati-hati dengan time to first byte seperti yang sudah saya jelaskan di atas.
Selain daripada itu, point yang tidak kalah penting adalah tidak hanya memperoleh kesimpulan di atas, dalam penelitian tersebut juga diperoleh data bahwa website dengan ukuran konten halaman yang semakin besar (bermakn artikel yang lengkap-berkualitas) juga akan ranking lebih baik, walaupun ukuran halaman yang lebih besar ini akan membuat waktu muat yang lebih lama.
Lalu bagaimana cara kita mengetahi besarnya Time To First Byte ?

Caranya cukup mudah kok, silaka saja masukkan URL anda pada tool berikut http://www.bytecheck.com/

Jadi apakah kecepatan loding blog berpengaruh terhadap SEO?

Demikian sekilas infromasi mengenai Pengaruh Kecepatan Loading Blog Terhdap SEO. Semoga bermanfaat, salam.

1 Response to "Pengaruh Kecepatan Loading Blog Terhdap SEO"

  1. Ganti-ganti template mulu.. Itu ngaruh kan ?? dan saya search di google ga ada postingan terkait di deskripsi penelusuran

    ReplyDelete

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di forum ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger