Pengaruh Nama Domain Country TLD (Top Level Domain) Terhadap SEO

Pengaruh Nama Domain Country TLD (Top Level Domain) Terhadap SEO
Pengaruh Nama Domain Terhadap SEO

Salah satu tahapan yang tidak kalah penting di dalam membuat blog berkualitas adalah memilih nama domain yang tepat. 

Nama domain di sini tidak sekedar sebuah "logo", tulisan singkat yang mudah diingat, namun juga sebagai sebuah branding yang menjadi sangat penting bagi eksistensi web kita ke depannya.

Jika tahapan di atas dalam prose pemilihan nama domain sudah terpenuhi dengan tepat, maka selanjutnya kita perlu memperhatikan kualifikasi domain tersebut nantinya. Maksudnya begini. Sudah menjadi hal umum, jika menjadi blogger pemula biasanya menggunakan platform "hosting" domain gratis, seperti halnya blogspot maupun #wordpress.com.

Nah, dalam kaitannya perkembangan yang lebih baik, setidaknya nama domain dengan menggunakan top level domain menjadi rujukan utama. Sobat pasti sudah sering kali mendengar, bahwa pada saat membeli sebuah nama domain anda akan melihat bahwa ada domain yang berakhiran TLD yang cukup umum seperti .com, .info, .org, .net, dll. Namun ada juga yang berakhiran dengan kode negara, seperti .tk, .ga. .id, .cn, dan masih banyak lagi. 

Kenapa hal itu bisa terjadi?

Jika hal di atas belum cukup memberikan pemahaman lanjut, coba saja Sobat membuka blog yang baru saja dibuat, pasti default alamat domainnya akan berakhiran .id, bukan .com. Hal ini karena memang kita berada di wilayah negara Indonesia. Nah istilah hal itu dinamakan dengan "country top level domain".

Berikut ini adalah beberapa contoh comain TLD untuk Indonesia:

.id — General
go.id — Government and Governmental System
mil.id — Military
my.id — Personal/Blogger
ac.id — Academic Institutions
biz.id — Small and Medium Commercial Entities
co.id — Commercial Entities
desa.id — Villages
net.id — Communication/ISP Company
or.id — Formal Organizations/Community
sch.id — Schools
web.id — Informal Organizations/Personal

Jadi semua nama domain yang TLD-nya memakai .id itu adalah untuk spesialisasi di Indonesia dalam hitungan SEO mesin pencari. Anda yang baru belajar SEO harus memutuskan juga target negara optimasi ini sebelum memilih nama domain untuk website anda.

Pengaruh Country Domain TLD (Top Level Domain) Terhadap SEO

Perlu difahami, bahwa kode country top level domain ini memberikan informasi secara khusus pada wilayah yang tertuju pada optimasi SEO yang Sobat lakukan. Apabila Sobat menggunakan kode top level domain yang berbasis negara, maka itu akan membantu blog sobat mendapatkan poin ekstra untuk ranking di negara tersebut.

Bisa dikatakan, website kita mendapatkan nilai tambahan karena menggunakan CTLD di negara tersebut. Imbasnya, tentu saja menguntungkan posisi hasil SERP mesin pencari.

Walaupun demikian, tetap saja ada sisi-sisi lain, entah ini nantinya dikatakan dampak negatif atau sebaliknya. maksundya, ketika branding kita bisa "populer" di kalangan sendiri, tentu saja belum tentu jika dinilai dari jumlah target yang lebih luas, seperti antar negara (di luar negara lain).

Nah, sisi itulah yang menurut saya country TLD seperti ini akan membatasi website kita untuk ranking di negara lain.

Kesimpulan

Memilihi nama domain jelas menjadi sangt penting bagi SEO website kita (secara harfiyah). Ditambah lagi dengan pertimbangan penggunaan Country Top Level Domain (cTLD) bagi website kita tentu akan menambah kualitas marketing nantinya. Selama optimasi SEO yang kita lakukan sudah optimal tanpa menyalahi TOS, maka langkah yang Sobat lakukan dalam membangun web berkualitas sudah terpenuhi separuh, sisanya silakan konsistensi dalam membuat konten yang baik.

Jadi kalau memang target marketing utama Anda adalah di negara lain, silakan saja gunakan cTLD yang sesuai, begitu pula selanjutnya. Lalu bagaimana jika target kita umum? Sesuai namanya, maka silakan saja pilih nama domain dengan akhiran .com (commercial).

Demikian sekilas informasi mengenai Pengaruh Nama Domain TLD (Top Level Domain) Terhadap SEO. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk follow dan subscribe Forum Blogger Indonesia, salam.

0 Response to "Pengaruh Nama Domain Country TLD (Top Level Domain) Terhadap SEO"

Post a Comment

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di forum ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger