7 Tools Riset Keyword Checker Terbaik 2017

7 Tools Riset Keyword Checker Terbaik 2017
7 Tools Riset Keyword Terbaik 2017 - Apabila Anda ingin memperoleh kenaikan visitor secara konstan dan selalu naik dari Google, maka sebaiknya gunakan tools alat riset kata kunci paling bagus di antara lainnya.

Kenapa demikian? Secara, hari ini "bejibun" banyaknya alat yang bisa kita gunakan untuk memperoleh gambaran kata kunci yang kita harapkan.

Lalu sebenarnya berapa waktu yang kita butuhkan untuk memperoleh trafik visitor organik dari Google? Semenjak Google melakukan udapte Algoritmanya, dan selalu melakukan proses secara realtime terhadap berbagai kata kunci dari para pelanggan rata-rata 40.000 hasil pencarian yang ia keluarkan per detik, maka untuk menjawab target kata kunci yang Anda harapkan juga memerlukan beberapa waktu.

Nah, oleh karena itulah, agar Anda benar-benar bsia mendapatkan hasil kata kunci secara maksimal yang tentu saja akan berimbas pada hasil trafik yang tinggi, maka silakan saja gunakan alat bantu "check" keyword baik premium atau free tools keyword.

Baca juga: Cara Jitu Target Keyword untuk Halaman Pertama Google

7 Best Keyword Research Checker 2017

Dalam dunia internet marketer, kita sering kali menemukan berbagai alat yang bisa kita gunakan untuk melakukan analisa kata kunci yang nantinya bisa kita jadikan "target" utama ke dalam konten website.

Berikut ini ada beberapa alat riset keyword terbaik versi kami di tahun 2017 ini. Hal ini tidak tanpa alasan, namun juga karena berbagai pandangan dari para blogger maupun kalangan internet marketer dunia.

Berikut selengkapnya:

1. Semrush Checker 

Semrush

SEMrush adalah salah satu tools research keyword terbaik yang saya ketahui. Selain bisa memberikan berbagai informasi mengenai kata kunci baik short maupun longtail keyword, tools ini juga mampu memberikan informasi seberapa besar nilai, "value" CPC yang akan diperoleh dari kata kunci yang kita dapatkan.

Hal itu sangat berguna bagi Anda tentunya sebagai seorang internet marketer, yakni bisa menaikkan nilai pendapatan Anda dari usaha CPC adverstiser. Selain dari pada itu, tools ini juga mampu memberikan hasil berbeda dari sekitar 131 negara.

Secara sederhana berikut adalah beberapa fitru yang akan Anda dapatkan jika menggunakan Semrush:
  • Whether you want it to be a broad or exact match
  • CPC range
  • Competition level range
  • Volume range
  • Word count
  • etc
2. Google AdWord Checker 

Semenjak Google menjadi salah satu alat pencarian terpopuler di dunia, Google AdWord menjadi salah satu alat pencarian kata kunci terbaik pula. Selain daripada itu, salah satu keunggulan dari Google AdWord adalah memiliki fitur gratis alias free tools, walaupun juga tersedia fitur berbayar.

Jika Anda menggunakan Google AdWord, Anda akan mendapatkan beberapa hasil pencarian kata kunci dengan berbagai penayangan volume per bulan dan jumlah nilai pengiklannya. Contohnya adalah sebagai berikut:
Hasil riset kata kunci dengan Google AdWord
Contoh Hasil riset kata kunci dengan Google AdWord
3. MOZ Checker 

"Moz is one of the best resources available when it comes to SEO, so it’s not much of a surprise that their Keyword Explorer is so great. You can search for two queries per day for free, but you need to upgrade to a paid plan if you want to search for more than that. Since you almost definitely need to search for more than that, you’ll be paying $150 a month for their basic plan. They do have a free 30-day trial, though, so you can test it and see how you like it, first.", kata salah seorang praktisi internet marketer dunia.

Sebagai gambarannya, silakan perhatikan hasil analisa dari MOZ di bawah ini:
Contoh hasil analisa dari MOZ
Contoh hasil analisa dari MOZ
Nah, jika Anda berniat menggunakan jasa dari MOZ, bukan tidak mungkin website Anda akan menjadi kebanjiran trafik.

4. Keyword Tool Checker 

Alat analisan riset kata kunci selanjutnya adalah Keyword Tools atau biasa juga disebut keywordtool.io. Anda juga dapat memperoleh hasil analisa longtail atau short tail keyword dengan berbagai bahasa, namun tidak akan seperti Anda menggunakan MOZ seperti yang sudah saya berikan penjelasannya di atas.

Hasil pencarian yang dibilang unik dari tools yang satu ini adalah tidak menampilkan hasil analisa Google, melainkan dari search engine lain. Anda bisa saja menggunakan alat ini untuk analisa di Yahoo, Youtube, Bing, Amazon, the App Store, atau eBay. Banyak pula kan?

Berikut ini adalah salah satu contoh kenampakannya:

Hasil riset keyword menggunakan keyword tool
Hasil riset keyword menggunakan keyword tool
5. SpyFu Checker 

Salah satu alat riset kata kunci yang mungkin jarang didengar para blogger adalah SpyFu

"If you want to understand how your competitor is using keywords in their marketing campaign, this is the tool to use", kata salah seorang praktisi internet marketer dunia.

Dengan menggunakan Spy Fu, Anda akan mampu mendapatkan informasi alamat url kompetitor sevara menyeluruh. Selain daripada itu, Anda juga akan disuguhkan informasi seberapa tinggi volume "clik" terhadap kata kunci yang sering dicari pelanggan.

Hasil analisa riset keyword menggunakan SpyFu
Hasil analisa riset keyword menggunakan SpyFu
6. KW Finder Cheker

KW Finder merupakan salah tools yang bisa kita gunakan untuk melakukan analisa riset kata kunci. Tools yang satu ini hampir serupa dengan Google Adwords tool. Dengan menggunakan tools ini Anda bisa secara simultan menambahkan fitur filter kata kunci seperti halnya Google Planner, yakni menitik beratkan/menghilangkan kata kunci negatif (filterisasi).

Selain daripada itu, Anda juga akan disuguhkan beberapa informasi lainnya seperti volume pencarian per bulan, nilai CPC secara real time.

Contoh hasil riset keyword menggunakan KW Finder Cheker
Contoh hasil riset keyword menggunakan KW Finder Cheker
7. Google Analytics

Nah, Google Analytics merupakan salah satu jajaran tools riset keyword terbaik pula. Selain sebagai salah satu fitur tambahan yang disediakn Google, ternyata alat ini juga bisa memberikan informasi secara real time terhadap perkembangan website kita.

Berikut ini adalah contoh hasilnya:
Google Analytics
Source image: SERP
Baca juga: 22 SEO Basics Essentials 2017 yang Anda Butuhkan Saat Ini [Page One]

Kesimpulan

Beberapa waktu lalu saya pernah membaca komentar atau pendapat dari salah satu blogger di Indonesia, tepatnya sebagai salah satu seorang desainer template. Beliau mengatakan tidak pernah melakukan riset kata kunci, namun tetap saja memperoleh hasil maksimal terhadap konten yang ia buat.

Melihat perkataan tersebut, Tidak mungkin jika beliau tidak melakukan riset kata kunci dan hanya "asal-asalan" dalam membuat konten. Karena sejatinya proses riset keyword tidak hanya dilakukan dengan menggunakan tools atau alat seperti yang saya sampaikan di atas. Namun bisa kita lakukan dengan menggunakan "analisa" sederhana, apapun itu.

Jadi, riset kata kunci ini akan berhasil dan sukses manakala analisa kita tajam dan tepat. Dengan bantuan tools premium sekalipun kalau analisa kita lemah, tetap saja tidak akan menghasilkan trafik maksimal.

Oleh karena itu, silakan padukan analisa bawaan Anda dengan tools yang sekiranya bisa memberikan bantuan secara maksimal.

Demikian sekilas informasi mengenai 7 Tools Riset Keyword Checker Terbaik 2017 versi SL Blogger. Jika ada hal yang perlu didiskusikan, jangan sungkan untuk mencantumkannya di kolom komentar di bawah, 24 jam. So, jangan lupa share dan follow Forum Bogger Indonesia ini, good luck and happy blogging.

0 Response to "7 Tools Riset Keyword Checker Terbaik 2017"

Post a Comment

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di forum ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger