KEFAHAMAN MAKNA MASSA


Ada yang pernah melakukan seberapa berat bobot tubuh sobat? Tertera berapa Kilogram hasil penimbangannya? Sebenarnya yang ditimbang berat tubuh atau massa tubuh? Sesuai kaidah fisika, bahwasannya satuan besaran pokok massa adalah Kilogram. Sedangkan dalam melakukan pengukuran bobot massa, itu dipengaruhi oleh gaya gravitasi yang selalu menuju pusat  bumi. Maka sudah barang tentu dalam melakukan pengukuran tersebut terdapat dua variabel massa  dan gaya berat, sedangkan gaya berat selalu dipengaruhi oleh gaya gravitasi. Gaya berat merupakan perpaduan antara massa dikalikan dengan gaya gravitasi dalam satuan Newton.

Tahukah sobat. Bahwa sesungguhnya massa benda menyatakan banyak zat yang dikandungnya. Di sini, di bumi yang kita tempati, kita mengukur massa benda dengan melihat seberapa kuat gravitasi bumi menarik benda tersebut ke bawah (ke pusat bumi) menggunakan timbangan. Semakin besar massa, maka akan semakin kuat tarikan ke bawahnya. Kita menyebut besar tarikan ke benda tersebut sebagai berat benda.

Sudah barang tentu  timbangan sesungguhnya mengukur besar tarik-menarik antara bumi dan sebuah benda. Akan tetapi, karena tarikan bumi selalu sama di sembaran tempat, kita boleh menyebut bacaan timbangan terhadap benda tersebut sebagai masssanya atau gaya tarik benda itu sendiri.

Maka, bila timbangan di rumah kita menunjukkan bacaan lebih tinggi, kita boleh saja berkilah bahwa itu dikarenakan massa bumi telah bertambah, bukan karena tubuh kita semakin berlemak :). Lebih jauh memahami makna penting pengukuran bisa sobat kunjungi link berikut.

0 Response to "KEFAHAMAN MAKNA MASSA"

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia