Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjaga Keutuhan Negara dalam Naungan NKRI

Dear Student. 

MENJAGA KEUTUHAN NEGARA DALAM NAUNGAN NKRI
Alhamdulillah pada kesempatan ini dapat kita laksanakan pembelajaran Nasionalisme. Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, bahwa dalam NKRI ini terdapat potensi-potensi yang menyusun dan menjadikan bangsa ini maju. Potensi tersebut meliputi daratan, lautan dan udara. Berbicara tentang potensi tersebut, maka kita juga harus mengerti akan komponen dasar dan khusus. Komponen dasar dari 3 batasan masalah dasar tersebut, adalah meliputi batas wilayah yang mencakup wilayah darat, laut dan udara. Pertanyaannya, berbatasan dengan negara mana saja batas-batas wilayah negara kita? Selain dari pada itu, juga terdapat penduduk dan warga negara di Indonesia. Apakah samapi disitu? Tidak. Masih terdapat SDM bangsa ini yang akan membangun dan menjaga serta menaunginya.

Untuk itu, coba kita renungkan bersama makna berikut guna membantu pemahaman kita akan cara dan metode untuk menjaga keutuhan negara dalam naungan NKRI, diantaranya:
  1. Jelaskan makna bentuk-bentuk suatau negara di dunia ini, ada berapa sajakah? Jelaskan !
  2. Jelaskan makna negara kesatuan !
Semoga dengan niat ikhlas serta kesungguhan kita semua, menjadikan negara ini tetap menjadi bangsa yang berdaulat, adil dan makmur, sesuai dengan cita-cita bangsa ini (penjelasan BAB 2 kemarin). Silakan buka link ini untuk menambah wawasan kebangsaan kita.

Terimakasih
Sahilluqman
Sahilluqman Hanyalah seorang blogger yang ingin bermanfaat untuk sesama

Berlangganan via Email