NOBEL FISIKA TAHUN 2014 - BLUE LED

nobel fisika tahun 2014
Nobel
Adakah diantara kalian yang belum tahun makna istilah "Nobel"? Diberikan kepada siapa hadiah Nobel itu (pejabat, ilmuwan, ataukah bidang olahraga berprestasi saja)? 

Didalam wikipedia, dijelaskan bahwa penghargaan ini diberikan pada orang yang paling giat melaksanakan hubungan yang bersifat internasional, pendiri pergerakan perdamaian atau berusaha mengurangi atau melenyapkan peperangan. Penghargaan Nobel Fisika adalah satu dari lima Penghargaan Nobel yang diadakan atas permintaan oleh penemu dan industrialis Swedia Alfred Nobel

Pengumumannya tidak dilakukan pada tanggal tertentu, tetapi umumnya dilaksanakan pada hari Selasa pertengahan Oktober. Pengumumannya dilangsungkan di gedung Institut Nobel dan telah menjadi peristiwa besar. Penghargaannya sendiri diberikan setiap tahunnya setiap tanggal 10 Desember, tanggal dimana Alfred Nobel meninggal pada tahun 1896. Dari 1905 sampai 1946, upacara penganugerahannya diadakan di Institut Nobel, kemudian dari 1947 diselenggarakan di aula Universitas Oslo, lalu pada 1990dipindahkan ke balai kota OsloDaftar penerima penghargaan Nobel dalam Fisika sejak 1901 sampai tahun 2014 ini. Pada tahun ini, penerima hadiah Nobel dalam bidang ilmu fisika adalah  Akasaki Amano dan Nakamura.

Nama lengkap mereka adalah Isamu Akasaki 85 tahun dan Hiroshi Amano 54 tahun dari Jepang (Dosene dosen saya ketika kuliah di Nagoya University Jepang, Pak Dr. Risa Suryana UNS Sebelas Maret Surakarta-kampusku, hehehe) bersama Shuji Nakamura (seorang profesor berusia 60 tahun yang dari University of California) dari Amerika Serikat berhasil memenangkan Hadiah Nobel di bidang fisika, karena berhasil menemukan lampu LED (Light-Emmiting Diode) biru sebagai sumber energi baru yang efisien dan ramah lingkungan. ketiga ilmuwan ini telah mengerjakan proyek LED sejak awal tahun 90-an. Mereka berusaha memproduksi LED biru terang dari semikonduktor. Dengan menggunakan alat ini, cahaya lampu putih dapat dihasilkan dengan cara baru yang lebih irit energi dan tahan lama.
PENEMU LED BLUE
Penemu Blue LED-Akasaki Amano dan Nakamura (pikiran-rakyat.com)
LED BLUE
Blue LED (beritasatu.com)
Sebenarnya, diode merah dan hijau sudah ada sejak lama, tapi tanpa cahaya biru, lampu bercahata putih pun tidak bisa dibuat. Namun, meski Akasaski dan rekannya berhasil menemukan LED biru, temuan ini masih menjadi tantangan tersendiri selama tiga dekade ke depan. 

LED biru mampu membuat lampu bercahaya putih selama 100.000 jam, jauh lebih lama dibanding dengan bola lampu pijar yang hanya bertahan 1.000 jam. Lampu ber-LED biru ini sangat bermanfaat karena dapat lebih hemat energi dibandingkan lampu yang lain.

0 Response to "NOBEL FISIKA TAHUN 2014 - BLUE LED"

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia