PENJELASAN GERAK MELINGKAR - PHYSICS 2014

Perkembangan dan Kemajuan teknologi dimasa kini begitu cepat. Terutama kemajuan teknologi komputer yang mampu menangani segala macam kebutuhan informasi di segala bidang baik dari segi kualitas maupun kuantitas.Komputer merupakan  sebuah mesin yang diciptakan oleh manusia untuk membantu  mempermudah kegiatan  dan aktivitas  yang akan dilaksanakan dalam memecahkan suatu permasalahan, dengan perantara dan dukungan dari perangkat keras, perangkat lunak dan kemampuan dari manusia  yang  menggunakannya. Tidak  dapat  dipungkiri komputer telah menjadi bagian  dari   teknologi  informasi yang mencakup seluruh aspek kehidupan.

Pendidikan merupakan salah satu aspek kehidupan yang sangat penting maju atau tidaknya suatu negara dapat dinilai dari dunia pendidikan negara tersebut. Banyak sekali cabang ilmu yang terdapat pada dunia pendidikan, salah satunya adalah Fisika. Fisika merupakan cabang ilmu yang mempelajari gejala alam dan benda-benda mati. Perkembangan ilmu fisika saat ini  sudah merambah kebanyak bidang  teknologi, termasuk  teknologi informasi. 

Kinematika gerak lurus merupakan bagian dari  ilmu fisika. Kinematika berisi pembahasan  tentang gerakan benda tanpa mempertimbangkan penyebab gerakan benda tersebut. Suatu masalah yang timbul adalah pada pengajaran konvensional atau proses belajar mengajar hanya melibatkan dua pihak yaitu pengajar dan siswa. Proses pengajaran dilakukan secara tatap muka, pengajar mengajarkan kepada siswa sementara itu siswa mendengarkan dan mencatat dalam proses  ini peranan pengajar sangat dominan dalam penyampaian materi, mengendalikan proses belajar mengajar  dan  sedikitnya interaksi  antara  pengajar  dan  siswa. 

Penulis tertarik mengembangkan metode pengajaran kinematika gerak lurus  yang sudah ada kedalam bentuk perangkat lunak yang lebih menarik minat orang untuk mempelajarinya, menimbang pentingnya orang mempelajari kinematika gerak lurus, gerak melingkar beraturan, dan gerak parabola. 

Jarak dan Perpindahan
Kadang kita tidak menyadari bahwa Jarak dan perpindahan merupakan  dua  pengertian  yang berbeda. Di  dalam  ilmu fisika, jarak  merupakan besaran skalar, sedangkan perpindahan merupakan besaran  vektor  jadi  kedua  besaran tersebut  adalah  berbeda. Jarak dapat  didefinisikan panjang keseluruh lintasan yang ditempuh. Sedangkan perpindahan menyatakan  perubahan  posisi atau kedudukan  suatu  benda. Dari penjelasan  diatas kita  dapat mengambil  kesimpulan  bahwa jarak  dan  perpindahan  itu merupakan  dua  pengertian  yang berbeda.

Kelajuan dan Kecepatan 
Didalam kehidupan sehari-hari kata kelajuan jarang dipergunakan, yang dipergunakan adalah kata kecepatan Kelajuan  dan  kecepatan merupakan  dua  pengertian  yang berbeda.  Kelajuan merupakan besaran skalar tanpa memperhitungkan arah gerak, sedangkan  kecepatan  merupakan besaran vektor, arah  gerak  ikut diperhitungkan. Kelajuan didefinisikan sebagai  cepat lambatnya perubahan jarak terhadap perubahan waktu. Kecepatan didefinisikan  sebagai cepat  lambatnya perubahan kedudukan terhadap waktu. Untuk menentukan besarnya kecepatan adalah dengan membandingkan besarnya nilai jarak terhadap waktu.

Percepatan dan Perlajuan
Percepatan didefinisikan  sebagai pertambahan  kecepatan  dalam  selang waktu  tertentu.  Percepatan ini  merupakan besaran vektor, karena selain ditentukan oleh  besar percepatannya,  juga  ditentukan oleh arah perpindahan dari geraknya. Jika kecepatan  benda  berkurang  dalam  selang waktu tertentu, maka  percepatannya negatif.  Percepatan yang  berharga  negatif disebut  juga  perlambatan.  Secara umum perubahan kecepatan tiap satuan waktu disebut percepatan. Ini  dapat  berharga positif ataupun negatif. Percepatan dapat dirumuskan dengan perubahan kecepatan deibandingkan terhadap perubahan waktu.

Pengertian  perlajuan  berbeda dengan  kecepatan.  Perlajuan  merupakan besaran  skalar,  perlajuan bergantung pada perubahan  laju  benda  dibagi  dengan perubahan  waktu.  Persamaan  dari perlajuan sama dengan persamaan percepatan.  Perlajuan  adalah  nialai  dari suatu  percepatan.  Perjaluan dapat dirumuskan dengan perubahan kecepatan deibandingkan terhadap perubahan waktu.

Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)
Suatu benda disebut  brgerak  lurus beraturan jika  lintasan dari benda tersebut merupakan garis lurus dan kecepatannya setiap saat  adalah tetap. Sedikit berbeda dengan gerak lurus beraturan, pada gerak lurus berubah beraturan, kecepatan gerak benda berubah secara beraturan, baik semakin cepat ataupun semakin  lambat. Namun demikian, percepatan benda adalah tetap. Banyak sekali contoh dari gerak lurus berubah beraturan, misalnya gerak  benda pada bidang miring, gerak jatuhnya benda, dan gerak pesawat terbang  ketika  akan tinggal landas atau ketika ingin mendarat. Perhatikan  sebuah benda  yang sedang bergerak lurus berubah beraturan dengan percepatan tetap a. Percepatan  a dihubungkan  dengan  kecepatan  awal  dan kecepatan pada saat t melauli persamaan.

Gerak  jatuh  bebas 
Gerak jatuh bebas adalah gerak sebuah benda yang jatuh dari suatu ketinggian  tertentu. Disebut jatuh bebas karena gerak ini bebas dari adanya gaya dorong. Ini berbeda dengan gerak benda-benda dilantai dimana kita harus mendorongnya agar benda itu bergerak. Pada gerak jatuh bebas,kita tidak mendorong benda agar jatuh kebawah, tetapi benda  mulai  bergerak  dengan sendirinya, tanpa kita harus mendorongnya. Sehingga bisa kita simpulkan bahwa gerak jatuh bebas merupakan  gerak lurus berubah beraturan. Karena gerak jatuh bebas merupakan gerak lurus  berubah beraturan, maka semua persamaan yang kita peroleh ketika  membahas  gerak lurus  berubah  beraturan  berlaku pada  gerak jatuh bebas. 

Bagaimanakah gerakan sebuah bola yang dilempar vertikal ke atas? Ketika bola dilempar keatas dengan kecepatan Vo = nol, bola mengalami percepatan sebesar percepatan gravitasi (9,8 m/s kuadrat) tetapi arahnya berlawanan dengan arah gerak ke atas. Sehingga dikatakan bola mengalami perlambatan sehingga perlambatannya menjadi negatif (-9,8 m/s kuadrat). Pada satu saat bola mencapai titik teratas (titik maksimum). Dan berbalik kebawah, pada saat berbalik kebawah berlaku gerak jatuh bebas yang kita bahas sebelumnya. Persamaan-persamaan untuk 

Gerak Melingkar Beraturan
Menurut  Bob  Foster (2003:144)Pada  gerak  melingkar beraturan,  benda  bergerak  dengan kelajuan konstan, tetapi kecepatan benda berubah arah secara kontinyu  sepanjang waktu. Terdapat  beberapa besaran  yang harus  kita  pahami dalam gerak melingkar beraturan yaitu : priode, frekuensi,  kelajuan linier,  dan kecepatan sudut.


Priode (T)
Priode  sebuah  benda  yang  melakukan gerak  melingkar  beraturan didefinisikan  sebagai  waktu yang diperlukan  oleh  benda  untuk menempuh  lintasan  satu  lingkaran penuh.  Jika  sebuah  benda 
menempuh  1  lingkaran  dalam waktu  2  sekon,  maka  dikatakan periode T = 2 sekon.

Frekuensi (f)
Frekuensi merupakan kebalikan dari priode. Dengan demikian, definisi dari frekuensi adalah benyaknya lintasan lingkaran penuh yang ditempuh benda dalam waktu 1 sekon. Karena frekuensi merupakan kebalikan dari priode maka dapat dituliskan bahwa : besarnya frekuensi adalah seper periode (frekuensi = 1/T).

Kelajuan Linier (v)
Sama dengan definisi kelajuan  pada gerak lurus beraturan, kelajuan linier pada gerak didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh dibagi waktu  tempuhnya.  Biasanya, jarak yang ditempuh  dinyatakan  sebagai panjang  lintasan.  Kita  ketahui panjang busur untuk satu lingkaran penuh  sama  dengan  keliling lingkaran =2x x3,14, sedangkan waktu yang  diperlukan  untuk  menempuh satu  lingkaran  penuh  sama  dengan peride T , sehingga :

Kecepatan Sudut (w = omega)
Dalam gerak melingkar beraturan, benda bergerak dalam lintasan melingkar dengan jari-jari r. jarak s
yang ditambah bisa kita nyatakan dengan besarnya sudut  yang telah ditempuh. Biasanya, sudut  ini kita nyatakan dalam radian (rad) dimana sudut teta  360 Phi radian. Besarnya sudut teta yang ditempuh dalam selang waktu t disebut kecepatan sudut (omega) gerak melingkar beraturan. Kita tahu untuk menempuh sudut (360 dejat = 2 phi rad) diperlukan waktu T (priode), sehingga kecepatan sudut dapat dituliskan : (omega = 2 phi x T)

Dari persamaan-persamaan diatas, satuan untuk kecepatan sudut (omega) adalah rad/s. Kadang-kadang, satuan untuk kecepatan sudut dinyatakan dengan putaran/s (put/s). Dari persamaan-persamaan diatas kita bisa hubungkan besaran kelajuan linier dengan kecepatan sudut (omega = 2 phi dibagi periode T). Dengan menggabungkan dua persamaan ini kita peroleh : v = omega kali jari-jari.
Dari definisi frekuensi 

Gerak Parabola
Menurut Bob Foster 
(2003:101)Perpaduan antara gerak lurus beraturan dengan gerak lurus berubah beratuaran akan menghasilkan sebuah gerak lurus berubah beraturan. Perpaduan gerak tersebut pada bidang datar berupa gerak parabola.

Demikian dulu sedikit ulasan yang bisa Ane share yang ane peroleh dari Bapak Novri Hadinata.S.Kom. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk membuka link berikut.

0 Response to "PENJELASAN GERAK MELINGKAR - PHYSICS 2014"

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel