APA PENGERTIAN OPERATING SYSTEM (OS) PONSEL

Sobat mulia. Beberapa saat yang lalu telah kita diskusikan sedikit ulasan tentang cara memilih ponsel yang tepat. Dalam hal ini sedikit lebih dalam kita diskusi tentang operating system yang digunakan dalam suatu ponsel. Perlu kita ketahui bersama, bahwa operating system atau lebih dikenal sebagai system operasi adalah suatu system yang digunakan dalam suatu ponsel guna menjalankan kinerjanya. Seperti halnya sebuah computer atau personal computer (PC), sebuah ponsel juga memerlukan suatu system yang bekerja menjalankan perintah pengguna sesuai dengan program yang telah dibuat oleh perancangnya. 

Untuk saat sekarang ini ada beberapa OS dalam ponsel, diantaranya :
  1. iOS dan Windows Phone
  2. Android
  3. Symbian
  4. BB
  5. Java
Dari esemuannya OS di atas, tetunya terdapat perbedaan-perbedaan, baik dalam fitur program ataupun kegunaan. 
Tidak sekedar itu, di dalam OS tersebut masih ada komponen “aplikasi” yang akan bekerja mendukung OS pokok di atas. Misalkan kita memiliki ponsel dengan OS android. 
Beberapa aplikasi social network yang sering digunakan oleh pengguna adalah facebook, what’s up, we chat dan lain-lain. Aplikasi-aplikasi ini akan bekerja sesuai dengan spesifikasi masing-masing. Dan tentu, tidak setiap OS bisa menjalankan setiap aplikasi dari setiap ponsel. Misalnya aplikasi BBM (black berry messager) pada BB atau android belum dapatdgunakan pada ponsel berbasis Java (untuk saat sekarang ini aplikasi BBM sudah dapat digunakan pada OS android, walaupun mungkin masih memerlukan spesifikasi mumpuni pada ponsel berbasis android).


Demikian sedikit ulasan ane tentang operating system (OS) pada suatu ponsel, semoga bermanfaat.

0 Response to "APA PENGERTIAN OPERATING SYSTEM (OS) PONSEL"

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel