MERUBAH UKURAN GAMBAR MENGGUNAKAN MICROSOFT OFFICE PICTURE MANAGER

Sobat muda. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh para “karikatur” atau “designer” untuk mempercantik dan memperkomersilkan obyek yang mereka pasarkan. Hal itu memang tak lekat dalam dunia design. Dalam hal penting dan tergesa-gesa, pngalaman Ane sendiri mengalami kesulitan manakala ingin merubah ukuran “gambar” atau “picture”. Itu ketika diminta untuk mengirimkan file foto dengan format ukuran yang telah ditentuan.
Dalam meribah ukuran gambar nantinya size tersebut bisa menjadi lebih besar atau sebaliknya. Misalkan saja ketika ingin mengupload foto pada akun facebook atau twitter. Tentu akan menjadi keharusan bagi kita untuk memperhatikan masalah ukuran gambar. Kenapa demikian? Hal itu akan memperngaruhi kecepatan loading dari alamat akun kita, misalkan saja pada blogspot atau web pribadi kita.
Dalam melakukan resize gambar, banyak aplikasi yang dapat digunakan, misalkan saja corel draw, photo shop, atau aplikasi bawaan dari windows. Kalau kita ingin menggunakan corel draw atau photo shop, tentu memerlukan instalasi terlebih dahulu. Sehingga, dalam bahasan kita kali ini akan Ane bahas mengenai resize gambar menggunakan aplikasi bawaan dari windows, baik windows 7 atapun windows 8. Aplikasi yang saya maksud adalah “Microsoft Office Picture Manager”.

Langsung saja mari kita pelajari bersama langkah-langkahnya:

  1. Buka gambar yang akan Sobat rubah ukurannya.
  2. Klik kanan pada gambar dan pilih “open with  Microsoft Office Picture Manager”
  3. Setelah gambar terbuka, silakan pilih “edit picture” (seperti yang tandai warna merah)
  4. Akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini. Kemudian pilih “resize” (seperti yang tandai warna merah)
  5. Akan muncul tampilam “resize setting-bagian kanan gambar”. Pada bagian ini ada empat (4) opsi untuk merubah ukuran gambar. Sebelum merubahm lebih baik melihat ukuran “asli-original” dari gambar yang Sobat pilih, yakni dapat dilihat pada bagian bawah menu Resize setting. Dari contoh yang saya berikan berukuran (600 x 428 pixel). Setelah itupilih satu dari ke-empat opsi resize.
  6. Opsi “original size” (untuk ukuran asli)
  7. Opsi “predefined width x height (menyesuaikan untuk ukuran dokumen, web dan email)
  8. Opsi “custom width x heighgt” (tinggal memilih panjang dan lebar gambar)
  9. Opsi “percentage of original width x height” (tinggal memasukkan % gambar asli), misalkan 50% dari ukuran gambar asli, sobat hanya mengisi angka 50 saja.
  10. Terakhir klik “Ok” dan selesai.

Selamat, gambar sobat sudah berhasil di rubah ukurannya.

Untuk mengetahui hasilnya, bias menggunakan cara yang sama namun hanya melihat ukuran gambarnya saja. Good luck, semoga bermanfaat. Sobat mempunyai cara lain tidak? Kalau punya silakan dishared di forum ini njeh. Matur suwun

0 Response to "MERUBAH UKURAN GAMBAR MENGGUNAKAN MICROSOFT OFFICE PICTURE MANAGER"

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel