Mengenal Kondep Dasar Jaringan Komputer 2015

Memahami Jaringan Komputer
Memahami Jaringan Komputer

Model komputer tunggal yang melayani seluruh tugas-tugas komputasi suatu organisasi diganti dengan sekumpulan komputer yang terpisah, tetapi saling berkaitan dan berhubungan. Sistem ini desibut jaringan komputer (computer Network). Jaringan komputer dapat diartikan sebagai suatu himpunan interkoneksi sejumlah komputer. Dua buah komputer dikatakan membentuk suatu jaringan bila keduanya saling bertukar informasi.




TUJUAN MEMBANGUN JARINGAN KOMPUTER
Tujuan utama membangun suatu jaringan komputer adalah untuk membawa informasi secara tepat tanpa adanya kesalahan dari sisi pengirim (transmiter) maupun dari penerima (receiver) melalu media komunikasi. Kendala-kendala yang muncul adalah pada media komunikasi, misalnya masih mahalnya fasilitas komunikasi yang tersedia dan bagaimana pemanfaatan jaringan yang lebih efektif dan efisien, serta terdapatnya berbagai macam gangguan saat data dikirimkan.

MANFAAT JARINGAN KOMPUTER
Sobat, seperti halnya tujuan utama dalam pembuatan jaringan komputer, maka secara khusus manfaat pembuatan jaringan komputer antaralain:
  1. Pengguna dapat saling berbagi printer dengan kualitas tinggi (tidak hanya pinter, lebih tepatnya device).
  2. Membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up to date (terbaru).
  3. Mempercepat proses bertukar dan berbagi data (data sharing).
  4. Memungkinkan kelompok kerja dapat berkomunikasi lebih efisien.
  5. Membantu perusahaan dalam melayani pelanggan dengan efektif.
PERANGKAT KERAS JARINGAN KOMPUTER
Sobat, dalam menjalankan sitem jaringan komputer, tentu harus menggunakan tools  berupa perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Secaa garis besar dan utama, perangkat keras yang dibutuhkan dalam pembuatan jaringan komputer antaralain:
  1. Local Are Network (LAN)
  2. Metropolitan Are Network (MAN)
  3. Wide Area Network (WAN)
LOCAL AREA NETWORK (LAN)
LAN digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam sutau perusahaan yang menggunakan peralatan secara bersama-sama dan saling bertukar informasi. Pada umumnya, LAN dimiliki oleh suatu perusahaan tanpada adanya campur tangan pihak lain, misalnya saja jaringan telekomunikasi, dengan hubungan sampul pada jarak maksimum 10 Km. Kecepatan pengiriman data sangat tinggi antara 10 s/d 1000 Mbps. Lalu bagaimana caranya untuk menghubungkan komputer satu dengan lainnya? Istilah tersebut dinamakan TOPOLOGI JARINGAN. Pada umumnya jaringan menggunakan satu atau lebih tipologi fisik, yang terdiri dari BUS, STAR, dan RING.

Demikian sob yang baru bisa saya tuliskan. Semoga bermanfaat.

Sumber: Sukmaaji, Rianto (Jaringan Komputer, 2008)

0 Response to "Mengenal Kondep Dasar Jaringan Komputer 2015"

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia