Cara Membuat Label SEO pada Blog dengan Mudah

DEFINISI DAN FUNGS LABEL PADA BLOG
Cara Membuat Label pada Blog dengan Mudah
Sahabat blogger. Pada siang ini, banyak sekali dari rekan-rekan yang menyakan tentang Label pada sebuah blog. Sebenarnya apa ya dinamakan label itu? Label dalam blog adalah sebuah tools yang telah disediakan oleh blogger dengan maksud dan tujuan untuk MENGAKATEGORIKAN TULISAN kita dalam posting atau artikel yang kita buat. Cara sederhana memahamnya, Ane contohkan dengan sebuah analogi berikut. Laboratorium Komputer sebuah sekolah, adalah tempat yang di dalamnya terdapat berbagai macam barang (dengan kategori sama), yakni: PC, layar monitor, mouse, keyboard, LCD dan lain-lain. 

Jika Sobat adalah tenaga Laboratorium komputer yang baik dalam hal inventarisasi barang, maka Sobat akan menginventarisasi barang-barang di dalam Laboratorium komputer tadi dengan baik, dengan memperhatikan kategori barang yang sesuai. Misalkan pengkategorian dibagi menjadi dua, yakni barang berupa software dan hardware. Software berupa keping CD/DVD, sedangkan hardware berupa monitor, keyboard, mouse, UPS dan lain-lain. Pengkategorian tersebut itulah yang dinamakan sebuah LABEL.
Jika demikian, maka makna dan fungsi label di dalam sebuah blog adalah tools yang telah disediakan oleh blog yang berfungsi untuk mengkategorikan tulisan-tulisan kita (posting artikel), baik berupa tulisan, foto atau bahkan video, sehingga akan memberikan kemudahan kepada PEMBACA untuk menelusuri setiap artikel sesuai dengan kategori tersebut.
Misalakan di dalam blog SAHILLUQMAN ini.  Sobat akan melihat MENU di dalam blog ini berjudul TEMPLATE SEO FREE. Maka bisa diartikan, di dalam Menu TEMPLATE SEO FREE tersebut, di dalamnya hanya berisi tulisan saya yang hanya berisi TEMPLATE SEO YANG GRATIS DIDOWNLOAD. 

CARA MEMBUAT LABEL SEO PADA BLOG
Sahabat blogger. Dalam pembahasan ini saya katakan SEO, dikarenakan lebih pada aspek kenyamanan, kemudahan pembaca dalam menelusuri blog kita. Sehingga menurut saya sangat penting dalam hal ini.
Apakah ada kaitannya sebuah label dengan SEO? Saya kira ada. Walaupun tidak secara langsung masuk ke dalam penilaian SEO sebuah blog, namun lebih kepada tujuan membuat blog kita semakin friendly kepada sahabat pembaca.
Langkah-langkah dalam membuat label pada blog adalah sebaga berikut:
1. Masuk pada akun blogger > login dengan akun sobat masing-masing (KLIK di SINI). Setelah login Akan muncul tampilan di bawah ini:
cara membuat label pada blog

2. Pilih Tambah Gadget > pilih Label
Pilih Label
memasang label pada blog

3. Konfigurasi/pengaturan Label, sesuaikan dengan keinginan Sobat.
konfiurasi pengaturan label


4. Save

NB:
Untuk membuat SEO sebuah Label, Sobat blogger bisa mencoba TIPS BERIKUT:

  1. Buatlah judul label yang mudah, sekiranya difahami oleh pembaca.
  2. Jangan membuat judul label yang bersifat khusus, karena bisa membuat kita bingung mengkateorikan tulisan kita apabila tulisan kita sangat banyak. Misalkan buatlah kategori label dengan judul bunga. Maka itu akan jauh lebih baik jika dibanding Bunga Mawar. Kenapa demikian? Karena judul bunga mawar akan memperkecil pembahasan materi tulisan kita. Hal itu karena bunga mawar hanya terdiri dari beberapa macam warna saja. Keuntungan lain dengan makna lebih umum adalah memperbanyak ulasan dengan kategor yang sama. Kategori Bunga akan dapat diperluas kedalam kategori tulisan di dalamnya.
  3. Terus belajar
Demikian cara mudah dalam membuat Label SEO pada blog. Mudah bukan?
Jika ada yang belum berhasil, silakan tuliskan masalah yang sobat hadapi pada kolom komentar di bawah artikel ini.

Good luck !

7 Responses to "Cara Membuat Label SEO pada Blog dengan Mudah"

  1. fungsi label tersebut akan sangat bermanfaat ketika Sobat ingin "menautkannya" pada MENU blog. Salam

    ReplyDelete
  2. bapak bingung ,, templatenya ko mboten muncul menunya?

    ReplyDelete
  3. Silakan di copy alamat url kategori labelnya. Klik kanan pada nama kategori label, dan pilih copy alamat url tetkkait. Keemudian Pastekan alamat url tersrbut pada bagian sub menu di dalam kode html template

    ReplyDelete
  4. Jangan lupa save template. Good luck

    ReplyDelete
  5. sangat membantu. Namun apa sebenarnya perbedaan link internal dengan eksternal?

    ReplyDelete

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia