Cara Memilih Template Blog yang Baik Disukai Google


CIRI TEMPLATE YANG BAIK

Sahabat blogger. Suasana sejuk pagi ini, merasa saya untuk meniliskan tentang cara memilih template blog yang baik.

Hal ini mengingat kemaren masih banyak dari rekan-rekan yang bertanya mengenai masalah itu. Mulai dari cara membuat blog dengan blogger, mengganti template, membuat menu yang SEO, membuat label, dan cara memilih template blog yang “benar”.

ALASAN PARA BLOGGER MEMBURU TAMPLATE SEO

Sahabat Sahil. Kalau kita amati, sudah banyak sekali para webmaster blogger telah menyediakan berbagai file template yang siap di download dan gratis. Bahkan sebenarnya di blogger sendiri telah disediakan template yang free download. Namun masih banyak dari rekan-rekan yang menginginkan template yang lain. Dari pengamatan blog Sahill, beberapa alasan para BLOGGER memburu template, terutama pada situs template terkenal SEO yang gratis dan free antaralain:
  1. Menginginkan tampilan baru pada blog
  2. Merasa kurang yakin dengan kondisi desain blog mereka
  3. Masih belum friendly terhadap pembaca
  4. Template yang mereka gunakan tidak responsive dan loadingnya lambat
  5. Desain template mereka kurang menarik, kurang elegan dan unik
Alasan-alasan di atas memang dirasa benar. Sehingga, dengan merasa yakin akan template mereka yang baru, diharapkan bisa membuat blog yang baru menjadi “cantik”.

Berikut template terbaru tahun 2015 ini dari blog SL lengkap dengan link demo dan download (gratis and free) dan tentu sesuai kriteria di atas dan disukai oleh google atau search engine lain:

SARAN GOOGLE DALAM MEMILIH TEMPLATE

Sahabat blog Sahil di manapun berada. Dalam ulasan pertama saya, sesuai judul bahwa kita akan membahasa tentang cara memilih template blog yang baik.

BAIK yang saya maksud di sini adalah baik menurut GOOGLE. Sehingga, sangat dianjurkan kepada para blogger untuk mengikuti saran-saran dari google, terkait pemilihan template blog.

Berikut beberapa saran google dalam memilih template:

1. Fast loading (loadingnya cepat)

Sebuah blog akan sangat bagus, manakala loadingnya cepat atau load faster. Bayangkan, bagaimana jenuhnya para pembaca blog kita jika saat dibuka mereka harus menunggu lama karena berat untuk dibuka! Tentu mereka akan beralih ke blog lain dengan kualitas informasi yang sama namun ringan saat dibuka. Kecepatan sebuah blog, SANGAT DIPENGARUHI oleh template yang Sobat gunakan. Dengan menggunakan tools GTmetrik, kita dapat mengetes berapa kecepatan loading sebuah blog. Disarankan google, kecepatan loading blog yang kita gunakan minimal bernilai 80%. Jika template dengan skore kurang dari 80 %, disarankan untuk beralih ke template yang lain.

Sesuai saran dari GOOGLE, sebagus apapun tampilan blog, namun jika lelet, lemot, berat saat dibuka, maka beralihlah pada template yang lain.

2. Responsive

Dengan berkembangnya berbagai teknologi informasi, tentu diiringi dengan banyaknya gadget yang digunakan banyak orang. Salah satu trend para blogger tahun 2015 ini adalah menggunakan gadget untuk membuka sebuah laman web atau blog. Misalkan menggunakan smart phone dan tablet. Jika kita menggunakan template sebuah blog yang tidak responsive, yang terjadi akan sangat tidak membantu pembaca blog kita. Karena tampilannya akan tidak sesuai dengan ukuran gadget yang mereka gunakan. Silakan dicoba menggunakan tools ini untuk mengetahui responsive tidaknya blog kita.

3. Friendly

Sebuah blog dikatan friendly manakala nyaman saat dibaca. Hal itu terpaut dengan kesesuaian desain yang kita gunakan. Misalkan saja blog Sahil menggunakan warna hitam, biru, dan putih. Tentu ini dari penilaian blog sahil terhadap kebiasaan publik menggunakan dan nyaman dengan warna-warna itu. Misalkan warna biru yang lekat dengan facebook. Siapa yang tidak pernah buka facebook??? Hayo ngaku, hehe. Atau kita sering juga membuka majalah berita seperti detik atau kompas, atau twetter Tentu tempilan yang mereka gunakan masalah penerapan warna sangat nyaman.

Tidak sebatas itu, friendly dipandang lebih umum pada faktor kenyamanan pembaca blog kita, dan itu sangat dipengaruhi dari template yang kita gunakan.

4. Skor SEO Tinggi

Jika Sobat mau meneliti, pasti SANGAT BANYAK para webmaster blogger akan membahas bagaimana cara membuat blog menjadi SEO, bagaimana cara membuat menu SEO, bagaimana cara memilih template SEO dan lain-lain. Sebenarnya ada apa dengan SEO sebuah blog? Seperti yang disarakan oleh google, carilah template dengan skor SEO tinggi, minimal 90 %. Jika skor SEO blog sobat di bawah itu, disarankan untuk mencari template yang lain. Untuk mengetahui skor SEO sebuah blog, silakan gunaakan tools Chkme (didalamnya sudah terdapt saran atas kekurangan blog yang dirasa skorenya kurang). Lebih jelas tentang trending topik webmaster blogger tahun 2015, silakan baca artikel berikut (KLIK di SINI).

5. Unik dan Elegan

Untuk faktor keenam ini lebih kepada faktor desain secara umum. Belajar memberikan penilaian bagus tidaknya sebauh blog dari segi desain. Tentu penilainnya akan relatif. Sehingga, pilihan ada di tangan Sahabat blog Sahil sendiri.

6. Stuktur Data Templatenya Baik dan Mudah Terindeks Google

Alat yang sudah familiar digunakan para webmaster google untuk mengetahui baik tidaknya sebuah template ketika diterapkan pada blog, salahsatunya adalah Structured Data Testing Tools. KLIK di SINI untuk mengetes template sobat.

7. Facebook Debugger

Sobat bisa mencobanya dengan copy paste salah satu posting artikel di Fcebook Debugger. Klik di sini untuk mencobanya.

FAKTOR PENYEBAB BLOG MENJADI BERAT/ LELET/ LEMOT SAAT DIBUKA

Banyaknya animasi yang digunakan pada blog.
Menggunakan file-file image dengan ukuran besar. Atau adanya file audio atau video dalam postingan kita dengan size besar.
Penggunaan template yang pada dasarnya lelet.

Blog Sahilluqman sudah menyediakan beberapa template yang sekiranya sudah memenuhi 7 kriteria di atas. Jika berminat, silakan download dan terapkan di blog sobat masing-masing. Demikian tulisan saya pagi ini. Semoga Sahabat blog Sahil tidak bosan dengan setiap ulasan yang Ane tulis. Semoga bermanfaat.

Good luck!

(http://sahilluqman.blogspot.com).*

5 Responses to "Cara Memilih Template Blog yang Baik Disukai Google"

  1. sangat membantu informasinya. dicoba dulu njeh

    ReplyDelete
  2. Mantaap gan artikelnya, di tunggu artikel yang lainnya :)
    http://goo.gl/HOmKmQ

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. lebih keren lagi jika didukung oleh semangat dan desain blog yang bagus dan user friendly..betul tidak :)

      Delete

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel