Info Ujian Nasional Online (CBT) Terbaru Tahun 2015

KENDALA UJIAN NASIONAL DENGAN KOMPUTER BASED TEST (CBT) TAHUN 2015

INFO UJIAN NASIONAL ONLINE (CBT) TERBARU TAHUN 2015Sahabat Jurnal News. Seperti pada pemberitaan kemaren, bahwa Ujian Nasional Tahun 2015 akan diadakan dengan menggunakan metode pengerjaan online. Tentunya, mekanisme yang akan dilakukan juga sangat banyak, baik dari dinas pendidikan terkait dengan pihak sekolah. Pada satuan tingkat pendidikan, tentu harus memberikan sosialisasi semaksimal mungkin mengingat setiap sekolah juga harus menyiapkan perangkat yang memadai seperti yang dipersyaratkan oleh Kemendikbud. Sejauhmana penilaian akan hal itu pada waktu ini, itulah yang nantinya akan menjadi rujukan badi Kemendikbud apakah akan meneruskan atau hanya mengambil beberapa sekolah yang sekiranya siap.

Berdasarkan keterangan dari Anggota Badan Standar Nasional Pedidikan (BSNP) Bambang Suryadi, bahwa mekanisme yang telah dilakukan saat ini adalah telah dilakukan pendataan untuk menilai sejauh mana kesiapan sekolah. Dari direktorat diajukan sekolah-sekolah yang dinyatakan siap kepada pelaksana pusat. Selanjutnya Dinas Pendidikan setempat melaukan verifikasi ke sekolah yang diajukan dan hasil verifikasi dinas akan dicetak ulang oleh pelaksana pusat.

Selain daripada itu, bahwa hasil verifikasi yang menyatakan layak atas sekolah pilihan tersebut, juga belum tentu dinilai layak oleh pelaksana pusat UN CBT, yakni BSNP, Pusat Teknologi dan Komunikasi Pendidikan. Sehingga, kerja keras pada Dinas pendidikan setempat selaku coordinator dan sekolah sasaran, WAJIB ekstra menyiapkan segala kebutuhan yang telah ditetapkan oleh pelaksana pusat UN CBT. Salah satu contoh adalah di Kota Semarang ada 10 sekolah yang diajukan untuk melaksanakan U CBT, yakni SMA 1, SMA 2, SMA 3, SMA 4, SMA Theresiana 1, SMA Ksatrian, SMP 2, SMP 21, SMP 5. Dari ke-10 sekolah tersebut ternyata setelah diverifikasi oleh Dinas Pendidikan Kota Semarang, hanya satu sekolah yang menyatakan kesangguapan untuk melaksanakan UN CBT (Suara Merdeka, 4/2/2015). Bisa dibayangkan di daerah kita masing.

SYARAT MNEGIKUTI UN CBT
Berdasarkan Surat Edaran dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Penilaian Pendidikan Kemendikbud Nomor: 0059/HU/TU/2015 Tanggal 15 Januari 2015, syarat yang harus dipenuhi bagi sekolah yang akan melaksanakan Ujian Nasional dengan computer (CBT) antaralaian:
  1. Tersedianya komputer server dan klien  yang jumlahnya harus sebanding dengan peserta ujian, dengan rasio minimal 1 komputer untuk tiga peserta.
  2. Komputer server minimal dengan spesifikasi berupa Desktop atau Towes atau Persnal Computer (PC) bukan laptop.
  3. Komputer server menggunakan procecor Xeon atau i5; RAM 4 GB; hardisk 250 GB; serta memakai Operating System (OS) Windows Server atau Windows 7 (64 Bit).
  4. Komputer klien Minimal menggunakan procecor Pentium 4; RAM 512 MB; dengan system Windows XP.
  5. Menggunakan web browser Chrome atau Mozila firefox atau Xambro.
  6. Harus tersedia jaringan internet dengan bandwith minimal 1 Mbps.
  7. Terdapat jaringan area local.
  8. Satu server maksimal 25 klien (jika ini tidak terpenuhi, maka bisa dilakukan dengan satu server untuk 40 klien).
  9. Tersedianya UPS.
Wow, banyak juga kan Sobat Jurnal News? Namun jangan khawatir, seperti keterangan yang disampaikan oleh dari Anggota Badan Standar Nasional Pedidikan (BSNP) Bambang Suryadi, apabila sekolah belum memenuhi syarat untuk melaksanakan Ujian Nasional dengan Komputer (CBT), maka hal itu tidak menjad soal. Karena pada dasarnya ujian nasional dengan menggunakan system CBT adalah program RINTISAN.


So, yang paling penting adalah BELAJAR DAN MEMPERSIAPKAN MATERI UNTUK MEGHADAPI UJIAN NASIONAL (EVALUASI NASIOANAL-ENAS).

0 Response to "Info Ujian Nasional Online (CBT) Terbaru Tahun 2015"

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia