Cara dan Manfaat Submit Blog ke Situs Social Bookmarking dan Web Directory dengan Mudah

Keuntungan Menggunakan Medi Social Bookmarking

social media bookmarking
Adakah di antara rekan-rekan yang belum mengetahui apa itu media social bookmarking? Sudahkah di antara rekan-rekan memanfaatkannya? Jika belum, maukah mencoba untuk menggunakannya? 

Beberapa hal pokok yang menjadi tujuan orang membuat blog adalah untuk memberikan edukasi dan pencerahan kepada khalayak. Dengan mengingat tujuan itu, tentu basis orang yang dituju adalah user. Manakala tidak ada user atau pembaca yang mengunjungi blog kita, tentu tujuan kita akan sulit diwujudkan. Oleh karena itu, salah satu cara dalam melakukan promosi tulisan kita adalah melalui media social, seperti facebook, yahoo, bbm, line, what's up dan lain-lain. 

Selain daripada itu, perkembanga teknologi memang layak kita apresiasi. Dengan memanfaatkan media device yang tepat guna itulah, dapat mendukung promosi kita. Lalu apa perbedaan dan hubungnnya dengan media social bookmarking dengan media social saat ini?

Pengertian Media Social Bookmarking
Menurut terjemahan bebas dari wikipedia.com, berikut ulsaannya.
Penanda sosial (Social bookmarking) adalah sebuah metode bagi pengguna internet untuk mengorganisasi, menyimpan, mengelola, dan mencari penanda sumber daya yang tersedia secara online. Berbeda dengan konsep berbagi file (file sharing), sumber daya online tersebut tidak dibagi-bagi, melainkan hanya menjadi penanda bahwa sumber daya tersebut merupakan referensi mereka.
So, kita tidak hanya terpaku pada media social saat ini yang terintegrasi dengan device yang ada, namun kita melangkah sedikt lebih maju. Dengan cara apa? Dengan cara memanfaatkan media social bokkmarking.

Contoh-Contoh Media Social Bookmarking

Di bawah ini beberapa media social bookmarking dari luar Indonesia, yang bisa sobat manfaatkan, antaralain:

5. Google Buzz dan lain-lain

Sedangkan untuk situs social bookmarking lokal Indonesia antara lain, Lintas.me dan infogue.com

Lalu apa manfaat yang didapat apabila kita melakukan submit/mengirimkan artikel ke social media bookmarking? Tenang saja Sob. Ibaratnya, media social bookmarking adalah sebuah tempat, gedung besar yang sedang menyediakan ruang untuk pelamar kerja. Lha perusahaan-perusahaan yang meu merekrut tenaga kerja inilah kita ibaratkan blog kita. Semakin menarik blog kita dimata user, tentu akan banyak dikunjungi dan diminati. Selanjutnya, bagi penyedia tumpangan dalam melakukan rekruitment tenaga kerja itulah yang diibaratkan media social bookmarking. Sudah fahamkan?

Secara ringkas, nih manfaat media social bookmarking:
1. Semakin besar peluang orang untuk membaca postingan/blog kita.
2. Mendapatkan backlink gratis/free (rata-rata media social bookmarking adalah dofollow backlink).

Bagaimana caranya melakukan submit ke media social bookmarking? Tentu dengan mendaftar terlebih dahulu. So, keep smile and fight!

Pengertian Web / Blog Directory
Menurut pengetahuan yang Ane ketahui, web atau blog directory adalah adalah suatu website yang menyediakan fasilitas-falitas untuk keperluan pembangunan link (link building) dimana pemilik website dapat melakukan pemasangan link dan melakukan link exchange. 

Biasanya, web atau blog directory mewajibkan kepada user untuk memasang link blog mereka di blog kita (reciprocal link) yang berupa gambar atau link teks biasa. Ada juga dengan cara memasang meta tag di template atau memposting kode tertentu di postingan blog kita, misalkan saja situs technorati.com.

Apakah terdapat perbedaan dengan media social bookmarking? Secara garis besar, pada media social bookmarking kita bisa mencatumkan keseluruhan postingan artikel. Jika web directory, hanya mencantumkan alamat url blog kita saja (home pages). Persamaan: sama-sama mendapatkan backlink gratis alias tidak mbayar alias free, hehe.

Nih, bebera web direcrtory selain technorati.com.
1. bloggers.com 
2. technorati.com 
3. yousaytoo 
4. indonesia-blogger.com 
5. blogtoplist 
6. blogdigger 
7. ongsono.com
8. Dan masih banyak lagi

So, sekarang pilihan ada ditangan sobat. Apabila Sobat belum pernah melakukan optimasi SEO blog melalui media social bookmarking dan web directory, tidak ada salahnya untuk mencoba dan mempraktekkna tips di atas. Referensinya tidak hanya di atas, masih banyak sekali kok.

Sobat bisa searching di google, misalkan menggunakan kata kunci/keyword: kumpulan blog dovollow comentluv 2015 atau web directory atau media social bookmarking.

Dengan begitu, memaksimalkan optimasi SEO menggunakan media social bookmarking dan web directory, harapannya blog kita menjadi semakin eksis dan banyak diminati oleh orang lain.

Good luck!
(http://sahilluqman.blogspot.com/).*

2 Responses to "Cara dan Manfaat Submit Blog ke Situs Social Bookmarking dan Web Directory dengan Mudah"

  1. thqnks infonya gan, udah langsung ane coba. hehe
    http://importirvimaxasli.com/harga-obat-pembesar-penis-vimax-asli.html

    ReplyDelete

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel