Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Blog Berkualitas Bagus Sesuai Saran Google dengan Menulis Berkualitas, Edukatif dan Informatif

Saran Google dalam Membuat Artikel Berkualitas
Sahabat. Topik bahasan kita kali ini menyambung dari artikel sebelumnya, yakni menyempurnakan planing dan konsistensi dalam membangun sebuah blog yang berkualitas. Konsistensi inilah yang akan menjadi fokus bahasan kita kali ini.
Konsisten dalam menulis berkualitas

Beberapa point penting dalam bahasan artikel kemarin yakni membangun blog secara fisik (desain) dan konsisten menjaga serta melakukan follow up keberlangsungan sebuah blog agar tetap eksis dalam berkarya menelurkan ide gagasan kepada rekan pembaca. Tidak mungkin sebuah blog dikatakan eksis, berkualitas apabila berhenti di tengah jalan, artinya berhenti berbuat dan berhenti melakukan pembaruan. Pembaruan dan konsistensi dalam membangun blog berkualitas yang berupa ide dan gagasan, dapat berwujud tulisan, image atau gambar, atau mungkin video. Tidak lain hanya untuk memberikan visualisasi edukasi kepada pebaca budiman.
Sahabat. Saking pentingnya aspek konsisten mewujudkan sebuah blog berkualitas, tentu hal itu sangat dipengaruhi beberapa faktor. Faktor inilah yang akan dinilai sebagai wujud kualitas konsistensi. Menurut pandangan blog SL, konsistensi ini dapat dilakukan dengan beberapa hal:
  1. Berusaha menulis artikel yang edukatif, memberikan informasi dan kemanfa'tan kepada pembaca budiman. Kualitas artikel ini dapat dinilai menggunakan parameter umum, salah satunya kita mengacu pada saran google. Google sangat menyukai artikel yang dibuat oleh orang yang mengapresiasi sebuah keilmuan (tidak sembarang copy paste artikel yang dibuat penulis lain). Kalaupun "terpaksa" demikian, sadurlah dengan baik dan cantumkanlah kaidah penulisan pustaka, minimal alamat url atau link website blog sumber penulisan sobat. Lebih bagus lagi asli tulisan sendiri, originalitas.
  2. Dalam menuliskan artikel, diusahakan menggunakan bahasa yang enak dibaca (informatif), edukatif, tidak mengandung unsur SARA, menjelek--jelekkan website blog lain.
Jika rekan-rekan sudah mencoba menerapkan saran di atas, bisa ditambah dengan melakukan cara jitu agar artikel bisa terindeks google (search engine) dengan cepat. Cara ini yang sudah lama blog SL lakukan dan hasilnya bisa dibuktikan 100%. Jika belum percaya, itu karena rekan-rekan belum melakukannya. Bisa langsung dicek di google.
Mau "ngejreng" atau "keren" secara fisik apapun blog, namun tanpa follow up, perbaikan dan konsisten, tidak akan mungkin mencapai kualitas blog (sesuai parameter pengelola).`
Artinya, makna kualitas blog sangat ditentukan oleh parameter pemikiran dan acuan standar yang telah ditetapkan oleh si pembuat blog. Bagaimana menurut pendapat Sobat tentang blog berkualitas? Jika berbeda pendapat, silakan memberikan masukan kepada blog SL.

Salam hangat.
Sahilluqman
Sahilluqman Hanyalah seorang blogger yang ingin bermanfaat untuk sesama

Berlangganan via Email