Pengertian SEO (Search Engine Optimization) Blog

PENGERTIAN SEO PADA BLOG
pengertian SEO
wacana.siap.web.id
Sobat. Di dala blog ini, sebagian besar mengusung tema SEO sebuah blog. Dipandang dari segi Template yang SEO, tulisan SEO, bahkan pada sampai kualitas secara umum blog atau website SEO.
Selain daripada itu, saking pentingnya SEO pada sebuah blog, makin banyak juga perlombaan atau kontes SEO pada blog atau website. Sangat pentingkah SEO pada blog atau website kita?
Dari ulasan muqoddimah di atas, tentu menjadi kewajiban bagi seorang blogger untuk belajar tentang SEO. Mungkin ada sebagian orang masih bertanya-tanya, apa sih yang dimaksud SEO pada sebuah blog atau website?

PENGERTIAN DAN TUJUAN SEO (Search Engine Optimization) PADA BLOG

Menurut terjemahan lepas dari wikipedia.com, pengertian dan tujuan SEO (Search Engine Optimization) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Sedangkan tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Penjelasan sederhananya, SEO bisa kita artikan sebagai trik, cara, metode yang kita lakukan selaku admin pengelola blog atau website situs pribady/ kelompok, yang bertujuan agar blog atau website kita itu bisa terindek oleh mesin pencari (google, yahoo, infoseek, memex dll) di halaman terdepan atau pada posisi popularitas tertinggi.
Dengan demikian, sejak marak-maraknya para webmaster sejak tahun 1997, maka mereka melakukan berbagai macam cara untuk menjadikan blog atau situs pribadi mereka bisa pada tingkat popularitas tertinggi terindek di mesin pencari.

Seperti ulasan yang Ane dapat di wikipedia, mesin pencari besar seperti google dan yahoo menyediakan program dan panduan yang memungkinkan webmaster mengoptimalkan situsnya agar terindeks dengan baik. Google menyediakan aplikasi Webmaster Tool (anda harus mempunyai akun di Google guna melihat tool ini) dan memperkenalkan sitemap berbasis XML standar mereka, sedangkan Yahoo menyediakan program Site Explorer (juga harus login dengan akun pengguna Yahoo anda) yang memungkinkan webmaster mendaftarkan URL situs, mengecek jumlah halaman web mereka yang telah terindeks di data-base Yahoo dan melihat informasi link masuk.


JENIS-JENIS SEO PADA BLOG ATAU WEBSITE

Jenis-jenis SEO pada sebuah blog atau website dikategorikan menjad dua macam, yakni:
1. SEO berdasarkan letak
2. SEO berdasarkan jenis kategori

SEO BERDASARKAN LETAK

Menurut letaknya, teknik SEO dibedakan menjadi dua, yakni:
1. SEO Onpgae
Seperti penjelasan sebelumnya, teknik SEO ini lebih mengedepankan pada aspek kualitas blog dari dalam (internal). Misalakan optimasi h1, h2, h3, optimasi deskripsi dan keyword dll. Lebih lengkapnya, Bagaimana cara mengoptimalakan SEO Onpage pada blog? Silakan baca artikel sebelumnya.

2. SEO Ofpage

Sedikit berbeda dengan optimasi SEO Onpage, SEO Ofpage dilakukan dari luar (eksternal) blog. Hal ini dapat dilakukan secara simple, misalkan:
- Sering belajar kepada para webmater blogger dengan mengunjungi dan berkomentar (pelajari cara berkomentar SEO dan agar disukai google) pada blog/website ber Pagerank tinggi atau blog dovollow comment luv.
- Melakukan ping situs atau blog (Ane sering melakukan ping menggunakan pingomatic.com, atau pingblog).

SEO BERDASARKAN JENIS KATEGORI

Menurut jenis kategorinya, SEO blog dibedakan menjadi dua macam, yakni:
1. White Hat SEO
Pada teknik ini, admin hanya bersikap statis dan masif saja. Mungkin bisa diidentikkan dengan SEO Onpage. Jadi pengelolaannya hanya pada awalnya saja, selanjutnya biar mesin pencari yang akan mengidentifikasikan sendiri. Misalkan menggunakan breadcrumb pada template, menambahkan konten image dan video tutorial dll. Keuntungan dengan menggunakan teknik ini antaralain lebih disukai google karena admin tidak melanggar TOS dari google.

2. Black Hat SEO

Pada teknik ini, lebih mengedepankan manipulasi data pada blog, seperti Brutal Keyword Density. Mungkin sebagin orang akan suka melakukan teknik ini, namun harus siap dengan KONSEKUENSI HUKUMAN  google atau mesin pencari lainnya.

Mau memilih cara yang mana?

Berfikir bijak dan menerapkan planing yang tepat, tentu akan menjadi pilihan tepat guna membangun sebuah blog berkualitas.
Pilih kualitas atau kuantitas? Cara instan atau terplaning? Pengen membuat blog yang berkualitas? Silakan baca artikel sebelumnya tentang cara membuat blog berkualitas dan disukai google maupun mesin pencari lainnya.
Bellieve for you.

(http://sahilluqman.blogspot.com/).*

2 Responses to "Pengertian SEO (Search Engine Optimization) Blog"

  1. wah, sangat cocok sekali informasinya dengan ane yang baru saja ingin membuat blog berkualitas mas. Simple dan mudah dimengerti untuk dijalankan. semoga sukses selalu mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. njeh mas. Yang paling penting adalah membuat konten yang berkualitas. Namun tidak bisa dipungkiri, optimasi seo onpage sangat perlu kita lakukan

      Delete

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia